Sukses

Mantan CEO FTX Sam Bankman-Fried Berpotensi Hadapi Hukuman Penjara

Mantan jaksa sebut penipuan, jenis tuntutan pidana yang dapat menempatkan pelaku di balik jeruji besi seumur hidup.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan CEO pertukaran kripto yang bangkrut FTX, Sam Bankman-Fried menjadi salah satu sosok berpengaruh di industri kripto. Dirinya dikenal sebagai penyelamat perusahaan kripto yang terancam bangkrut di tengah kondisi crypto winter.

Namun, belakangan ini citra Bankman-Fried menjadi buruk setelah membawa pertukaran kripto FTX pada kebangkrutan. Lantas apakah Bankman-Fried bisa menghadapi hukuman penjara akibat membawa FTX bangkrut yang membuat sedikitnya USD 8 miliar (Rp 124 triliun) dana pelanggan hilang?

Mantan jaksa federal dan pengacara yang telah mewakili klien di klaim terkait derivatif dan tindakan kelas sekuritas, Renato Mariotti mengatakan penipuan adalah jenis tuntutan pidana yang dapat menempatkan pelaku di balik jeruji besi seumur hidup. 

Dengan Bankman-Fried, pertanyaannya adalah apakah dia menyesatkan pelanggan FTX untuk percaya uang mereka tersedia, dan tidak digunakan sebagai jaminan pinjaman atau untuk tujuan lain. 

Menurut Mariotti, jika Bankman-Fried benar terbukti menyesatkan pelanggan, maka dia bisa saja menghadapi hukuman penjara selama bertahun-tahun.

"Sepertinya ada kasus penipuan yang dikenakan biaya di sini. Jika saya mewakili Tuan Bankman-Fried, saya akan mengatakan kepadanya dia harus sangat memperhatikan waktu penjara. Bahwa itu harus menjadi perhatian utama baginya,” ujar Mariotti dikutip dari CNBC, Rabu (7/12/2022).

Namun Mariotti mengatakan untuk saat ini, Bankman-Fried tampak tidak peduli dengan paparan hukum pribadinya.

Hal ini ditambah dengan kurangnya tindakan nyata oleh regulator atau otoritas, telah membantu memicu kemarahan di antara banyak orang di industri ini bukan hanya mereka yang kehilangan uang. 

Runtuhnya FTX dan SBF yang spektakuler membuat para investor, pelanggan, pemodal ventura, dan Wall Street sama-sama buta.

Kedua orang tua Bankman-Fried adalah profesor Sekolah Hukum Stanford yang sangat dihormati. Semafor juga melaporkan profesor Hukum Stanford lainnya, David Mills, sedang menasihati Bankman-Fried.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mantan CEO Sam Bankman-Fried Sempat Temui Ketua CFTC Sebelum FTX Bangkrut, Ada Apa?

Sebelumnya, pendiri dan mantan CEO pertukaran cryptocurrency yang bangkrut Sam Bankman-Fried sempat bertemu dengan pejabat tingkat tinggi di Commodity Futures Trading Commission (CFTC) lebih dari 10 kali selama 14 bulan terakhir, termasuk dengan Ketua CFTC Rostin Behnam.

Behnam memberikan kesaksian pada Kamis, 1 Desember 2022 di depan Komite Senat untuk Pertanian, Nutrisi, dan Kehutanan, yang mengawasi pasar komoditas negara.

Kepala CFTC memberi tahu para senator pertemuan dengan Bankman-Fried berpusat pada keinginan FTX untuk mengubah lisensi clearinghouse untuk LedgerX LLC, yang dibeli FTX pada 2021.

Amandemen tersebut, yang diajukan sekitar 12 bulan lalu, akan memungkinkan LedgerX untuk secara langsung menyelesaikan turunan kripto tanpa keterlibatan perantara. Perubahan yang diusulkan masih menunggu persetujuan hingga saat FTX mengajukan kebangkrutan awal bulan ini.

