Wanita Berkebutuhan Khusus Ini Gunakan Kaki untuk Melukis, Alasannya Bikin Haru

Oleh Novita Ayuningtyas pada 10 Sep 2019, 14:55 WIB
Wanita Berkebutuhan Khusus Ini Gunakan Kaki untuk Menggambar, Alasannya Bikin Haru

Liputan6.com, Jakarta Menjadi seseorang dengan kondisi berkebutuhan khusus tentu cukup sulit. Bukan hanya bagi orang tersebut saja, akan tetapi bagi pihak keluarga terutama orang tua. Dukungan serta kesabaran juga sangat dibutuhkan dalam merawat seorang anak berkebutuhan khusus. 

Namun, seiring berjalannya waktu anak-anak yang berkubutuhan khusus tersebut seolah mengerti apa yang dialami oleh keluarganya. Hal ini juga terjadi pada seorang wanita bernama Huynh Thi Thanh asal Hue, Vietnam.

Dilansir Liputan6.com dari Boredpanda, Selasa (10/9/2019) wanita berusia 27 tahun tersebut tinggal bersama sang ibu yang kini berumur 67 tahun. Thanh saat ini hanya tinggal berdua dengan sang ibu yang merawat dirinya setiap hari. Keduanya tinggal di daerah pegunungan yang cukup terpencil di daerha Hue, Vietnam.

Thanh sendiri merupakan seorang wanita berkebutuhan khusus yang cukup sulit untuk menggerakan anggota tubuhnya. Bahkan, dirinya juga sulit untuk berbicara. Sakit yang dialami oleh Thanh rupanya sudah ia derita sejak lahir.

2 of 3

Gemar menggambar

Wanita Berkebutuhan Khusus Ini Gunakan Kaki untuk Menggambar, Alasannya Bikin Haru
Thanh (Sumber: Boredpanda)

Meski Thanh merupakan wanita berkebutuhan khusus, ia memiliki hobi dan kegemaran seperti orang pada umumnya. Thanh sendiri mengaku gemar menggambar. Akan tetapi karena kondisi yang dialaminya kini, Thanh harus menggambar menggunakan kakinya.

Ia tak bisa menggerakan anggota tubuhnya dan hanya bisa meringkuk saja. Bahkan, untuk melakukan aktivitas lainnya harus dibantu oleh sang ibu. Mulai dari makan, mandi dan lain sebagainya. Sang ibu pun tak pernah membiarkan Thanh jauh dari pandangannya.

Thanh sendiri mengaku memiliki impian untuk menjadi seorang seniman. Ia sudah cukup banyak menggambar dirumahnya yang sangat sederhana. Karena keterbatasan fisiknya, Thanh harus menggambar menggunakan kaki dan berbaring meringkuk. Hampir setiap hari Thanh menggambar di sebuah kertas dengan menggunakan pensil warna dan krayon untuk mengisi hari.

3 of 3

Berniat membantu sang ibu

Wanita Berkebutuhan Khusus Ini Gunakan Kaki untuk Menggambar, Alasannya Bikin Haru
Thanh (Sumber: Boredpanda)

Kegemaran Thanh dalam menggambar rupanya memiliki alasan tersendiri. Ia juga memiliki mimpi agar karya seninya bisa dibeli oleh orang lain untuk membantu pengeluaran sehari-hari. Meski hanya bisa menggerakan jari-jari kakinya saja, akan tetapi gambar yang dihasilkan oleh Thanh mampu membuat banyak orang tersentuh. Selain itu, beredar pula foto-foto saat Thanh tengah menggambar yang membuat orang lain haru.

Thanh sendiri sudah cukup lama membuat gambar dengan mengandalkan kakinya. Sang ibu pun pernah bertanya kepada Thanh mengenai alasannya menggambar.

“Aku ingin membantumu membeli beras, memperbaiki rumah, dan banyak lagi.” jawab Thanh.

Tak hanya berniat membantu secara finansial saja. Akan tetapi menurut Thanh gamabar-gambar yang dihasilkan bisa membantu memberi dukungan kepada ibunya.

Cukup banyak pula netizen yang berempati mengenai kondisi dari Thanh. Bahkan banyak yang mendoakan mengenai keadaan Thanh dan sang ibunya.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by