Sukses

Sambut Perkembangan Teknologi, GENEXYZ Bakal Hadirkan Virtual Influencer

Emtek berencana menawarkan investasinya di SEED round melalui kerja sama ini.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki tahun 2022, peran teknologi digital di sektor bisnis dan pemasaran semakin besar. Saat ini, teknologi juga menjadi tulang punggung industri periklanan atau advertising. 

Agar optimal, sebuah iklan digital harus menarik audiens melalui konten ataupun melalui peran influencer tertentu. Oleh karena itu, persona seorang influencer menjadi hal penting untuk diterapkan dalam industri bisnis dan pemasaran. 

GENEXYZ hadir sebagai bukti nyata perkembangan teknologi Web 2.0 menuju Web 3.0 berbasis metaverse yang serba canggih dan modern. 

Emtek Tawarkan Investasi dalam Seed Round

Seiring dengan perjalanan GENEXYZ sebagai creators of meta humans dan platform agregator virtual influencer di Indonesia, East Ventures, Emtek, Arise, Emerge dan Massive Music turut menawarkan investasinya di SEED round melalui kerjasama yang akan mendorong lebih jauh terobosan atas inovasi teknologi yang dihadirkan oleh GENEXYZ tersebut. 

Kabar ini menjadi angin segar bagi GENEXYZ untuk menjangkau lebih banyak target pasar potensial dan berkomitmen untuk terus melakukan pembaruan terhadap fitur-fitur yang dimilikinya agar dapat memberikan convenience experience bagi ekosistem bisnis. 

Co-founder GENEXYZ, Christian Melvin mengatakan, virtual influencer akan menjadi partner baru dalam perjalanan brand di setiap perusahaan. 

Oleh karena itu, virtual influencer akan menjadi selebritas, market makers dan market shakers baru yang berdampak di dunia periklanan. Harapannya, GENEXYZ dapat menjembatani kebutuhan konten digital secara kreatif dan kekinian bagi perusahaan,”.ujar Christian dalam siaran pers dikutip Selasa (29/11/2022).

Ia juga menambahkan pertumbuhan pasar digital saat ini tengah menunjukkan peningkatan positif sehingga berpeluang meningkatkan kebutuhan periklanan dan konten digital di dunia virtual. 

Genexyz Meta Human IP

Saat ini, Genexyz telah melahirkan dua karakter IP yang juga didukung oleh komunitas yang besar di Indonesia, yaitu Lav Caca (@lav_caca) dan Zivi (@zivi_zv). 

Tak lepas dari tujuan utama Genexyz dalam industri ini untuk membangun koneksi, kedua karakter ini memiliki kepribadian dan latar belakang yang berbeda untuk membangun komunikasi dan membantu mengembangkan industri di masing-masing komunitas. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

KPMG Bakal Kembangkan Bisnis Model Baru di Metaverse

Sebelumnya, KPMG, salah satu perusahaan terbesar dalam bisnis audit, telah menunjuk kepala baru metaverse, dengan tujuan memulai debut model bisnis baru berdasarkan teknologi cryptocurrency dan metaverse.

Posisi baru akan ditempati oleh Alyse Sue, yang memiliki latar belakang rekayasa perangkat lunak, dan telah terlibat dalam pendirian dua startup terkait Web3 seperti Transhuman Coin dan Futrdao. 

Sue akan bertanggung jawab untuk mengembangkan area baru ini di perusahaan, mensurvei ide dan kebutuhan pelanggan terkait metaverse. Sue percaya berada di awal permintaan untuk jenis layanan ini dan bisnis masih mempelajari penerapan teknologi ini. 

“Bisnis mencari keahlian materi pelajaran untuk memandu mereka dalam hal bagaimana mereka dapat menggunakan metaverse untuk menemukan kasus penggunaan baru atau pendorong pendapatan baru untuk bisnis mereka,” ujar Sue dikutip dari Bitcoin.com, Senin (28/11/2022).

Banyak Permintaan Terkait Metaverse

Sementara Sue adalah kepala pertama dari metaverse, perusahaan sudah memiliki gagasan tentang tugas yang akan dieksplorasi oleh divisi baru ini. 

Menurut kepala masa depan KPMG, James Mabbott perusahaan telah mendapatkan jumlah permintaan yang terus meningkat terkait pelanggan dan penggunaan teknologi metaverse dan Web3, sehingga diharapkan model bisnis baru akan muncul dari interaksi ini.

KPMG optimis tentang masa depan teknologi metaverse dan tentang jumlah pendapatan yang mungkin dicapai dengan menawarkan layanan ini di masa mendatang. 

“Tujuan saya adalah membangun bisnis multi-juta dolar untuk KPMG pada tahun 2025. Apa arti angka pastinya masih belum ditemukan, tetapi kami ingin membangun bisnis yang berkelanjutan dalam jangka waktu tersebut,” pungkas Sue.

3 dari 4 halaman

China Uji Coba Teknologi Metaverse Selama Siaran Piala Dunia Qatar 2022

Sebelumnya, beberapa platform China memperkenalkan teknologi metaverse dalam liputan mereka tentang Piala Dunia FIFA 2022. Pengalaman tersebut, menggunakan headset virtual reality (VR) dan jaringan 5G sebagai teknologi dasarnya. 

Hal ini akan memungkinkan pengguna untuk menikmati pemandangan acara yang mirip metaverse dan juga memberikan kesempatan kepada perusahaan China untuk mengasah penerapan teknologi ini.

Migu, anak perusahaan China Mobile, operator milik negara, mengumumkan akan mengembangkan lingkungan virtual "pertama di dunia" bagi penggunanya untuk menikmati pertandingan piala menggunakan headset VR untuk pengalaman yang imersif dan "nyata". 

Hal ini diumumkan oleh CCO Gan Yuqing dari Migu, yang juga menyelenggarakan "Festival Musik Piala Dunia" yang diiklankan akan diadakan di metaverse dengan pengunjung kejutan dari 2070.

Dengan cara yang sama, Bytedance, pemilik platform media sosial populer Tiktok, telah mengumumkan mereka akan memungkinkan pengguna kacamata VR-nya menikmati pertandingan sepak bola di ruang digital, memungkinkan mereka mengundang pengguna lain untuk pengalaman menonton metaverse bersama.

Keterbatasan Teknologi

Seorang pengamat industri, Chen Jia Piala Dunia dapat digunakan oleh perusahaan di sektor tersebut untuk menguji kualitas pengalaman yang dapat mereka tawarkan saat ini kepada penggunanya. 

4 dari 4 halaman

Keterbatasan Teknologi

“Ini juga akan berkontribusi untuk mengidentifikasi masalah saat ini untuk meningkatkan jangkauan dan efisiensi teknologi ini,” ujar Jia dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (24/11/2022).

Melalui penerapan berbagai skenario dalam metaverse Piala Dunia ini, Tiongkok juga dapat menguji kualitas keseluruhan rantai industri di bidang teknologi realitas virtual, sehingga mendapatkan pijakan awal di sektor tersebut.

Pada 1 November, China mempresentasikan rencana untuk berinovasi di bidang realitas virtual, dan juga mempopulerkan jangkauan teknologi ini sebagai bagian dari masyarakat China. 

Rencana tersebut membutuhkan penyelidikan untuk membuat headset VR lebih fungsional. Rencana tersebut menyebutkan area utama termasuk simulasi bau, pelacakan gerakan, dan pelacakan mata, di antara elemen lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.