Sukses

Telegram Bakal Bikin Dompet dan Pertukaran Kripto

Situs media sosial Telegram Messenger LLP berencana untuk membangun dompet kripto.

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri dan CEO Telegram Pavel Durov mengatakan pada Rabu, 30 November 2022, situs media sosial Telegram Messenger LLP berencana untuk membangun dompet kripto dan pertukaran terdesentralisasi untuk cryptocurrency setelah runtuhnya platform FTX.

Pendiri berusia 38 tahun itu mengatakan proyeknya dan proyek berbasis blockchain lainnya harus kembali ke akar desentralisasi, memungkinkan pengguna cryptocurrency untuk melakukan transaksi dari dompet yang dihosting sendiri yang tidak bergantung pada pihak ketiga mana pun.

"Kami, pengembang, harus menjauhkan industri blockchain dari sentralisasi dengan membangun aplikasi terdesentralisasi yang cepat dan mudah digunakan untuk massa. Proyek semacam itu akhirnya layak hari ini,” kata Durov dalam postingannya, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (2/12/2022).

Durov menambahkan, kebangkrutan FTX menunjukkan ketergantungan pada entitas terpusat menyebabkan investor kehilangan uang di tangan segelintir orang yang mulai menyalahgunakan kekuasaan mereka.

Mantan CEO FTX, Sam Bankman-Freid telah dituduh salah mengelola dana klien setelah mengajukan kebangkrutan pada 11 November, menyebabkan sekitar 1 juta pelanggan dan investor lain menghadapi kerugian miliaran dolar.

Telegram juga baru-baru ini menyelesaikan pengembangan Fragment, platform lelang terdesentralisasi, menurut Durov. 

Platform ini diluncurkan pada Oktober pada blockchain layer-1 terdesentralisasi The Open Network (TON), sebuah protokol yang dibuat secara independen pada 2021 setelah Securities Exchange Commission memblokir versi yang diusulkan Telegram.

“Fragment telah mengumpulkan token asli TON (Toncoin) senilai USD 50 juta (Rp 769,7 miliar) dengan menjual nama pengguna Telegram yang diberi token di blockchain,” jelas Durov.

Minggu ini, Fragment akan berkembang lebih dari sekadar nama pengguna, yang menambahkan langkah selanjutnya Telegram adalah membangun seperangkat alat terdesentralisasi, termasuk dompet dan pertukaran, yang akan memungkinkan jutaan pengguna untuk berdagang dan menyimpan kripto dengan aman dan aman.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Visa Bakal Hadirkan Layanan Dompet Kripto hingga Metaverse

Sebelumnya, raksasa pembayaran Visa mengajukan dua aplikasi merek dagang ke kantor paten dan merek dagang Amerika Serikat (USPTO) terkait dompet kripto, token yang tidak dapat dipertukarkan dan metaverse.

Bagian dari salah satu aplikasi berlaku untuk merek dagang yang terkait dengan perangkat lunak untuk manajemen transaksi digital digunakan sebagai dompet mata uang digital dan perangkat lunak layanan penyimpanan. Ini digunakan sebagai dompet cryptocurrency dan mengelola dan memverifikasi transaksi cryptocurrency menggunakan teknologi blockchain.

Sementara yang lain adalah aplikasi yang terkait dengan menyediakan penggunaan sementara perangkat lunak yang tidak dapat diunduh bagi pengguna untuk melihat, mengakses, menyimpan, memantau, mengelola, memperdagangkan, mengirim, menerima, mengirimkan, dan menukar mata uang digital, mata uang virtual, cryptocurrency, aset digital dan blockchain, dan token non-fungible (NFT).

Bagian lain dari aplikasi terkait dengan barang virtual yang tidak dapat diunduh dan serangkaian token yang tidak dapat dipertukarkan, serta menyediakan lingkungan virtual tempat pengguna dapat berinteraksi untuk tujuan rekreasi, rekreasi, atau hiburan yang dapat diakses di dunia virtual.

 

3 dari 4 halaman

Pengajuan

Permohonan diajukan pada 22 Oktober

Aplikasi Visa seharusnya tidak mengejutkan muncul setelah banyak perusahaan besar, termasuk American Express dan New York Stock Exchange telah mengajukan aplikasi serupa selama setahun terakhir.

Pada 2020, Visa mengajukan permohonan paten untuk proses mengubah mata uang fiat fisik menjadi versi digital yang baru.

"Di Visa, kami terus mengeksplorasi teknologi yang mungkin mengarah pada inovasi pembayaran baru dan inklusi keuangan yang lebih besar," kata juru bicara perusahaan kepada CoinDesk, dikutip Minggu (30/10/2022).

Juru bicara itu menambahkan setiap tahun pihaknya mencari paten untuk ratusan ide baru.  "Meskipun tidak semua paten akan menghasilkan produk atau fitur baru, Visa menghormati kekayaan intelektual dan kami secara aktif bekerja untuk melindungi ekosistem kami, inovasi kami, dan merek Visa," kata dia.

4 dari 4 halaman

Twitter Dilaporkan Tunda Proyek Dompet Kripto

Platform media sosial Twitter mengungkapkan menghentikan rencananya untuk membangun dompet kripto sebagai bagian dari perubahan yang sedang berlangsung yang dimulai minggu lalu oleh pemilik barunya, Elon Musk.

Dilansir dari Yahoo Finance, Senin (7/11/2022), blog teknologi Platformer melaporkan pada Kamis (3/11/2022) berdasarkan sumber yang tidak disebutkan namanya yang diduga dari dalam Twitter pemilik baru aplikasi media sosial Elon Musk telah benar-benar mengguncang peta jalan produk. 

Salah satu peta jalannya yang baru adalah membuat pengguna yang memiliki akun bercentang biru diharuskan membayar sebesar USD 8 atau sekitar Rp 125 ribu dolar.

Meskipun sebagian besar laporan menyatakan ini hanyalah tahap awal pertimbangan, Platformer menyatakan Musk juga ingin menghentikan proyek penulisan jangka panjang yang dijuluki "Catatan" serta proyek dompet kripto. 

Kedua fitur tersebut telah lama ditunggu oleh para pendukung kripto di Twitter. Laporan tersebut tidak menjelaskan mengapa fitur-fitur ini ditahan. 

Seperti dilansir Coindesk, Dogecoin telah mengalami naik turun sejak Musk memulai proses awalnya mencoba untuk membeli jalannya ke papan Twitter, kemudian akhirnya membeli Twitter. 

Setelah Musk akhirnya membeli platform tersebut, harga DOGE berlipat ganda selama seminggu terakhir. Tetapi dengan berita laporan Platformer, harga Dogecoin kesayangan Musk turun lebih dari 10 persen, menurut data dari Coinmarketcap. 

Dogecoin telah lama memiliki hubungan erat dengan Musk yang memiliki julukan "Dogefather," dan komentar publik Musk berhasil menyebabkan harga DOGE melonjak. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.