Sukses

Pengelola Kripto Jadi Sasaran Serangan Melalui Telegram

DEV-0139 bergabung dengan beberapa grup Telegram, digunakan oleh klien profil tinggi dan pertukaran untuk komunikasi, dan mengidentifikasi target mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Jenis serangan terbaru yang berfokus pada kripto, penyerang atau hackers yang dikenal sebagai DEV-0139 telah menargetkan wealthy cryptocurrency funds melalui penggunaan obrolan grup Telegram, tim Intelijen Keamanan Microsoft (MSFT) mengatakan dalam sebuah laporan pada Rabu, 7 Desember 2022.

Mengutip Yahoo Finance, Kamis (8/12/2022),biaya yang dikenakan oleh pertukaran kripto pada transaksi merupakan tantangan besar bagi dana investasi dan pedagang kaya.  

Mereka mewakili biaya dan harus dioptimalkan untuk meminimalkan dampak pada margin dan keuntungan. Seperti halnya banyak perusahaan lain dalam industri ini, biaya terbesar berasal dari biaya yang dibebankan oleh bursa.

Penyerang atau kelompok penyerang memanfaatkan masalah khusus ini untuk memikat target dana kripto mereka.

DEV-0139 bergabung dengan beberapa grup Telegram, digunakan oleh klien profil tinggi dan pertukaran untuk komunikasi, dan mengidentifikasi target mereka dari antara anggota grup. Pertukaran OKX, Huobi, dan Binance menjadi sasaran, menurut data dari laporan Microsoft.

Menyamar sebagai karyawan pertukaran, DEV-0139 mengundang target ke grup obrolan yang berbeda dan mengaku meminta umpan balik tentang struktur biaya yang digunakan oleh bursa. Mereka kemudian memulai percakapan untuk mendapatkan kepercayaan target – menggunakan pengetahuan mereka tentang industri dan kesiapan untuk memikat korban secara bertahap.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

File EXEL

DEV-0139 kemudian mengirimkan file Excel yang dipersenjatai yang berisi data akurat tentang struktur biaya di antara perusahaan pertukaran mata uang kripto dengan tujuan meningkatkan kredibilitasnya.

File Excel memulai serangkaian aktivitas, termasuk menggunakan program jahat untuk mengambil data dan menjatuhkan lembar Excel lainnya. Lembar ini kemudian dijalankan dalam mode tak terlihat dan digunakan untuk mengunduh file gambar yang berisi tiga file yang dapat dieksekusi: file Windows yang sah, versi berbahaya dari file DLL, dan pintu belakang yang dikodekan XOR.

DLL adalah pustaka yang berisi kode dan data yang dapat digunakan oleh lebih dari satu program secara bersamaan.  Di sisi lain, XOR adalah metode enkripsi yang digunakan untuk mengenkripsi data dan sulit dipecahkan dengan metode brute-force.

Pelaku ancam kemudian dapat mengakses sistem yang terinfeksi dari jarak jauh melalui penggunaan pintu belakang. Microsoft mengatakan, DEV-0139 mungkin juga menjalankan kampanye lain menggunakan teknik serupa.

3 dari 4 halaman

Pencipta iPod Tony Fadell Rancang Dompet Kripto Seukuran Kartu Kredit

Sebelumnya, pencipta iPod, Tony Fadell, merancang dompet perangkat keras seukuran kartu kredit bagi orang-orang untuk menyimpan mata uang kripto mereka.

Produk tersebut, dibuat oleh perusahaan keamanan aset kripto Prancis, Ledger, diluncurkan pada acara Ledger Op3n tahunan perusahaan pada Selasa, 6 Desember 2022. Peluncurannya datang pada saat kepercayaan pada platform kripto terpusat memudar sebagai akibat dari runtuhnya FTX milik Sam Bankman-Fried.

Dompet Ini disebut Ledger Stax dan menyerupai smartphone kecil atau pembaca kartu kredit. Berukuran panjang 85 milimeter dan lebar 54 milimeter, ukurannya kira-kira sama dengan kartu kredit. beratnya sekitar 45 gram. 

Dengan alat ini, pengguna dapat menyetor atau menukar berbagai token, termasuk bitcoin, eter, cardano, solana dan Non Fungible Token, atau NFT. 

“Banyak pemilik Ledger memiliki banyak perangkat, beberapa menyimpan NFT mereka, beberapa menyimpan kripto yang berbeda, beberapa memiliki banyak karena mereka memiliki klien berbeda yang mereka simpan,” kata Fadell kepada CNBC, dikutip Rabu (7/12/2022).

Runtuhnya pertukaran kripto FTX baru-baru ini, yang telah menyebabkan lebih dari USD 1 miliar dana pelanggan lenyap, mendorong lonjakan permintaan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk layanan offline, atau penyimpanan kripto pribadi, seperti Ledger.

Model sebelumnya yang dirilis oleh Ledger, seperti Nano S dan Nano S, telah berbentuk seperti stik memori USB. Desain baru Fadell, Ledger Stax, adalah perangkat seukuran kartu kredit yang menampilkan punggung melengkung dan tampilan tinta elektronik.

Ledger Stax akan dijual seharga USD 279 atau sekitar Rp 4,3 juta (asumsi kurs Rp 15.609 per dolar AS) secara online mulai awal 2023.

 

4 dari 4 halaman

Senator AS Tegaskan Bitcoin Adalah Komoditas Bukan Mata Uang

Sebelumnya, Senator AS John Boozman mengungkapkan, meskipun disebut mata uang kripto, Bitcoin tetap dianggap sebuah komoditas bukan mata uang. Dia menekankan, pertukaran di mana komoditas diperdagangkan, termasuk bitcoin, harus diatur oleh Commodity Futures Trading Commission (CFTC).

“Bitcoin, meskipun mata uang kripto, itu tetap adalah komoditas. Ini adalah komoditas di mata pengadilan federal dan pendapat ketua Securities and Exchange Commission (SEC). Tidak ada perselisihan tentang ini,” kata Boozman dalam sebuah sidang, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (6/12/2022).

Menyebut keruntuhan FTX mengejutkan, sang senator berkata laporan publik menunjukkan kurangnya manajemen risiko, konflik kepentingan, dan penyalahgunaan dana pelanggan. 

Senator Boozman melanjutkan untuk berbicara tentang regulasi kripto dan memberdayakan Commodity Futures Trading Commission (CFTC) sebagai pengatur utama pasar spot kripto. 

“CFTC secara konsisten menunjukkan kesediaannya untuk melindungi konsumen melalui tindakan penegakan hukum terhadap aktor jahat,” lanjut Senator Boozman.

Boozman yakin CFTC adalah agensi yang tepat untuk peran regulasi yang diperluas di pasar spot komoditas digital.

Pada Agustus 2022, Boozman dan beberapa senator memperkenalkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Komoditas Digital (DCCPA) untuk memberdayakan CFTC dengan yurisdiksi eksklusif atas pasar spot komoditas digital. 

Dua RUU lainnya telah diperkenalkan di Kongres tahun ini untuk menjadikan regulator derivatif sebagai pengawas utama untuk sektor kripto.

Sementara bitcoin adalah komoditas, Ketua SEC Gary Gensler berulang kali mengatakan sebagian besar token kripto lainnya adalah sekuritas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.