Sukses

Peretas FTX Konversi Jutaan Token Ether ke Ren Bitcoin yang Terhubung dengan Alameda

Penggunaan kripto renBTC mengejutkan banyak orang.

Liputan6.com, Jakarta - Hal yang berada di balik peretasan crypto exchange FTX senilai USD 600 juta (Rp 9,3 triliun) mulai menukarkan Ethereum senilai jutaan dolar ke Ren Bitcoin (renBTC), sebuah token yang mewakili bitcoin di blockchain lain, pada Minggu, 20 November 2022.

Dilansir dari CoinDesk, Senin (21/11/2022), dana yang dicuri dari FTX terus dikonversi menjadi eter selama seminggu terakhir, menjadikan peretas salah satu pemegang token terbesar.

Penggunaan kirpto renBTC mengejutkan banyak orang. Hal ini karena pada 2021, Alameda Research milik Sam Bankman-Fried mengatakan tim pengembangan Ren “bergabung” dengan Alameda dan akan bekerja pada memperluas penggunaan Ren ke beberapa blockchain.

Pada Minggu pukul waktu AS, peretas memindahkan lebih dari 5.000 eter ke dompet baru, menurut data blockchain. Tambahan 35.000 eter kemudian dipindahkan ke dompet itu melalui tiga transaksi terpisah.

Analisis on-chain dari dompet baru menunjukkan pengeksploitasi kemudian mulai mengubah kripto eter menjadi renBTC menggunakan agregator pertukaran terdesentralisasi 1 inci. Transaksi pertama melihat 4.000 eter dikonversi menjadi bitcoin Wrapped Bitcoin (wBTC), token perwakilan bitcoin lainnya, dan kemudian menjadi renBTC.

Data blockchain menunjukkan pengeksploitasi terus mengubah eter menjadi renBTC melalui beberapa transaksi. Data yang dikutip oleh perusahaan keamanan PeckShield menunjukkan pengeksploitasi menggunakan jembatan Ren untuk mentransfer ribuan renBTC. 

Bridges adalah alat berbasis blockchain yang memungkinkan pengguna bertukar token di antara jaringan yang berbeda.

Menurut sebuah studi oleh firma analisis blockchain Elliptic, jembatan Ren sebelumnya telah digunakan untuk mencuci dana curian hingga setidaknya USD 540 juta karena dapat memberikan privasi kepada pengguna, menurut laporan Elliptic.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dampak Kasus FTX, Kapitalisasi Pasar Kripto Sentuh Rp 11.527 Triliun, Terendah Sejak 2021

Sebelumnya, dengan turunnya kepercayaan investor terhadap mata uang kripto akibat jatuhnya bursa FTX milik Sam Bankman-Fried, total kapitalisasi pasar aset digital juga turun bulan ini di bawah USD 800 miliar (Rp 12.587 triliun). Level itu yang tidak terlihat sejak awal 2021, menurut data dari TradingView.

Dilansir dari CoinDesk Jumat (18/11/2022), gejolak terbaru di pasar aset digital memangkas sekitar USD 183 miliar dari kapitalisasi pasar industri. Secara keseluruhan, kapitalisasi pasar aset kripto turun menjadi USD 736 miliar (Rp 11.527 triliun) pada 9 November, terendah sejak Januari 2021.

Penurunan terjadi karena bangkurtnya FTX mengirim harga bitcoin dan mata uang kripto lainnya ke titik terendah baru pada saat itu. Bitcoin (BTC), cryptocurrency terbesar, turun 22 persen selama tujuh hari hingga 13 November, kinerja mingguan terburuk dalam lima bulan. Bitcoin sekarang menyumbang USD 319 miliar dari seluruh kapitalisasi pasar cryptocurrency. 

Di puncak pasar bull sekitar setahun yang lalu, ketika bitcoin mencapai titik tertinggi sepanjang masa sekitar USD 69.000, nilai pasarnya berada di level USD 1 triliun. Sedangkan, untuk seluruh kapitalisasi pasar kripto mencapai angka USD 3 triliun saat itu tetapi telah menurun sejak saat itu. 

Harga bitcoin turun 5 persen selama tujuh hari terakhir dan telah diperdagangkan dalam kisaran USD 15.000 hingga USD 17.000.

