VIDEO: Kompetisi Seni Meracik Kopi di Jember Diikuti Barista Difabel

Oleh Agustina Melani pada 12 Sep 2019, 17:11 WIB
Diperbarui 23 Sep 2019, 12:34 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda penyuka kopi, tentu tak asing dengan barista, atau peracik kopi. Nah, di Jember, Jawa Timur, puluhan barista termasuk sejumlah penyandang disabilitas, mengikuti kompetisi meracik beragam kopi. Selain untuk silaturahmi, ajang ini juga untuk mempopulerkan kopi lokal nusantara, yang memiliki cita rasa khas.

Kompetisi barista, atau lomba menyeduh kopi diadakan di salah satu kafe di jalan Karimata, Kecamatan Sumbersari, Jember. Puluhan barista dari berbagai kota di Jawa Timur, tampak ambil bagian dalam kompetisi ini.

Kompetisi barista sendiri tak ubahnya seni dalam hal meracik minuman kopi. Masing-masing peserta memiliki teknik dan proses penyeduhan tersendiri, untuk menghasilkan kopi nikmat siap minum. Dengan teknik seduh yang baik dan benar bahkan akan menghasilkan cita rasa asli dari kopi yang diolah.

Adapun penilaian juri didasarkan dari berbagai hal, mulai dari kadar keasaman hingga keseimbangan rasa kopi saat dinikmati.

“Kalau untuk jenis kopinya untuk saat ini, untuk tahap yang pertama, kita pakainya Arabica dan kopi ini dari Jember sendiri, kopi lokal,” sesuai penuturan Kiki Biant salah seorang juri.

Menariknya, sebagian peserta ternyata juga berasal dari kalangan penyandang disabilitas. Kompetisi ini juga sekaligus sebagai ajang pembuktian khusus bagi para difabel, mereka juga dapat berdiri sejajar dengan peserta lain yang tidak memiliki keterbatasan fisik.

Selain sebagai ajang silaturahmi antar sesama barista, kompetisi ini juga digelar untuk mengangkat popularitas kopi lokal nusantara, yang dikenal sangat beragam jenisnya, dan memiliki cita rasa khas, demikian seperti yang dilansir pada program Fokus, 26 Agustus 2019.