Sukses

Hemiplegia Sebabkan Lumpuh, Begini Perawatannya

Hemiplegia sebagai salah satu penyebab disabilitas fisik yang memiliki cara khusus dalam perawatannya. Gangguan ini ditandai dengan lumpuhnya setengah bagian tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Hemiplegia sebagai salah satu penyebab disabilitas fisik yang memiliki cara khusus dalam perawatannya. Gangguan ini ditandai dengan lumpuhnya setengah bagian tubuh.

Dilansir dari healthline.com, pilihan pengobatan untuk hemiplegia tergantung pada penyebab dan beratnya gejala. Orang dengan hemiplegia sering menjalani rehabilitasi multidisiplin yang melibatkan terapis fisik, terapis rehabilitasi, dan profesional kesehatan mental.

Fisioterapi

“Bekerja dengan fisioterapis memungkinkan orang dengan hemiplegia untuk mengembangkan kemampuan keseimbangan, membangun kekuatan, dan mengoordinasikan gerakan. Seorang fisioterapis juga dapat membantu meregangkan otot yang tegang dan kejang,” tulis Health Line.

Terapi gerakan

Terapi gerakan dapat termasuk menahan sisi tubuh yang tidak terpengaruh oleh hemiplegia. Opsi perawatan ini memaksa sisi yang lebih lemah untuk meningkatkan kontrol otot dan mobilitas.

Satu studi yang diterbitkan pada 2018 menyimpulkan bahwa memasukkan terapi gerak dalam rehabilitasi stroke mungkin lebih efektif daripada terapi tradisional saja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alat Bantu

Beberapa terapis fisik mungkin merekomendasikan penggunaan penyangga, tongkat, kursi roda, atau alat bantu jalan. Menggunakan alat bantu dapat membantu meningkatkan kontrol otot dan mobilitas.

Merupakan ide bagus untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk menemukan perangkat mana yang terbaik untuk digunakan. Mereka juga dapat merekomendasikan modifikasi yang dapat dilakukan di rumah seperti menyediakan kursi toilet, ramp, dan bar pegangan.

Citra mental

Membayangkan menggerakkan separuh tubuh yang lumpuh dapat membantu mengaktifkan bagian-bagian otak yang bertanggung jawab atas gerakan. Pencitraan mental sering dipasangkan dengan terapi lain dan jarang digunakan secara terpisah.

Satu meta-analisis yang melihat hasil dari 23 studi menemukan bahwa pencitraan mental mungkin menjadi pilihan pengobatan yang efektif untuk mendapatkan kembali kekuatan ketika dikombinasikan dengan terapi fisik.

Stimulasi listrik

Seorang profesional medis dapat membantu merangsang gerakan otot dengan menggunakan pembalut listrik. Aliran listrik memungkinkan otot-otot yang  tidak bisa bergerak dengan sadar untuk berkontraksi. Stimulasi listrik bertujuan untuk mengurangi ketidakseimbangan di sisi otak yang terkena dan meningkatkan penyesuaian (plastisitas) otak.

3 dari 3 halaman

Gangguan Permanen

Hemiplegia adalah kondisi permanen dan tidak ada obat pada saat ini. Ini dikenal sebagai gangguan tidak progresif karena gejalanya tidak bertambah buruk seiring waktu.

Seseorang dengan hemiplegia yang menjalani program pengobatan yang efektif mungkin dapat mengurangi gejala hemiplegia mereka dari waktu ke waktu. Orang dengan hemiplegia sering kali dapat hidup mandiri dan aktif dengan menggunakan alat bantu mobilitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini