Sukses

Raksasa E-Commerce India Beri Pengalaman Belanja di Metaverse

Saat ini pengalaman ritel metaverse masih sangat terbatas.

Liputan6.com, Jakarta - Flipkart, raksasa e-commerce India yang didukung Walmart, telah meluncurkan uji coba untuk memungkinkan pelanggannya merasakan pengalaman melakukan pembelian di lingkungan metaverse. 

Perusahaan mengumumkan peluncuran metaverse-nya sendiri, yang disebut Flipverse, di mana beberapa merek akan dapat menawarkan pengalaman berbelanja mereka sendiri.

Menurut perusahaan, pengalaman tersebut ingin membawa poin gamification dan loyalitas ke pengalaman berbelanja, memungkinkan pelanggan untuk mengumpulkan supercoin dan koleksi digital dari berbagai merek yang sudah masuk untuk menjadi bagian dari program percontohan ini.

Untuk membuat platform ini, Flipkart menjalin kemitraan dengan eDAO, perusahaan yang diinkubasi Polygon, untuk mempersiapkan pengalaman metaverse untuk peluncuran bulan ini. 

Perusahaan telah mendaftarkan partisipasi beberapa mitra utama termasuk Puma, Noise, Nivea, Lavie, Tokyo Talkies, Campus, VIP, Ajmal Perfumes, dan Himalaya, yang akan dapat menawarkan pengalaman mereka sendiri dan berdiri di metaverse Flipkart.

Seorang eksekutif Flipkart mengatakan, idenya adalah untuk membuat jutaan pengguna merasakan Flipverse dan membuka pintu ke masa depan belanja. 

“Lima belas tahun yang lalu, kami adalah perusahaan India pertama yang meluncurkan perdagangan berbasis Web 2.0 dan saya merasa hari ini kami adalah perusahaan pertama yang meluncurkan perdagangan Web 3.0,” ujar eksekutif itu, dikutip dari Bitcoin.com, Senin, 5 Desember 2022.

Saat ini pengalaman ritel metaverse masih sangat terbatas. Sebuah video pada 2017 yang muncul kembali tahun ini menunjukkan contoh bagaimana pembelian akan dilakukan dalam metaverse bertema Walmart hipotetis, Flipkart dan Polygon percaya ada peluang besar di masa depan untuk ini. jenis pengalaman belanja virtual.

Walmart, yang memiliki 72 persen saham Flipkart, telah melakukan langkah metaverse pertamanya, di dalam permainan Roblox pada September, meluncurkan dua pengalaman bernama "Walmart Land" dan "Walmart's Universe of Play”.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3 Raksasa Produsen Makanan Ini Jajaki NFT dan Metaverse

Sebelumnya, sejumlah perusahaan besar makanan baru-baru ini mulai memposisikan diri mereka dalam ekosistem Web3 dengan mengajukan aplikasi merek dagang untuk Metaverse dan Non Fungible Token (NFT).

Dilansir dari Cointelegraph. Rabu (30/11/2022), pengacara merek dagang berlisensi Mike Kondoudis berbagi dalam sebuah cuitan di Twitter, Kraft Foods Group telah mengajukan merek dagang untuk Weinermobile berbentuk hot dog yang ikonik pada 12 Oktober 2022. 

Kraft Foods

Pengarsipan tersebut mengungkapkan merek tersebut berencana untuk memperluas bisnis ke NFT, token digital, barang virtual, pasar NFT, makanan, minuman, dan restoran virtual.

Pendaftaran merek dagang juga menunjukkan Kraft Foods Group memiliki rencana untuk mengoperasikan restoran virtual, serta menampilkan barang-barang virtual untuk pengiriman ke rumah baik di dunia nyata maupun virtual.

In-N-Out Burger

Sebelumnya, Pada 6 Oktober 2022, merek makanan populer dan rantai makanan cepat saji, In-N-Out Burger mengajukan aplikasi merek dagang serupa dengan rencana untuk mengoperasikan toko ritel online yang menampilkan barang-barang virtual yaitu, makanan, minuman, dan barang dagangan yang terkait dengan merek untuk digunakan di dunia maya online.

 

 

3 dari 4 halaman

Del Monte

Menurut aplikasi merek dagang, In-N-Out Burger berencana untuk menyediakan, penggunaan sementara perangkat lunak online yang tidak dapat diunduh bagi pengguna untuk mengakses, mengirimkan, menukar, dan menetapkan kepemilikan barang virtual, token blockchain, token yang tidak dapat dipertukarkan, media digital, digital file, dan aset digital di bidang makanan, minuman, restoran, dan merchandise.

Pada 10 Oktober, Mike Kondoudis juga melaporkan Del Monte Foods telah mengajukan delapan aplikasi merek dagang untuk merek dasarnya "Del Monte" dan "The Del Monte Sheild," dengan rencana untuk membuat NFT, media yang didukung NFT, pasar virtual online, virtual restoran, toko, makanan dan minuman.

Aplikasi merek dagang juga mengungkapkan Del Monte Foods bermaksud untuk memperluas ke ruang perangkat lunak Web3. 

Menurut aplikasi, merek akan menghasilkan perangkat lunak untuk mengunggah, mentransmisikan, menerbitkan, menyimpan, mengelola, memverifikasi, mengautentikasi, dan mengomunikasikan mata uang digital, koleksi kripto, token digital, file digital, gambar, rekaman suara, rekaman video, virtual objek, dan produk dan layanan virtual.

Pada September, Cointelegraph melaporkan jumlah merek dagang AS yang diajukan terkait dengan cryptocurrency, NFT, Web3, dan Metaverse telah tumbuh secara eksponensial dalam setahun terakhir.

4 dari 4 halaman

Bank Sentral Korea Selatan Uji Coba Perdagangan NFT dan Penggunaan CBDC

Sebelumnya, Bank Sentral Korea Selatan, Bank of Korea (BoK) telah mengembangkan dan menguji program yang memfasilitasi pengiriman uang lintas batas dengan menghubungkan berbagai mata uang digital bank sentral (CBDC) dari negara lain.

Menurut laporan outlet media lokal Yonhap News, selama uji coba proyek tersebut, bank juga menguji penggunaan CBDC untuk membeli Non Fungible Token (NFT). 

Gubernur Bank of Korea, Chang Yong Rhee mengungkapkan bank sentral baru-baru ini menyelesaikan percobaan 10 bulan ke dalam won digital Korea Selatan. 

"Kami menyadari tidak ada teknologi sempurna atau desain CBDC yang dapat memenuhi berbagai tujuan dan harapan pada saat yang bersamaan,” kata Rhee dalam sebuah pidato, dikutip dari CoinDesk, Rabu (30/11/2022). 

Eksperimen tersebut menemukan CBDC dapat memproses hingga 2.000 transaksi per detik. Namun, juga ditemukan teknologi buku besar terdistribusi, yang mendasari kripto, belum memiliki skalabilitas yang dibutuhkan untuk CBDC ritel, kata Rhee dalam pidatonya. 

Sebelumnya, pada Juli 2022, BoK mengumumkan sedang mengerjakan tes dunia nyata dari CBDC dengan sepuluh bank komersial. BoK juga telah membentuk sistem pemantauan pencucian uang dan pendanaan terorisme virtual dan akan memfasilitasi pengiriman data.

Saat ini, negara dengan ekonomi besar seperti AS, Inggris, dan Uni Eropa telah menjajaki penerbitan CBDC, sementara China telah melakukan beberapa uji coba. Korea Selatan memulai uji coba CBDC tahun lalu dan menyelesaikan yang pertama dari dua fase pada Januari.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.