Sukses

Pertukaran Kripto Coinbase Berhentikan 60 Karyawan

CEO Brian Armstrong sebelumnya mengatakan Coinbase harus membersihkan tenaga kerjanya.

Liputan6.com, Jakarta - Coinbase memberhentikan lebih dari 60 staf di departemen perekrutan dan orientasi institusionalnya. PHK Coinbase terbaru ini terjadi hanya lima bulan setelah bursa memberhentikan 18 persen stafnya untuk mempersiapkan musim dingin kripto.

Dilansir dari Decrypt, Jumat (11/11/2022), CEO Brian Armstrong sebelumnya mengatakan Coinbase harus membersihkan karyawannya. Putaran PHK terbaru Coinbase adalah tanda pertukaran masih mencoba untuk memotong biaya di pasar bearish atau koreksi yang sedang berlangsung.

Pada Juni, Coinbase juga membekukan proses perekrutan dan membatalkan tawaran pekerjaan yang telah diberikan kepada kandidat, beberapa di antaranya kemudian mengungkapkan rasa frustrasi mereka secara online.

Coinbase tampaknya tengah berjuang di pasar beruang ini pendapatan kuartalannya turun 28 persen dan volume perdagangan turun 27 persen selama Q3 tahun ini. Saham Coinbase juga turun hampir 80 persen tahun ini dan turun 27,4 persen bulan ini.

Pertukaran itu juga baru saja kehilangan Chief Product Officer-nya, Surojit Chatterjee, yang merupakan mantan pekerja Google tiga tahun lalu. Chatterjee mengambil cuti dan akan menjadi penasihat Armstrong hingga setidaknya Februari 2023, menurut pengarsipan Coinbase dengan SEC.

Di tengah berita buruk dari pertukaran kripto FTX, Armstrong mengatakan Coinbase tidak memiliki eksposur terhadap pertukaran saingan yang runtuh, FTX atau perusahaan saudaranya Alameda Research.

Dan Ark Invest Cathie Wood tampaknya tertarik dengan saham Coinbase meskipun anjlok tahun ini. Perusahaan membeli saham COIN senilai USD 21,4 juta awal pekan ini.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Coinbase Kritik Aturan Kripto Singapura, Ada Apa?

Sebelumnya, Co-founder dan CEO platform pertukaran kripto yang berbasis di AS Coinbase, Brian Armstrong, mengatakan Singapura ingin menjadi regulator yang berwawasan ke depan, tetapi tidak menyambut perdagangan kripto.

Hal itu terkait beberapa pernyataan dari pemerintah Singapura dan regulasi kripto di negara tersebut. 

Singapura telah berulang kali memperingatkan cryptocurrency sangat spekulatif dan tidak stabil setelah banyak investor ritel kehilangan sebagian besar tabungan mereka. Singapura juga telah melarang iklan kripto di area publik dan di media sosial. 

“Singapura ingin menjadi pusat Web3, tetapi secara bersamaan mengatakan, mereka tidak benar-benar akan mengizinkan perdagangan ritel atau dompet yang dihosting sendiri,” ujar Armstrong di Singapore FinTech Festival 2022, dikutip dari CNBC, Sabtu (5/11/2022).

Menurut Amstrong, hal itu tidak sesuai dan dia ingin melihat Singapura merangkul perdagangan ritel dan dompet yang dihosting sendiri. 

 

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Coinbase sendiri telah menerima persetujuan prinsip dari MAS untuk menawarkan layanan token pembayaran digital di negara-kota.

Sejauh ini, Singapura baru memberikan 17 persetujuan prinsip dan lisensi setelah melalui proses seleksi yang ketat setelah 180 aplikasi. Binance dilaporkan menarik aplikasinya untuk beroperasi di Singapura awal tahun ini.

Sebagai tanggapan, Mohanty dari Otoritas Moneter Singapura mengatakan investor ritel hari ini terkena risiko yang tidak mereka pahami dalam investasi kripto. Mohanty kemudian menantang Armstrong untuk menyebutkan peraturan yang menurutnya harus ditinjau ulang.

“Kripto tidak boleh diperlakukan dengan kerugian, mereka harus diperlakukan sama dengan peraturan jasa keuangan lainnya,” ujar Mohanty.

Mohanty menambahkan, sebagai regulator tidak khawatir dengan protokol internet, tetapi peduli dengan pelanggan yang pergi ke bank. Bank bertanggung jawab untuk memastikan mereka melindungi pelanggan mereka.

4 dari 4 halaman

Regulator Thailand Perketat Aturan Iklan Terkait Kripto

Diberitakan sebelumnya, Komisi Sekuritas dan Bursa Thailand telah meluncurkan aturan baru tentang periklanan untuk perusahaan cryptocurrency setelah industri tersebut mendapat pengawasan yang lebih ketat dari pihak berwenang.

"Aturan baru tersebut mengharuskan perusahaan kripto menunjukkan risiko investasi kripto dalam iklan dan memberikan pandangan yang seimbang tentang potensi risiko dan keuntungan,” ujar lembaga itu dalam sebuah pengumuman dikutip dari Channel News Asia, Rabu (21/9/2022). 

Selain itu, perusahaan harus memberikan rincian iklan dan pengeluaran termasuk penggunaan influencer dan blogger kepada lembaga itu termasuk persyaratan dan kerangka waktu.

Perusahaan kripto memiliki waktu 30 hari untuk memenuhi semua persyaratan ini dalam iklannya yang telah meluncur. 

Perusahaan kripto di Thailand banyak beriklan di media digital dan papan iklan yang mempromosikan industri ini juga dapat dilihat di seluruh ibu kota Bangkok. Regulator Thailand dalam beberapa hari terakhir juga telah memberikan denda kepada perusahaan kripto, dengan operasi banyak perusahaan yang dilanda kemerosotan global dalam nilai mata uang digital.

Seorang eksekutif dari operator lokal, Bitkub Samret Wajanasathian, didenda 8,5 juta USD 231.670 atau setara Rp 3,4 miliar minggu ini terkait kasus perdagangan orang dalam. Samret mengatakan dia akan mengajukan banding atas keputusan tersebut.

Perusahaan kripto saingannya, Zipmex yang berfokus di Asia, didenda 1,92 juta baht Thailand  pada Rabu karena menangguhkan penarikan pada akhir Juli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.