Sukses

KPMG Bakal Kembangkan Bisnis Model Baru di Metaverse

KPMG optimis tentang masa depan teknologi metaverse.

Liputan6.com, Jakarta - KPMG, salah satu perusahaan terbesar dalam bisnis audit, telah menunjuk kepala baru metaverse, dengan tujuan memulai debut model bisnis baru berdasarkan teknologi cryptocurrency dan metaverse.

Posisi baru akan ditempati oleh Alyse Sue, yang memiliki latar belakang rekayasa perangkat lunak, dan telah terlibat dalam pendirian dua startup terkait Web3 seperti Transhuman Coin dan Futrdao. 

Sue akan bertanggung jawab untuk mengembangkan area baru ini di perusahaan, mensurvei ide dan kebutuhan pelanggan terkait metaverse. Sue percaya berada di awal permintaan untuk jenis layanan ini dan bisnis masih mempelajari penerapan teknologi ini. 

“Bisnis mencari keahlian materi pelajaran untuk memandu mereka dalam hal bagaimana mereka dapat menggunakan metaverse untuk menemukan kasus penggunaan baru atau pendorong pendapatan baru untuk bisnis mereka,” ujar Sue dikutip dari Bitcoin.com, Senin (28/11/2022).

Banyak Permintaan Terkait Metaverse

Sementara Sue adalah kepala pertama dari metaverse, perusahaan sudah memiliki gagasan tentang tugas yang akan dieksplorasi oleh divisi baru ini. 

Menurut kepala masa depan KPMG, James Mabbott perusahaan telah mendapatkan jumlah permintaan yang terus meningkat terkait pelanggan dan penggunaan teknologi metaverse dan Web3, sehingga diharapkan model bisnis baru akan muncul dari interaksi ini.

KPMG optimis tentang masa depan teknologi metaverse dan tentang jumlah pendapatan yang mungkin dicapai dengan menawarkan layanan ini di masa mendatang. 

“Tujuan saya adalah membangun bisnis multi-juta dolar untuk KPMG pada tahun 2025. Apa arti angka pastinya masih belum ditemukan, tetapi kami ingin membangun bisnis yang berkelanjutan dalam jangka waktu tersebut,” pungkas Sue.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

China Uji Coba Teknologi Metaverse Selama Siaran Piala Dunia Qatar 2022

Sebelumnya, beberapa platform China memperkenalkan teknologi metaverse dalam liputan mereka tentang Piala Dunia FIFA 2022. Pengalaman tersebut, menggunakan headset virtual reality (VR) dan jaringan 5G sebagai teknologi dasarnya. 

Hal ini akan memungkinkan pengguna untuk menikmati pemandangan acara yang mirip metaverse dan juga memberikan kesempatan kepada perusahaan China untuk mengasah penerapan teknologi ini.

Migu, anak perusahaan China Mobile, operator milik negara, mengumumkan akan mengembangkan lingkungan virtual "pertama di dunia" bagi penggunanya untuk menikmati pertandingan piala menggunakan headset VR untuk pengalaman yang imersif dan "nyata". 

Hal ini diumumkan oleh CCO Gan Yuqing dari Migu, yang juga menyelenggarakan "Festival Musik Piala Dunia" yang diiklankan akan diadakan di metaverse dengan pengunjung kejutan dari 2070.

Dengan cara yang sama, Bytedance, pemilik platform media sosial populer Tiktok, telah mengumumkan mereka akan memungkinkan pengguna kacamata VR-nya menikmati pertandingan sepak bola di ruang digital, memungkinkan mereka mengundang pengguna lain untuk pengalaman menonton metaverse bersama.

Keterbatasan Teknologi

Seorang pengamat industri, Chen Jia Piala Dunia dapat digunakan oleh perusahaan di sektor tersebut untuk menguji kualitas pengalaman yang dapat mereka tawarkan saat ini kepada penggunanya. 

 

3 dari 4 halaman

Keterbatasan Teknologi

“Ini juga akan berkontribusi untuk mengidentifikasi masalah saat ini untuk meningkatkan jangkauan dan efisiensi teknologi ini,” ujar Jia dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (24/11/2022).

Melalui penerapan berbagai skenario dalam metaverse Piala Dunia ini, Tiongkok juga dapat menguji kualitas keseluruhan rantai industri di bidang teknologi realitas virtual, sehingga mendapatkan pijakan awal di sektor tersebut.

Pada 1 November, China mempresentasikan rencana untuk berinovasi di bidang realitas virtual, dan juga mempopulerkan jangkauan teknologi ini sebagai bagian dari masyarakat China. 

Rencana tersebut membutuhkan penyelidikan untuk membuat headset VR lebih fungsional. Rencana tersebut menyebutkan area utama termasuk simulasi bau, pelacakan gerakan, dan pelacakan mata, di antara elemen lainnya.

4 dari 4 halaman

Bank Terbesar di Jepang MUFG Bakal Buka Layanan di Metaverse pada 2023

Sebelumnya, MUFG, bank terbesar di Jepang, memproyeksikan untuk menawarkan layanan keuangan melalui metaverse pada 2023. Layanan ini merupakan kerja sama bank dengan ANA Holdings.

Dilansir dari Bitcoin.com, Selasa (15/11/2022), ANA Holdings adalah sebuah konsorsium kepemilikan yang berfokus pada perusahaan transportasi udara, untuk menjadi bagian dari metaverse Granwhale ANA, dan menjajaki kemungkinan menjual produk keuangan pada platform ini tahun depan.

Platform metaverse, yang disebut ANA Granwhale, diproyeksikan akan beroperasi pada 2023. Pelanggan perusahaan akan dapat menjelajahi dunia 3D dengan avatar mereka dan berinteraksi dengan berbagai toko dan stand di dunia virtual. 

MUFG, ANA, dan Sompo Japan, sebuah perusahaan asuransi, akan menjajaki kemungkinan melakukan aktivitas spesifik mereka di metaverse ini.

MUFG bertujuan untuk dapat menawarkan layanan keuangannya kepada pengguna platform metaverse ini. Sompo Japan juga berharap dapat menjual asuransi untuk kemungkinan kerugian terkait dengan transaksi yang dilakukan di metaverse.

Metaverse Merupakan Kendaraan untuk Memikat Generasi Baru

Tujuan dari beberapa perusahaan ini dalam memasuki dunia metaverse sebagai kendaraan untuk menarik audiens yang akan sulit dijangkau. MUFG tidak berbeda, karena diharapkan untuk memikat pengguna muda dengan langkah ini, sebuah demografi yang sulit dijangkau oleh institusi semacam itu.

Pada saat yang sama, perusahaan-perusahaan ini harus menyesuaikan operasi mereka dengan metaverse dan memasukkan verifikasi KYC dan proses lainnya untuk mematuhi aturan dan peraturan di dunia digital di mana avatar tidak terkait dengan identitas penggunanya.

Bank-bank lain di Asia juga mulai bergerak ke dunia maya. Pada September, DBS, salah satu bank terbesar di Asia Tenggara, mengumumkan pembelian sebidang tanah di Decentraland sebagai bagian dari dorongan metaverse.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.