Sukses

Manfaat Seni bagi Penyandang Disabilitas (2)

Menjadi penyandang disabilitas bukan berarti alasan untuk tidak melakukan sesuatu. Penyandang disabilitas bisa berkarya sesuai minatnya.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi penyandang disabilitas bukan alasan untuk tidak melakukan sesuatu. Penyandang disabilitas bisa berkarya sesuai minatnya.

Dilansir dari disabilityhorizons.com, Damien McGlynn seorang relawan seni untuk disabilitas di Inggris menyatakan. “Memiliki sebuah tempat untuk menyalurkan kreativitas adalah salah satu arti hidup untuk sebagian besar orang. Hal ini dapat memberikan dampak positif bagi orang lain," katanya.

Penyandang disabilitas dapat terjun ke dunia seni sesuai minat masing-masing. Beberapa jenis seni yang bisa menjadi pilihan di antaranya:

Musik inklusif

Jika musik adalah minat pribadi namun masih memikirkan akses untuk menikmatinya, maka penyandang disabilitas dapat mencari tahu tentang acara musik yang bisa diakses dari internet.

Belajar musik dengan beberapa kawan pun dapat dilakukan. Penyandang tuli juga dapat menikmati musik dengan menggunakan alat bantu.

Di Jakarta sendiri sempat digelar sebuah penampilan musik inklusif yang merupakan cetusan penyanyi Yura Yunita. Acara berlangsung di M Bloc Space Jakarta Selatan. Di sana teman tuli menampilkan pertujukan perkusi dengan membawakan lagu Yura berjudul “Merakit”.

Selain itu, seorang anak dengan Down Syndrome juga dapat menjalankan minatnya di bidang musik. Anak tersebut bernama Adit asal Padang dikenal sebagai drummer cookies karena keterampilannya menabuh drum.

Saksikan Juga Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerajian Tangan hingga Komedi

Kerajinan tangan untuk disabilitas

Membuat kerajinan tangan adalah aktifitas yang menyenangkan. Kegiatan ini juga dapat menjadi pengurang stress. Contoh kerajinan tangan salah satunya menggunakan bahan kayu. Selain mengasah kreativitas, kegiatan ini juga dapat membawa kepuasan tersendiri.

Jika kegiatan ini dilakukan secara serius, tidak menutup kemungkinan setiap karya dapat dijual dan menambah pendapatan. Seperti yang dilakukan komunitas Disabilitas Kreatif Indonesia atau DKI. Mereka membuat berbagai kerajinan tangan seperi keset, tempat pensil, tatakan gelas, dan gangtungan dari kain perca.

Fotografi

Kegiatan fotografi dapat begitu menyenangkan bagi sebagian orang. Selain dapat menghasilkan seni foto, kegiatan ini juga dapat menjadi cara untuk menyimpan kenangan. Memang tidak semua orang memiliki kemampuan untuk membeli kamera. Namun, telepon pintar dapat menjadi solusi.

Teknologi telepon pintar yang semakin canggih memungkinkan siapa pun untuk menjadi fotografer. Dengan menggunakan kamera HP para disabilitas dapat mengabadikan cerita dan pengalaman. Walau kegiatan fotografi dapat dilakukan secara mandiri namun akan lebih baik jika mencari orang atau grup yang memiliki minat yang sama. Dengan demikian teknik-teknik fotografi yang dimiliki pun akan semakin kaya.

Seni Komedi

Komedi dapat menjadi alternatif lainnya. Kegiatan ini memerlukan latihan dan materi yang baik. Pembuatan materi lawakan dapat meningkatkan kemampuan menulis, meningkatkan rasa percaya diri, dan memberi kesenangan melalui tawa yang dihasilkan.

Komedi juga bisa dilakukan oleh banyak ragam disabilitas karena tidak memerlukan banyak gerakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.