Sukses

Polisi Australia Dakwa 4 Warga China Terkait Kasus Penipuan Investasi Online Kripto

Mereka diduga menjalankan penipuan investasi online mata uang asing dan kripto.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi Australia mendakwa empat warga negara China pada Jumat (9/12/2022) atas penipuan investasi online mata uang asing dan kripto yang sebagian besar berbasis di Amerika Serikat. Penipuan itu menyebabkan kerugian lebih dari USD 100 juta (Rp 1,5 triliun) di seluruh dunia.

“Penipuan canggih tersebut melibatkan manipulasi platform perdagangan elektronik resmi yang dilisensikan kepada pialang valuta asing, yang kemudian menyediakan perangkat lunak tersebut kepada klien mereka,” kata Polisi Federal Australia (AFP), dikutip dari Channel News Asia, Jumat, 9 Desember 2022.

Dinas Rahasia Amerika Serikat pada Agustus memberi tahu pihak berwenang tentang hubungan Australia dengan penipuan yang sebagian besar berbasis di AS, kata AFP. Terdakwa adalah penduduk Sydney tetapi sebagian besar korban berbasis di Amerika Serikat.

Investigasi terhadap calon korban Australia sedang berlangsung. Sindikat kejahatan terorganisir menggunakan campuran teknik rekayasa sosial, termasuk platform perpesanan dan situs web kencan dan pekerjaan, untuk mendapatkan kepercayaan korban sebelum menyebutkan peluang investasi.

Para korban diarahkan ke aplikasi investasi palsu dan sah yang berurusan dengan valuta asing dan mata uang kripto, yang dimanipulasi untuk menunjukkan pengembalian investasi positif palsu.

Setelah korban menjadi pelanggan layanan investasi, data diubah untuk mendorong investasi lebih lanjut, sambil menyembunyikan fakta bahwa uang mereka telah dicuri. 

Sersan Detektif AFP Salam Zreika mengatakan dalam sebuah pernyataan kasus tersebut menyoroti perlunya "menahan diri dari berinvestasi dalam valuta asing, mata uang kripto, atau investasi spekulatif dengan orang-orang yang hanya pernah Anda temui di lingkungan online".

Keempat pria yang ditangkap itu mendaftarkan perusahaan Australia untuk membuat penipuan mereka terlihat asli, dan membuat rekening bank bisnis Australia untuk mencuci hasilnya.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penipuan Kripto di Inggris Sentuh Rp 4,1 Triliun Sepanjang 2022

Sebelumnya, penipuan cryptocurrency di Inggris naik 32 persen menjadi 226 juta pound atau sekitar Rp 4,1 triliun dalam satu tahun, menurut data dari unit polisi Inggris Action Fraud. 

Dilansir dari CoinDesk, Jumat (2/12/2022), berdasarkan laporan Financial Times pada Senin, Inggris berada dalam resesi dan biaya hidup meningkat, membuat beberapa orang rentan terhadap penipuan.

Seorang akuntan di firma hukum Pinsent Masons, Hinesh Shah mengatakan kepada Financial Times, pada masa sulit seperti yang terjadi di Inggris banyak penipu mencari mangsa. 

"Kapanpun masa sulit, penipu selalu mencari mangsa investor yang kurang berpengalaman dengan menjanjikan keuntungan besar," kata Shah, dikutip dari CoinDesk, Jumat (2/12/2022).

Kejahatan kripto telah merajalela di Inggris. Petugas kepolisian telah menyita mata uang kripto senilai ratusan juta pound, dan pakar kripto di kepolisian ditempatkan di seluruh negeri.

Regulasi Kripto di Inggris

Sepanjang 2022, Inggris menjadi salah satu negara yang bergerak cepat dalam mengatur kripto. Pada September 2022, Inggris memperkenalkan undang-undang untuk memudahkan lembaga penegak hukum untuk menyita, membekukan, dan memulihkan aset kripto ketika digunakan untuk kegiatan kriminal seperti pencucian uang, narkoba, dan kejahatan dunia maya.

RUU Kejahatan Ekonomi dan Transparansi Perusahaan setebal 250 halaman, pertama kali dijanjikan pada Mei, diperkenalkan oleh Home Office, Department for Business, Energy & Industrial Strategy, Serious Fraud Office dan Treasury. 

Kemudian pada November 2022, anggota parlemen di Inggris memberikan suara mendukung aturan baru yang dapat mempermudah lembaga penegak hukum untuk menyita kripto yang terkait dengan aktivitas teroris.

