Sukses

Universitas Oxford Buat Program Proyek Hukum dan Kebijakan Disabilitas

Program terobosan ini akan sangat berguna untuk meningkatkan inklusi difabel dalam penelitian dan pengajaran tentang hukum serta kebijakan yang melibatkan penyandang disabilitas.

Liputan6.com, Jakarta - Satu dari lima orang di Inggris adalah penyandang disabilitas atau difabel. Namun, demografis penting ini sering kurang terwakili di lembaga akademik, hukum, dan politik di Inggris.

Untuk mengatasi persoalan itu, pihak Universitas Oxford membuat program Proyek Hukum dan Kebijakan Disabilitas Universitas Oxford, seperti dikutip dari www.newsdifabel.com, Senin (7/10/2019).

Tujuannya adalah untuk mengembangkan inisiatif, baik yang akan membawa perspektif baru ke dalam analisis akademik hukum dan kebijakan, serta untuk menghasilkan penelitian yang relevan dengan kebijakan yang melibatkan seluruh populasi beragam di seantero Inggris, termasuk agar aksesibel terhadap difabel.

Proyek ini juga bermaksud selain untuk tujuan akademik, juga memperluas diskusi substantif tentang difabel dalam pengajaran dan penelitian universitas.

Harapannya akan memiliki efek filter-down, yaitu meningkatkan aksesibilitas fasilitas bagi mahasiswa dan akademisi difabel serta memungkinkan difabel peneliti untuk berkontribusi lebih baik dalam kehidupan akademik universitas.

Program terobosan ini akan sangat berguna untuk meningkatkan inklusi difabel dalam penelitian dan pengajaran tentang hukum serta kebijakan yang melibatkan penyandang disabilitas.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Program

Tim program Proyek Hukum dan Kebijakan Disabilitas Universitas Oxford memiliki beberapa hal. Pertama, membangun dan menyukseskan kampanye Let’s Get Disability on the List! Mereka bekerja sama dengan fakultas dan departemen untuk memasukkan perspektif difabel ke dalam proses akademik.

Proses ini termasuk memetakan atau mapping dan menghubungkan penelitian penting terkait difabel yang telah dilakukan di Universitas Oxford, memberikan pelatihan metodologis dan dukungan dalam cara melakukan penelitian dengan atau sebagai difabel, dan membantu departemen di kampus untuk mengembangkan kursus dan daftar bacaan yang secara memadai menangani difabel.

Kedua, melalui forum pertukaran pengetahuan yang dibuat oleh univerrsitas untuk memungkinkan para peneliti Oxford belajar dari pengalaman dan perspektif organisasi-organisasi difabel di tingkat lokal untuk membantu para akademisi membingkai dan memfokuskan tujuan penelitian mereka dengan cara yang ramah difabel dan relevan bagi penelitian, termasuk mengenai sasaran yaitu populasi yang beragam.

Ketiga, Oxford memiliki tujuan untuk memungkinkan akademisi dan mahasiswa membangun pendekatan akademik internasional yang paling inovatif dan efektif dalam penelitian mereka.

Dalam penyelenggaraan konferensi yang diadakan Universitas Oxford, tepatnya di Hillary Term pada 2018 lalu telah berhasil mengumpulkan dan mempertemukan para akademisi terkemuka Oxford se-Inggris, bahkan dari seluruh dunia untuk bertukar penelitian dan membangun kerja sama.

Ini akan membantu mendorong arah penelitian lebih inklusif. Proyek Hukum dan Kebijakan Disabilitas Universitas Oxford menggabungkan inisiatif ini dengan tujuan untuk mengembangkan lingkungan akademik yang lebih responsif dan lebih relevan dengan tuntutan hukum dan politik masyarakat.

Suksesnya Proyek Hukum dan Kebijakan Disabilitas Universitas Oxford ini diarsiteki oleh beberapa orang pemikir hukum di Inggris, salah satunya Dr. Marie Tidball, seorang peneliti di sebuah lembaga pusat kriminologi, dan memimpin di pusat penelitian humaniora Oxford.

Dia juga sebagai direktur pendiri dan koordinator Proyek Hukum dan Kebijakan Disabilitas Universitas Oxford. Marie juga ahli di bidang sistem peradilan pidana yang minat akademinya fokus tentang aksesibilitas difabel dalam sistem hukum Inggris.

 

3 dari 3 halaman

Amerika Juga Miliki Program Khusus Difabel

Di Amerika Serikat, Universitas Harvard memiliki sebuah program khusus untuk difabel, yaitu Harvard Law School Project on Disability (HPOD).

Didirikan sejak 2004, HPOD telah memajukan pemahaman tentang hukum, kebijakan, dan pendidikan difabel di seluruh dunia.

Termasuk di dalamnya mereka punya program pro bono. HPOD berkomitmen agar masyarakat sipil, khususnya difabel dan organisasi perwakilan mereka untuk melakukan advokasi hak asasi manusia.

HPOD memberikan pelatihan dan pendidikan hak asasi manusia, memfasilitasi pengembangan hukum dan kebijakan internasional, mendorong praktik pembangunan inklusif, berbagi bantuan teknis tentang litigasi strategis, dan merangsang pemikiran baru tentang kemampuan para difabel dan hak yang harus mereka raih.

Menyenangkan sekali jika di sebuah bangsa memiliki institusi pendidikan terbaik yang punya pemikiran inklusi, membangun lembaga riset, mengumpulkan data, mengajak pemikir-pemikir lain untuk memikirkan kelompok rentan (termasuk difabel), dan mendorong keras agar sistem peradilan bisa aksesibel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.