Sukses

Grup Wir dan ROOT M&C Hadirkan Konten Hiburan di Metaverse Nusameta

Revolusi digital mengubah lingkungan produksi konten media.

Liputan6.com, Jakarta - PT WIR Asia Tbk (Grup WIR), perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) di Asia Tenggara berkolaborasi dengan ROOT M&C Co, Ltd mengembangkan konten entertainment berbasis metaverse yang akan memperkaya ekosistem Nusameta.

ROOT M&C Co merupakan perusahaan konten asal Korea Selatan yang memiliki spesialisasi dalam pengembangan konten realistis dan broadcasting production berbasis teknologi web 3.0.

Direktur Utama ROOT M&C, Park Jung Hoon mengatakan revolusi digital mengubah lingkungan produksi konten media dengan cepat seiring dengan berkembangnya teknologi virtual reality (VR), augmented reality (AR), dan extended reality (XR), serta teknologi IT seperti komunikasi seluler 5G menuntut hadirnya konten yang lebih impresif dan dinamis.

“Melalui kerja sama ini kami akan menghadirkan program baru serta memberikan pengalaman yang lebih imersif dan impresif kepada pemirsa dengan menggabungkan teknologi produksi virtual yang dapat mendukung sektor pendidikan dan hiburan” ujar Hoon dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (11/11/2022).

Chief Marketing and Sales Officer Grup WIR, Gupta Sitorus menilai kerja sama ini dapat mendukung filosofi Grup WIR bukan hanya menghadirkan teknologi yang inklusif namun juga inovatif serta kreatif sehingga dorongan publik untuk peningkatan produksi akan semakin baik hasilnya dari tahun ke tahun.

“WIR Group menyambut hangat kolaborasi dengan ROOT M&C Co, diharapkan kolaborasi ini  dapat meningkatkan implementasi teknologi yang lebih imersif pada berbagai bidang,” kata Gupta.

Gupta menambahkan, Grup WIR memiliki kemampuan membangun dan mengembangkan teknologi Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan Artificial Intelligence (AI), sehingga kolaborasi dengan perusahaan Korea ini dapat menghadirkan sinergi positif yang mendukung pengembangan konten metaverse yang dikembangkan oleh Nusameta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Game Besutan Anak Usaha Grup WIR Hadir di Allianz Asia Summit 2022

Sebelumnya, AR&Co anak usaha PT WIR ASIA Tbk (Grup WIR), kembali mendapatkan kepercayaan dari Allianz Indonesia untuk bekerja sama mendukung perusahaan asuransi global ini dalam event tahunan Allianz Asia Summit 2022 di Singapura tanggal 7 Oktober 2022.  

Dalam event yang diikuti perwakilan Allianz dari 9 negara, antara lain China, Indonesia, Malaysia, Singapura, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, Filipina, dan Laos ini, Allianz Indonesia berkolaborasi AR&Co menghadirkan game hasil pengembangan teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality bernama “RUN & CHANGE” yang selaras dengan strategi Allianz Indonesia saat ini, yaitu Run & Change.

Games interaktif “RUN & CHANGE” yang proses pengerjaannya oleh AR&Co membutuhkan waktu 1,5 bulan ini, melibatkan suara yang didapat dari clappers untuk mendapatkan skor tinggi. 

Chief Sales dan Marketing Officer Grup WIR, Gupta Sitorus, menjelaskan semakin banyak peserta yang ikutan, suara clappers yang dihasilkan akan semakin keras dan avatar dalam games akan berlari lebih kencang dan lebih lama sehingga bisa mencapai skor yang lebih tinggi.

“Merupakan sebuah kebanggaan untuk menampilkan karya anak bangsa yang mana ketika game ini mampu menyedot perhatian banyak peserta, minat pengunjung untuk mengetahui kemampuan teknologi di Indonesia semakin meluas,” ujar Gupta, dalam siaran pers, dikutip Senin (17/10/2022).

Gupta menjelaskan, Game besutan AR&Co  ini pada pelaksanaannya mampu menjadi element customer engagement yang impresif dan mengantarkan booth Allianz Indonesia sebagai booth paling ramai, paling seru dan paling fun, karena jadi kompetisi yang seru sebagai fun games antar negara peserta. 

“Dalam games tersebut, peserta dapat memilih salah satu avatar, lalu peserta dipersilakan untuk memilih salah satu bendera dari negara-negara peserta Allianz Asia Summit 2022 sebagai identitasnya,” jelas Gupta.

3 dari 4 halaman

Strategi Baru Allianz

Head of Corporate Communications Allianz Indonesia, Wahyuni Murtiani menuturkan, melalui game interaktif ini Allianz Indonesia ingin menunjukkan melalui strategi baru, yaitu Run & Change.

“Kami konsisten bertransformasi dan menghadirkan inovasi produk asuransi, terus mengembangkan sumber daya manusia yang kami miliki, serta memberikan solusi dan layanan dan pengalaman terbaik bagi nasabah,” tutur Wahyuni.

Wahyuni menambahkan, karakter yang berlari dalam game mewakili Allianz dalam menjalankan bisnis (running the business) dalam mencapai target. Agar karakter dapat terus jauh berlari, para partisipan dapat mengajak banyak teman untuk bermain, hal ini merepresentasikan dengan bekerja sama bisa membuat perubahan yang lebih besar.

 

4 dari 4 halaman

WIR Asia Bakal Ekspansi pada Tiga Unit Ini

Sebelumnya, PT WIR Asia Tbk (WIRG) atau grup WIR berencana ekspansi ke depan dengan berintegrasi.

Direktur Utama grup WIR, Michael Budi menuturkan, pihaknya berencana melakukan ekspansi dari tiga unit, yakni DAV, virtual store dan mind store, serta Nusameta. 

“Ekspansi sudah pasti ada di papan kami, dari tiga unit, ekspansi yang kami lakukan cukup beda, namun terintegrasi,” kata Michael dalam Public Expose WIRG, Jumat (30/9/2022).

Pertama, untuk unit DAV, WIR Group akan memperbanyak penyebaran mesin di kota tier 2,3, dan 4. 

“Pertama, unit kami yang DAV, memperbanyak penyebaran mesin kami di kota tier 2 3 4, di kota2 itu, internet coverage. Sehingga teknologi ini bisa lebih cepat jauh dari smart kios,” kata dia.

Kedua, ekspansi akan dilakukan untuk virtual store dan mind store dari WIR Group.

“Ekspansi di virtual store dan mind store kami. Saat ini kami melakukan implementasi, menambah partner,” ujar dia.

Ketiga, Nusameta ini merupakan salah satu unit yang belum ada di dalam pipeline Perseroan saat melakukan IPO, karena kebutuhan yang ada unit ini diluncurkan. 

“Karena kebutuhan yang ada, Nusameta ini kami luncurkan. Jadi kalau dilihat sektor yang kami targetkan agak sedikit berbeda-beda,” kata Michael.

Dia juga menegaskan, teknologi yang dikembankan WIR Group akan menjangkau berbagai kalangan. 

"Mind store ke ini ke ibu-ibu, Nusameta ini ke kalangan muda, generasi baru. Teknologi ini akan merambah berbagai sektor dan usia,” imbuhnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.