Perdana Diluncurkan, Transportasi Online untuk Pengguna Kursi Roda

Oleh Liputan6.com pada 16 Okt 2019, 13:05 WIB
Transportasi WheeM-i Instagram (milkmotorclub)

Liputan6.com, Jakarta - Transpotrasi online semi-otonom untuk disabilitas meluncur pertama kali di dunia. Kendaraan bentuk mobil ini akan digunakan untuk layanan ride sharing atau dikenal transportasi online bagi pengguna kursi roda.

Dilansir dari carscoops, Rabu (16/10/2019), transportasi yang diberi nama WheeM-i tersebut diluncurkan oleh Italdesign yang berkolaborasi dengan perusahaan ternama dari Abu Dhabi, Etisalat. Mobil tersebut akan diperkenalkan pada ajang GITEX Technology Week di Dubai, yang digelar pada 6-10 Oktober 2019.

WeeM-i didesain secanggih mungkin dengan menggunakan tenaga penggerak listrik semi-otonom. Kendaraan tersebut dapat memudahkan penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda untuk berkeliling kota tanpa harus menggunakan kursi roda manual.

Untuk mendapatkannya cukup mudah, hanya perlu memesan melalui aplikasi di smartphone, lalu datang ke tempat penyewaan terdekat. Setelah memenuhi beberapa syarat dan proses, pengguna langsung bisa menggunakannya.

Setelah selesai digunakan, pengguna dapat mengembalikannya ke lokasi peminjaman.

2 of 2

WheeM-i Membantu Kehidupan Semua Orang, Termasuk Disabilitas

Ilustrasi WheeM-i dari Instagram (milkmotorclub)
Ilustrasi WheeM-i dari Instagram (milkmotorclub)

WheeM-i dilengkapi dengan sistem terintegritas yang dapat membantu pengguna menghindari tabrakan. Selain itu, kendaraan ini juga dirancang untuk menuntun pengguna menunjukkan arah.

Aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk berintegrasi dengan perangkat, pengguna kursi roda lainnya, sarana transportasi lain, serta aplikasi transportasi lainnya.

Pada ajang GITEX pengunjung dapat menyaksikan langsung demontrasi penggunaan WheeM-i, mulai dari pemesanan perangkat melalui aplikasi khusus dan pemilihan rute, hingga simulasi penggunaannya sendiri.

"Sebagai perusahaan yang menyediakan layanan pengembangan untuk industri mobilitas di seluruh dunia, kami sangat percaya bahwa mobilitas masa depan harus memiliki dampak positif pada kehidupan semua orang, termasuk disabilitas. WheeM-i adalah bagian dari visi ini yang sangat kami harapkan dapat terwujud dengan baik," kata CEO Italdesign Jorg Astalosch.

Reporter: Yuliasna

Lanjutkan Membaca ↓