Selama pasar jatuh sebelumnya, kapitalisasi pasar total dari cryptocurrency juga kehilangan pijakan yang cukup besar. Pada Juli 2021, total kapitalisasi pasar turun menjadi USD 1,1 triliun setelah mencapai level tertinggi USD 2,5 triliun pada Mei 2021.

 

3 dari 4 halaman

Binance Batalkan Rencana Akuisisi Crypto FTX

Setelah mengungkapkan akan membeli FTX, pertukaran kripto Binance kembali mengumumkan telah mundur dari kesepakatan untuk membeli pertukaran kripto FTX.

Binance mengumumkan ada beberapa hal yang membuat perusahaan menarik diri dari rencana akuisisi tersebut. 

“Setelah melakukan uji tuntas perusahaan serta adanya laporan berita terbaru mengenai dana pelanggan yang salah penanganan dan dugaan investigasi agensi AS,” tulis Binance di Twitter, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (10/11/2022).

Binance kemudian mencatat mereka ingin membantu pelanggan FTX tetapi masalahnya berada di luar kendali atau kemampuan Binance membantu.

Pertukaran kripto terbesar itu lebih lanjut mengatakan setiap kali bisnis kripto besar gagal, investor ritel yang menderita.

“Kami telah melihat selama beberapa tahun terakhir ekosistem kripto menjadi lebih tangguh dan kami percaya pada waktunya outlier yang menyalahgunakan dana pengguna akan disingkirkan oleh pasar bebas,” tambah Binance dalam cuitannya.

Binance mengakhiri penjelasan dengan menambahkan ekosistem akan diuntungkan oleh “kerangka peraturan” yang lebih kuat dan “desentralisasi yang lebih besar.” 

Nilai aset kripto turun karena berita dan seluruh ekonomi kripto hampir turun di bawah USD 800 miliar, setelah turun 10,56 persen selama 24 jam terakhir.

Bitcoin (BTC) turun di bawah USD 16.000 atau sekitar Rp 251 juta per unit pada Rabu malam menyusul berita tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Jalankan Skema Ponzi Kripto, Manajer Investasi di Ohio Ditangkap

Sebelumnya, seorang manajer investasi berusia 27 tahun, Rathnakishore Giri yang tinggal di New Albany, Ohio, ditangkap pada Jumat (18/11/2022) atas tuduhan kriminal karena menjalankan penipuan investasi cryptocurrency yang mengumpulkan setidaknya USD 10 juta atau sekitar Rp 156,4 miliar dari investor. 

Dilansir dari CoinDesk, Sabtu (19/11/2022), menurut siaran pers Departemen Kehakiman, Giri diduga menyesatkan investor dengan mempromosikan dirinya sebagai pedagang kripto ahli dengan spesialisasi turunan bitcoin. 

Menurut surat dakwaan, Giri secara tidak benar menjanjikan pengembalian yang menguntungkan kepada investor atas uang yang mereka investasikan dengannya, tanpa risiko terhadap kepala sekolah. 

Pada kenyataannya, dia menggunakan dana dari investor sebelumnya untuk melunasi investor baru dalam pengaturan skema Ponzi klasik. Giri didakwa dengan lima dakwaan penipuan kawat dan menghadapi hukuman maksimal 20 tahun sebelumnya untuk setiap dakwaan jika terbukti bersalah.

Pada Agustus 2022, Commodities Futures and Trading Commission (CFTC) AS mengeluarkan perintah gencatan dan penghentian terhadap Giri dan dua perusahaannya, menuduh dia menipu investor lebih dari USD 12 juta dan berusaha membuat Giri membayar kembali investornya. 

CFTC menuduh Giri menggunakan uang investor untuk mendanai gaya hidup mewah jet pribadi, persewaan kapal pesiar, dan lainnya. 

Di tengah siklus kripto yang disebut dengan crypto winter, masih banyak aktor jahat yang memanfaatkan aset kripto untuk kepentingan pribadi. Mereka seolah-olah menjadi ahli investasi kripto dan mengumpulkan dana dari masyarakat. 

Pada praktiknya, mereka tidak benar-benar berinvestasi pada kripto melainkan memberikan dana investor bari kepada investor lama dalam perekrutan skema ponzi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.