Sukses

Rubel Digital Rusia Terintegrasi dengan Aplikasi Perbankan

Beberapa klien VTB Bank akan diizinkan untuk melakukan transaksi pengujian dengan rubel digital pada 2023

Liputan6.com, Jakarta - VTB telah menjadi bank Rusia pertama yang menambahkan rubel digital ke aplikasi selulernya. 

Mengutip Bitcoin, Minggu (13/11/2022), integrasi saat ini diuji dengan akun yang disiapkan untuk badan hukum. Pelanggan terpilih akan diberikan akses dalam beberapa bulan mendatang dan akan dapat mengikuti uji coba.

VTB Bank telah memimpin di antara lembaga keuangan di Rusia untuk mengembangkan fitur prototipe yang memungkinkan pengguna aplikasi perbankannya membuka rekening dan melakukan transfer dengan versi digital mata uang fiat nasional.

Beberapa klien akan diizinkan untuk melakukan transaksi pengujian dengan rubel digital pada 2023, menurut siaran pers bank.

"Pada tahap ini, kami sedang menguji pembukaan dompet untuk badan hukum, kami telah berhasil mendaftarkan badan hukum, menyiapkan dompet untuknya, dan membuat kode QR statis untuk membayar pembelian," kata Wakil Ketua Dewan Eksekutif VTB Vadim Kulik dalam RBC Crypto, dikutip dari Bitcoin, Minggu, 13 November 2022.

Selama Finopolis 2022, sebuah forum untuk teknologi keuangan yang inovatif, bank juga mendemonstrasikan fitur untuk membeli aset keuangan digital, atau koin dan token dengan penerbit berdasarkan hukum Rusia saat ini, dengan rubel digital. Ini akan tersedia untuk pelanggan tahun depan juga.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siap Luncurkan Fungsi Pertukaran

Bank juga bersiap untuk meluncurkan fungsi pertukaran yang akan memungkinkan konversi antara rubel digital dan uang elektronik biasa pada 2024.

Bank of Russia mempresentasikan konsep mata uang digital bank sentral (CBDC) pada Oktober 2020 dan menyelesaikan platform prototipe pada Desember 2021. Fase percontohan proyek dimulai pada Januari tahun ini.

Pada Mei, otoritas moneter mengumumkan rencananya untuk mulai menguji rubel digital dalam transaksi nyata antara pelanggan pada April 2023. 

Pada Juni, di tengah sanksi yang dijatuhkan atas invasi militer Rusia ke Ukraina, regulator mengatakan sedang mempercepat jadwal untuk proyek tersebut. Hal ini bertujuan untuk peluncuran penuh pada 2024.

Sekitar selusin bank komersial dan lembaga keuangan lainnya telah bergabung dalam uji coba tersebut.   Setelah uang tunai dan uang bank, rubel digital akan menjadi bentuk ketiga dari mata uang Rusia. Diharapkan memiliki sifat-sifat baik uang tunai maupun non-tunai rubel untuk memfasilitasi pembayaran online dan offline.

3 dari 4 halaman

Bank Sentral Rusia Percepat Jadwal Proyek Rubel Digital

Sebelumnya, Bank Sentral Rusia terus meningkatkan upaya untuk menguji dan menerbitkan rubel digital, dengan peta jalan untuk implementasi penuh dari bentuk baru fiat nasional yang sekarang diharapkan pada akhir 2023.

Uji coba dengan transaksi nyata dan pengguna dijadwalkan akan dimulai April mendatang, lebih awal dari yang direncanakan.

Melansir Bitcoin.com, Bank Sentral Federasi Rusia (CBR) akan mengembangkan peta jalan untuk pengenalan rubel digital pada akhir 2023, Wakil Ketua Pertama Bank Sentral Rusia Olga Skorobogatova mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Tass news agency, mengungkapkan tenggat waktu lebih awal dari yang ditetapkan sebelumnya.

Pejabat tinggi juga mencatat regulator bermaksud untuk memulai operasi pengujian dengan mata uang digital bank sentral Rusia (CBDC) dengan klien nyata pada awal April 2023, menunjukkan rencana ini telah disesuaikan juga. Skorobogatova menekankan tahun depan akan menjadi sangat penting untuk proyek.

"Pengujian operasi nyata akan memberi kita kesempatan untuk memahami apa yang perlu diubah dan diingat, apa yang harus disempurnakan, apa yang harus diubah. Kami ingin mengembangkan peta jalan untuk pengenalan rubel digital pada akhir tahun depan,” ungkapnya dikutip dari Bitcoin.com, Minggu (26/6/2022).

Deputi gubernur mencontohkan, saat ini ada 12 bank yang ikut serta dalam uji coba. Tiga bank lainnya ingin bergabung dalam uji coba dan otoritas moneter telah menerima aplikasi dari beberapa organisasi non-keuangan juga.

4 dari 4 halaman

Sistem Keuangan Rusia Lebih Mandiri

Olga Skorobogatova mengatakan, terlalu dini untuk membicarakan hasil dari tahap saat ini karena para peserta bergerak dengan kecepatan yang berbeda. 

"Tetapi lebih dari separuh bank dalam kelompok percontohan mengalami kemajuan dengan sangat baik, kami memenuhi tenggat waktu yang ditentukan,” katanya.

Pentingnya proyek CBDC telah meningkat di tengah meningkatnya sanksi Barat atas invasi militer Rusia ke Ukraina. Eksekutif menambahkan bank sentral harus melakukan interaksi lintas batas antara rubel digital dan mata uang digital negara lain untuk membuat sistem keuangan Rusia lebih mandiri.

“Menurut pendapat saya, semua negara yang menghargai diri sendiri akan memiliki mata uang digital nasional dalam waktu tiga tahun. Dan kita perlu membangun kerja sama lintas batas ke arah itu juga,” komentar Skorobogatova. 

“Yang pasti kami harus siap sesegera mungkin. Plus, ini antara lain menyelesaikan masalah dengan SWIFT, karena dengan integrasi seperti itu, SWIFT tidak diperlukan lagi,” ujar dia.

Bank Rusia mempresentasikan konsep rubel digital dalam laporan yang diterbitkan pada Oktober 2020. Platform prototipe CBDC diselesaikan pada Desember 2021 dan fase percontohan dimulai pada Januari 2022.

Sebagai bagian dari uji coba, CBR dan bank komersial Rusia berencana untuk menguji berbagai jenis pembayaran dengan rubel digital, termasuk penyelesaian untuk transaksi real estat, harian Izvestia baru-baru ini meluncurkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.