Sukses

Manfaat Seni bagi Penyandang Disabilitas (1)

Banyak kesempatan untuk penyandang disabilitas melakukan kegiatan. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah di bidang seni.

Liputan6.com, Jakarta Seni tak hanya mampu menghibur banyak orang, melainkan juga memiliki beberapa manfaat, terutama bagi penyandang disabilitas. 

Dilansir dari disabilityhorizons.com, bergabung dalam grup kesenian dapat membangun rasa percaya diri dan keterampilan.

"Menjadi pelaku seni dapat memberimu kesempatan untuk mengumpulkan kemampuan baru, melihat sesuatu dari persfektif lain, membangun percaya diri dan menemui orang-orang dengan pemikiran yang sama," tulis Disability Horizons.

Kegiatan seni yang dapat dilakukan diantaranya:

Kelas menari inklusif

Menari adalah salah satu bentuk seni yang paling ekspresif. Berbagai jenis tarian dari tarian tradisional, modern, hingga tari campuran dapat dilakukan penyandang disabilitas.

Menari juga dapat membantu kebugaran tubuh, menjaga berat badan, menjaga mobilitas, dan membangun aktivitas sosial yang baik antar penari.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Drama dan Seni Lukis

Grup drama untuk difabel

Dunia drama dan teater juga dapat dicoba. Penyandang disabilitas dapat melakukan kerjasama dengan non-disabilitas untuk membuat sebuah drama yang hebat.

Dengan melakukan drama yang disukai, penyandang disabilitas dapat merasakan pengalaman tampil di depan umum. Hal ini baik untuk menjaga percaya diri. Kerjasama antar pemain juga dapat dihitung sebagai pembelajaran bersosialisasi.

Menggambar dan melukis

Ada banyak keuntungan terapis dalam kegiatan menggambar dan melukis. Melakukan kegiatan melukis atau menggambar tidak akan membuat penyandang disabilitas harus mengeluarkan banyak uang. Kegiatan ini dapat dilakukan secara sederhana di rumah dengan menggunakan buku gambar atau pensil warna saja.

Namun, melakukan kegiatan ini secara bersama-sama akan terasa lebih menyenangkan. Penyandang disabilitas dapat membuat grup menggambar dan saling bersosialisai satu sama lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.