Kisah Veteran Perang Asal AS Penyandang Disabilitas Jadi Binaragawan

Oleh Liputan6.com pada 31 Okt 2019, 17:23 WIB
Sumber Foto Instagram/bodyfitoz

Liputan6.com, Jakarta - Kehilangan anggota tubuh saat berperang tidak membuat semangat seorang veteran asal Amerika Serikat ini luntur. Ia berhasil membuktikan kepada dunia, dirinya mampu mengukir prestasi walau memiliki keterbatasan fisik.

Jared Bullock adalah seorang mantan militer Amerika Serikat yang pantang menyerah. Semangatnya membara seperti warna rambutnya yang merah dan menyala. Dalam hidupnya tidak ada kata gagal.

Melansir Menshealth.com, Kamis (31/10/2019), Bullock kehilangan lengan kanan dan kaki kanan saat menjalankan tugas sebagai pasukan militer yang dikirim ke Afganistan.

Namun kendaraan yang dinaiki Bullock meledak, akibat menabrak ranjau rakitan. Ledakan tersebut merenggut nyawa sahabat-sahabatnya sekaligus sebuah tragedi yang buruk bagi Bullock: ia harus kehilangan lengan kanan dan kaki kanannya.

"Saya mengalami hari yang buruk di rumah sakit karena saya telah bekerja sangat keras untuk masuk ke pasukan khusus. Menjadi militer adalah impian saya, tetapi hal itu sudah diambil dari saya," katanya.

Hebatnya ia cepat bangkit dari masa-masa kelam tersebut. Membuka lembaran baru dengan mencari inspriasi dari binaragawan dan atlet yang juga penyandang disabilitas.

"Awalnya saya pikir, oke, orang ini membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk melakukannya. Saya langsung membuat target dan berusaha menjaga rutinitas latihan di gym agar terus mengalami kemajuan," ujarnya.

Bullock lupa akan kondisinya setelah melakukan rutinitas latihan dan telah mencapai target. Bahkan ia sanggup melampaui target yang telah ditetapkan.

Sepuluh bulan setelah kehilangan kakinya, Bullock mampu berlari sejauh 20 kilometer. Ia menekuni dunia binaraga dan telah mengukir prestasi yang membanggakan.

Kisah inspiratifnya telah menginspirasi banyak orang. Terbukti dengan menjadi seorang motivator di sebuah summer camp bagi anak-anak yang diamputasi. Ia mengajarkan kepada mereka cara hidup sehat dan mendapatkan kekuatan.

Dia juga menjadi selebgram di media sosial, berkat kecanggihan teknologi membuatnya di kenal oleh dunia dan menjadi insprirator bagi banyak orang.

2 of 2

Bullock Harus Menjaga Kesehatan Tubuh

Sumber Foto Youtube.com
(Youtube / Screengrab)

Hasi kerja keras Bullock didapat setelah ia berusaha mencari pelatih kebugaran khusus yang mau melatihnya. Kemudian ia mendapatkan pelatih dan peralatan kebugaran yang sesuai dengan kondisinya. Ia terus berlatih dan menyesuaikan diri hingga akhirnya menjadi binaragawan kompetitif.

Ia selalu menjaga pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang tinggi kalori dan kompleks dalam enam kali makan, dengan total 4 ribu kalori. Ia melakukan berbagai latihan agar menjaga berat badan, termasuk enam set angkat beban bervariasi antara 200 sampai 400 kg.

Dalam menghadapi keadaan yang buruk dan mengubahnya menjadi lebih baik bukan lah suatu hal yang mudah. Namun Bullock dapat melakukan itu begitu juga semua orang di luar sana.

"Kamu pasti akan menemukan kegagalan karena mencoba sesuatu yang baru, tetapi dengan bersungguh-sungguh dan tidak berhenti akan mudah di dapatkan. Walaupun melakukannya tidak semudah dulu, namun diluar sana masih banyak hal yang bisa dilakukan dan kamu pasti akan menikmatinya. Cobalah keluar dengan melakukan hal-hal yang baru dan lihat apa yang terjadi," katanya.

 

Reporter : Yuliasna

Lanjutkan Membaca ↓