Sukses

Eksekutif Pertukaran Kripto Global Bersaksi di Depan Komite Keuangan Inggris, Ada Apa?

Para petinggi pertukaran kripto global berkumpul bersama Komite Keuangan Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Menyusul kebangkrutan FTX minggu lalu, para eksekutif dari Binance, Ripple, dan pelaku industri lainnya memberikan kesaksian di depan Komite Keuangan Parlemen Inggris. Beberapa komite yang hadir yaitu, ketua komite Harriet Baldwin, seorang anggota parlemen yang konservatif bersama dengan anggota komite lainnya. 

Sedangkan dari perwakilan pelaku industri yang hadir adalah wakil presiden urusan pemerintahan Eropa di Binance, Daniel Trinder, kepala kebijakan di jaringan pembayaran Ripple, Susan Friedman. Kemudian, direktur eksekutif grup lobi CryptoUK, Ian Taylor, dan kepala Eropa di Galaxy Digital, Tim Grant.

Baldwin melontarkan beberapa pertanyaan kepada perwakilan industri, seperti apakah peristiwa seputar FTX merusak kepercayaan terkait apa yang mereka lakukan untuk mencari nafkah.

"Saya pikir akan sangat salah jika menilai seluruh industri dengan satu apel buruk ini, yang kebetulan merupakan apel yang sangat besar," kata Grant, dikutip dari CoinDesk, Selasa (15/11/2022).

Taylor dari CryptoUK meminta pemerintah Inggris untuk menerapkan kerangka kerja yang luas seperti undang-undang Pasar Uni Eropa dalam Aset Kripto (MiCA), dan Friedman dari Ripple menggemakan permintaan ini. Selain itu, Trinder dari Taylor dan Binance juga mengatakan perusahaan kripto perlu diaudit.

Anggota komite juga bertanya kepada Trinder apakah Binance mengetahui tindakannya membongkar sebagian besar kepemilikannya di pasar atas token pertukaran FTX FTT, dan menyetujui. Kemudian mundur dari kesepakatan untuk bailout atau mengakuisisi FTX dapat menyebabkan keruntuhan dari pertukaran itu.

Trinder membantah niat tersebut dan menawarkan untuk segera mengirimkan dokumen korespondensi terkait komite untuk membenarkan tindakan Binance tidak didorong oleh niat untuk menghancurkan pesaingnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Jeremy Hunt Inggris masih memiliki harapan untuk menjadikan negaranya pusat inovasi kripto dan ingin bekerja dengan regulator untuk memastikan tujuan ini tidak merusak stabilitas. Maka dari itu, perundingan ini diharapkan dapat menemukan titik terang tentang apa yang terjadi dalam industri kripto.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bitcoin Senilai Rp 52,6 Triliun Disita Departemen Kehakiman AS, Ada Apa?

Sebelumnya, Departemen Kehakiman (DOJ) mengumumkan pada hari Senin bahwa Bitcoin senilai lebih dari USD 3,36 miliar atau sekitar Rp 52,6 triliun yang berafiliasi dengan pasar gelap Silk Road disita oleh penegak hukum pada November 2021.

Pengungkapan oleh Kantor Kejaksaan AS datang setelah James Zhong, orang yang bertanggung jawab untuk menerima 50.676 Bitcoin pada September 2012, mengaku bersalah atas satu tuduhan penipuan dalam jaringan pada Jumat. Sepuluh tahun yang lalu, satu Bitcoin bernilai sekitar USD 10,00.

Kasus ini menjadi penyitaan Bitcoin terbesar kedua dalam sejarah DOJ hanya dikalahkan oleh penyitaan 94.000 Bitcoin yang dicuri dalam peretasan Bitfinex 2016. Atas dugaan kejahatan ini, Zhong bisa bisa dipenjara dengan maksimal hukuman 20 tahun. 

Jaksa AS untuk Distrik Selatan New York Damian Williams mengatakan selama hampir sepuluh tahun, keberadaan sebagian besar Bitcoin yang hilang ini telah menggelembung menjadi misteri.

"Dalam memecahkan kasus ini, penegak hukum menemukan dana menggunakan pelacakan cryptocurrency dan cara penyelidikan polisi tradisional," kata Williams dikutip dari Decrypt, Rabu (9/11/2022).

3 dari 4 halaman

Skema Perdagangan Zhong

Zhong diduga menggunakan skema perdagangan pada September 2012 untuk menipu Silk Road dari Bitcoin-nya tanpa mencantumkan atau membeli barang nyata apa pun dari pasarnya. 

Pasar gelap sering digunakan untuk memperdagangkan obat-obatan terlarang dan barang-barang terlarang lainnya sebelum pendirinya, Ross Ulbricht, dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada 2015.

Dengan cepat memicu lebih dari 140 transaksi back-to-back, Zhong menipu sistem pemrosesan penarikan Silk Road untuk melepaskan 50.000 koin ke beberapa akunnya, semuanya sambil mempertahankan anonimitas, klaim DOJ.

Lima tahun kemudian, Zhong juga diduga menerima Bitcoin Cash (BCH) dalam jumlah yang sama versi Bitcoin yang dirancang untuk skalabilitas yang lebih besar hanya dengan memegang Bitcoin yang sebelumnya dicuri. 

Dia kemudian menjual BCH itu di pertukaran cryptocurrency luar negeri dengan tambahan 3.500 Bitcoin, menurut pernyataan DOJ.

Meskipun alamat Bitcoin secara teknis pseudonim atau nama samaran, setiap transfer dicatat di blockchain yang tersedia untuk umum. Dengan demikian, badan intelijen dapat melacak sumber koin tersebut menggunakan teknik canggih.

4 dari 4 halaman

Binance Batalkan Rencana Akuisisi Crypto FTX

Sebelumnya, setelah mengungkapkan akan membeli FTX, pertukaran kripto Binance kembali mengumumkan telah mundur dari kesepakatan untuk membeli pertukaran kripto FTX.

Binance mengumumkan ada beberapa hal yang membuat perusahaan menarik diri dari rencana akuisisi tersebut. 

“Setelah melakukan uji tuntas perusahaan serta adanya laporan berita terbaru mengenai dana pelanggan yang salah penanganan dan dugaan investigasi agensi AS,” tulis Binance di Twitter, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (10/11/2022).

Binance kemudian mencatat mereka ingin membantu pelanggan FTX tetapi masalahnya berada di luar kendali atau kemampuan Binance membantu.

Pertukaran kripto terbesar itu lebih lanjut mengatakan setiap kali bisnis kripto besar gagal, investor ritel yang menderita.

“Kami telah melihat selama beberapa tahun terakhir ekosistem kripto menjadi lebih tangguh dan kami percaya pada waktunya outlier yang menyalahgunakan dana pengguna akan disingkirkan oleh pasar bebas,” tambah Binance dalam cuitannya.

Binance mengakhiri penjelasan dengan menambahkan ekosistem akan diuntungkan oleh “kerangka peraturan” yang lebih kuat dan “desentralisasi yang lebih besar.” 

Nilai aset kripto turun karena berita dan seluruh ekonomi kripto hampir turun di bawah USD 800 miliar, setelah turun 10,56 persen selama 24 jam terakhir.

Bitcoin (BTC) turun di bawah USD 16.000 atau sekitar Rp 251 juta per unit pada Rabu malam menyusul berita tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.