“Tim saya dan saya bertemu dengan Tuan Bankman-Fried dan timnya. Selama 14 bulan terakhir, kami bertemu 10 kali di kantor CFTC atas permintaan mereka semua terkait dengan ini (organisasi kliring derivatif); aplikasi clearinghouse ini,” kata Behnam, dikutip dari CNBC, Selasa (6/12/2022). 

Dalam pernyataan pembukaannya, Behnam mengatakan LedgerX telah terdaftar di CFTC sejak 2017 dan merupakan salah satu dari sedikit entitas FTX yang tidak mengajukan kebangkrutan bersama dengan FTX bulan lalu.

Bankman-Fried mengundurkan diri sebagai CEO FTX dan perusahaan mengajukan kebangkrutan Bab 11 bulan lalu. 

Behnam mengatakan sebagian besar pertemuannya dengan Bankman-Fried dan tim FTX berlangsung di Washington, tetapi ada juga pertemuan di sebuah konferensi di Florida, dua panggilan telepon dan sejumlah pesan yang ditujukan untuk memindahkan aplikasi.

 

3 dari 4 halaman

Sam Bankman-Fried Buka Suara Terkait Dana Pelanggan FTX dan Alameda Research

Sebelumnya, Sam Bankman-Fried, pendiri dan mantan CEO pertukaran kripto FTX yang sekarang bangkrut tampil secara publik pertama kalinya sejak keruntuhan perusahaannya.

Berbicara di KTT Dealbook New York Times dengan Andrew Ross Sorkin tentang apa yang dia katakan bertentangan dengan nasihat pengacaranya, Bankman-Fried mengatakan dia tidak sengaja mencampurkan dana pelanggan di FTX dengan dana di perusahaan perdagangan miliknya, Alameda Research.

Krisis likuiditas di FTX terjadi setelah Bankman-Fried diam-diam memindahkan USD 10 miliar  (Rp 153,9 triliun) dana pelanggan FTX ke Alameda Research, Reuters melaporkan, mengutip dua orang yang mengetahui masalah tersebut. Sedikitnya USD 1 miliar dana nasabah telah lenyap.

Bankman-Fried mengatakan, kepada Reuters perusahaan tidak secara diam-diam mentransfer dana ke Alameda Research, melainkan salah membaca "pelabelan internal yang membingungkan".

FTX mengajukan kebangkrutan dan Bankman-Fried mengundurkan diri sebagai kepala eksekutif pada 11 November, setelah para investor menarik USD 6 miliar dari platform tersebut dalam tiga hari dan saingan pertukaran kripto Binance meninggalkan kesepakatan penyelamatan.

"Pada akhir 6 November kami mengumpulkan semua data yang jelas seharusnya menjadi bagian dari dasbor yang selalu saya lihat dan ketika kami melihatnya, ada masalah serius di sana," kata Bankman-Fried, dikutip dari CNBC, Jumat (2/12/2022).

4 dari 4 halaman

Bantah Lakukan Penipuan

Bankman-Fried menambahkan dia tidak pernah mencoba melakukan penipuan dan secara pribadi tidak berpikir memiliki tanggung jawab pidana. 

"Jawaban sebenarnya adalah bukan itu yang saya fokuskan. Akan ada waktu dan tempat bagi saya untuk memikirkan diri sendiri dan masa depan saya sendiri," katanya.

Ledakan FTX menandai kejatuhan yang menakjubkan dari anugerah bagi pengusaha berusia 30 tahun yang mengalami ledakan cryptocurrency ke kekayaan bersih yang dipatok Forbes tahun lalu sebesar USD 26,5 miliar. 

Setelah meluncurkan FTX pada 2019, dia menjadi donor politik yang berpengaruh dan berjanji untuk menyumbangkan sebagian besar penghasilannya untuk amal.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.