Sukses

Pasar Kripto Berpotensi Menguat Pekan Ini, Berikut Faktor Pendorongnya

Afid Sugiono mengatkaan, pasar kripto secara keseluruhan memiliki potensi bullish pada pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Performa pasar kripto pada awal pekan ini Senin (5/12/2022) kembali nyaman di zona hijau. Sejumlah aset kripto big cap terpantau terus reli tipis sepanjang akhir pekan. 

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono mengatkaan, pasar kripto secara keseluruhan memiliki potensi bullish pada pekan ini. Salah satu pendorong kuatnya adalah keyakinan investor yang tinggi berharap sikap The Fed yang lebih dovish di rapat FOMC terakhir di tahun 2022 pada 13 dan 14 Desember.

“Indikasikan sikap The Fed akan melunak terus menguat. Kenaikan suku bunga 50 basis poin sebagai skenario yang paling mungkin. Dengan begitu ada indikasi jangka panjang The Fed dapat menghentikan kenaikan suku bunga pada pertemuan FOMC Maret 2023,” kata Afid dalam analisis pasar harian yang diterima Liputan6.com, Senin, 5 Desember 2022.

Selain dari makroekonomi, kabar dari ekosistem industri juga sedikit berpengaruh. Seperti mulai berkurangnya kabar negatif terkait imbas FTX yang bangkrut terhadap industri kripto lainnya.

Kemudian yang terbaru, CEO Telegram, Pavel Durov mengumumkan rencana pembuatan membangun Decentralized Exchange (DEX) dan wallet. Berita lainnya muncul dari Persemakmuran Dominika yang menggandeng Huobi untuk terbitkan token Dominica Coin (DMC) dan pembuatan ID Digital.

“Kabar-kabar tersebut dimanfaatkan oleh investor terutama institusi untuk memulai kembali melakukan akumulasi. Langkah ini juga diikuti oleh investor retail lainnya, terlihat dari volume perdagangan Bitcoin yang mulai naik,” jelas Afid.

Kapitalisasi pasar kripto pada minggu lalu kembali ditutup hijau, naik sebesar 3,13 persen di level USD 814,573 miliar. Penutupan tersebut bisa menjadi sentimen positif setelah berhasil ditutup di atas level USD 800 miliar yang merupakan titik psikologi kuat.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Analisis Teknikal

Sentimen pasar kripto masih stabil setelah Fear and Greed Index saat ini berada di level 26 dengan kategori Fear, selisih dua poin dengan minggu lalu yang berada pada level 28. Selain itu, nilai Indeks dolar AS (DXY) pada Senin pagi, juga melemah 104.13 (-0,40 persen) yang positif untuk mengakumulasi kripto.

Analisis Teknikal

Dari segi analisis teknikal, Afid menjelaskan, Bitcoin berhasil menunjukan gerakan impulsif, setelah dua minggu beruntun cenderung sideways. Candle weekly Bitcoin ditutup hijau, dengan kenaikan sebesar 4,20 persen.

Tekanan beli mulai terasa, hal tersebut terlihat dari relative strength index (RSI) yang perlahan bergerak naik. Level support terdekat BTC berada di harga USD 17.108 (Rp 263,6 juta)

“Kemungkinan besar pergerakan harga Bitcoin kembali naik setelah menyentuh titik support tersebut. Target kenaikan selanjutnya menuju level USD 17.567 (Rp 270,4 juta) yang menjadi level resistance terdekat,” pungkas Afid.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Senin 5 Desember 2022

Sebelumnya, harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada perdagangan Senin (5/12/2022). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau kembali bertengger di zona hijau.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Senin pagi, 5 Desember 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat 0,84 persen dalam 24 jam terakhir dan 3,11 persen sepekan.

Saat ini, harga Bitcoin berada di level USD 17.104 per koin atau setara Rp 263,8 juta (asumsi kurs Rp 15.428 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga turut menguat pagi ini. ETH naik 1,22 persen dan 5,03 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.276 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) masih terkoreksi. Dalam 24 jam terakhir BNB ambles 0,19 persen dan 7,09 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 291,73 per koin. 

Kemudian Cardano, kembali menguat. Dalam satu hari terakhir ADA naik 0,33 persen dan 1,47 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,3233 per koin.

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Adapun Solana (SOL) kembali bertengger di zona hijau dengan penguatan selama satu hari terakhir sebesar 1,12 persen. Meskipun begitu, SOL masih melemah 5,26 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 13,63 per koin.

Sedangkan XRP juga turut melemah. XRP turun 0,32 persen dalam 24 jam terakhir dan 3,05 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3939 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) pada pagi ini kembali menguat. Dalam satu hari terakhir DOGE melesat 2,60 persen, tetapi masih ambles 0,85 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level USD 0,1039 per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam alami penguatan ke level USD 858,3 miliar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.