Sukses

Berbagi Pengalaman Susah Senang Pengguna Kursi Roda

Seorang penyandang disabilitas, Raya Aljadir membagikan beberapa fakta tentang pengguna kursi roda berdasarkan pengalamannya.

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa fakta mengenai pengguna kursi roda yang jarang diketahui banyak orang. Seorang penyandang disabilitas, Raya Aljadir membagikan beberapa fakta tentang pengguna kursi roda berdasarkan pengalamannya.

Gaya Busana adalah Hal Rumit bagi Pengguna Kursi Roda

"Saya sempat kesulitan mencari baju dan sepatu yang cocok," tulis Raya seperti dikutip dari disabilityhorizons.com.

Saat remaja, seperti remaja pada umumnya, jurnalis lepas ini juga ingin menggunakan high heels. Namun, ia tak mungkin mengenakannya karena dapat mengubah postur tubuh dan hanya akan menyulitkan diri sendiri.

Penyandang muscular dystrophy ini juga menyukai gaun malam yang panjang. Namun, gaun-gaun panjang dapat mengundang masalah besar jika tersangkut pada roda.

"Aku sempat menjadi pengantar pengantin di pernikahan teman. Pakaianku dilengkapi selendang panjang yang indah. Namun, aku harus melipatnya dalam beberapa lipatan dan melilitkan pada lengan agar tidak menyangkut di roda," tulisnya.

Mendapatkan Tempat Duduk Terbaik

Menjadi pengguna kursi roda memiliki keuntungan tersendiri. Salah satunya ketika menonton sebuah pertunjukan. Pengguna kursi roda tak perlu khawatir tidak mendapatkan kursi, mereka cukup duduk di kursi roda yang sudah dirancang senyaman mungkin sesuai postur tubuh masing-masing.

Terkadang, kursi yang disediakan di tempat acara tidak nyaman untuk diduduki. Keuntungan lainnya, pengguna kursi roda dapat melihat pertunjukkan dari tempat yang tepat sehingga tontonan pun dapat dinikmati dengan baik.

SimakVideo Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Padangan yang Tak Membuat Nyaman

Banyak Orang yang Memandang

Seseorang dengan kursi roda biasanya mendapatkan banyak pandangan dari orang asing. Hal ini membuat tidak nyaman apalagi jika pandangan itu berasal dari lawan jenis.

Hal ini juga dapat membingungkan, apakah pandangan tersebut berupa ketertarikan atau hanya rasa penasaran terhadap pengguna kursi roda saja.

Harus Menjaga Kebersihan Kursi Roda

Kursi roda adalah benda yang seakan menyatu dengan keseharian penggunanya. Maka dari itu, kebersihan kursi roda harus selalu dijaga.

Harus extra hati-hati ketika menggunakan kursi roda di luar ruangan. Ketika dipakai di jalanan, sedapat mungkin pengguna harus bisa menghindari berbagai hal yang dapat menyebabkan kekotoran fatal seperti lumpur, permen karet, dan kotoran anjing.

Perawatan kebersihan kursi roda sangat penting. Karena jika kursi roda bau, orang-orang akan menganggap bau tersebut timbul dari si pengguna.

 

 

3 dari 3 halaman

Dapat Melewati Antrean

Keuntungan lainnya menjadi seorang pengguna kursi roda adalah dapat melewati antrean. Orang-orang biasanya memperbolehkan pengguna kursi roda untuk langsung saja ke antrean terdepan.

Hal semacam ini biasanya terjadi di bioskop, museum, atau di beberapa toko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.