Aturan tersebut diusulkan sebagai amandemen RUU Kejahatan Ekonomi dan Transparansi Perusahaan, yang mencakup reformasi yang dapat membantu pihak berwenang memerangi kejahatan lokal.

3 dari 4 halaman

Perusahaan Kripto Hodlnaut Diselidiki Polisi Singapura Terkait Dugaan Penipuan

Sebelumnya, Polisi sedang menyelidiki perusahaan pemberi pinjaman kripto yang berbasis di Singapura, Hodlnaut dan direkturnya atas dugaan pelanggaran kecurangan dan penipuan.

Antara Agustus dan November tahun ini, polisi menerima banyak laporan yang menyatakan Hodlnaut atau direkturnya telah membuat pernyataan palsu terkait paparan perusahaan terhadap token digital tertentu.

Departemen Urusan Komersial Singapura, meluncurkan penyelidikan terhadap pemberi pinjaman kripto karena dugaan pelanggaran.

"Jika Anda telah menyimpan token digital dengan Hodlnaut dan percaya Anda mungkin telah ditipu melalui, antara lain, pernyataan palsu yang dibuat oleh Hodlnaut, Anda mungkin ingin mengajukan laporan polisi ke Pusat Polisi Lingkungan terdekat, atau secara online," kata polisi, dikutip dari Channel News Asia, Senin (28/11/2022).

Kepolisian menambahkan, para nasabah diharapkan bisa memberikan dokumen yang berkaitan dengan transaksi dengan Hodlnaut untuk menyampaikan keluhan. Dokumen tersebut mencakup catatan pembayaran yang dilakukan dan diterima dari Hodlnaut serta korespondensi yang relevan dengan Hodlnaut.

Sekitar 71,8 persen dari aset digital yang digunakan oleh Hodlnaut di bursa terpusat diadakan dengan FTX, dengan perkiraan nilai pasar sebesar Rp 210,2 miliar  Sebelum pengumuman pembubaran FTX, para manajer yudisial sementara berusaha untuk menarik aset dari FTX tetapi tidak dapat diproses. 

Pada Agustus, Hodlnaut menangguhkan penarikan, pertukaran, dan penyetoran. Dikatakan akan menarik aplikasinya untuk lisensi dari Monetary Authority of Singapore (MAS) untuk menyediakan layanan pembayaran token digital, yang telah menerima persetujuan prinsip pada Maret.

Pada bulan yang sama mereka memberhentikan sekitar 40 karyawan dan mengungkapkan ia sedang diselidiki oleh polisi Singapura. Hodlnaut mengatakan pada saat PHK itu untuk mengurangi pengeluaran perusahaan.

4 dari 4 halaman

Pernyataan Saldo Palsu

Pelanggan HashFlare diduga diperlihatkan pernyataan dengan saldo kripto palsu. Ketika pelanggan mencoba untuk menguangkan, jaksa mengatakan Potapenko dan Turogin berusaha memberi mereka alasan, mengemukakan alasan mengapa mereka tidak dapat membayar dan membuat mereka melewati rintangan hukum, seperti memenuhi proses KYC, persyaratan sebelum mereka dapat dibayar.

Sementara HashFlare terus beroperasi, Potapenko dan Turogin diduga memulai usaha lain, Polybius Bank, yang dipasarkan sebagai bank kripto yang berbasis di Estonia. 

Menurut surat dakwaan, pasangan tersebut mengiklankan penawaran koin awal (ICO) untuk proyek tersebut pada Juni 2017, yang mengumpulkan USD 25 juta dari investor di seluruh dunia. Proyek itu gagal tak lama kemudian.

Pada 2018, HashFlare mengumumkan penutupannya, mengutip kenaikan biaya energi dan mengklaim penambangan bitcoin tidak lagi menguntungkan bahkan ketika jaksa mengatakan Potapenko dan Turogin terus menambang untuk diri mereka sendiri, menggunakan penambang yang mereka beli dengan dana pelanggan yang dicuri.

Pada saat HashFlare secara resmi ditutup pada Agustus 2019, jaksa mengatakan telah mengumpulkan total USD 550 juta.

Potapenko dan Turogin masing-masing didakwa satu dakwaan konspirasi untuk melakukan penipuan kawat, masing-masing 16 dakwaan penipuan kawat, masing-masing satu dakwaan konspirasi untuk melakukan pencucian uang.

Baik Potapenko dan Turogin ditangkap di Tallinn pada 20 November. Pengadilan juri telah dituntut di Distrik Barat Washington.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.