Sukses

Jaksa Korea Selatan Temukan Bukti Do Kwon Manipulasi Harga LUNA Coin

Berita itu ditemukan oleh mantan pegawai Terraform Labs yang dikenal dengan nama Fatman.

Liputan6.com, Jakarta - Laporan lokal dari Korea Selatan pada Kamis, 3 November 2022 mengungkapkan jaksa Korea diduga telah menemukan bukti yang menunjukkan CEO Terraform Labs, Do Kwon dan rekannya memanipulasi harga LUNA, token kripto asli Terra. 

Laporan itu juga mengatakan jaksa Korea Selatan percaya Do Kwon saat ini tengah bersembunyi di Eropa. 

Berita itu ditemukan oleh mantan pegawai Terraform Labs yang dikenal dengan nama Fatman, seorang individu yang telah menerbitkan tuduhan memberatkan terhadap Kwon dan rekan Terraform Labs selama beberapa bulan terakhir. 

“Jaksa Korea telah memperoleh percakapan pribadi antara Do Kwon dan seorang karyawan di mana dia memberi perintah untuk memanipulasi harga pasar LUNA,” tulis Fatman di Twitter, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (4/11/2022).

Fatman membagikan artikel KBS News, yang merangkum berita yang sama dengan yang dijelaskan pelapor dalam tweet. 

Berbicara dengan reporter KBS News, Lee Do-Yoon, pejabat Kantor Kejaksaan Korea Selatan mengatakan tidak dapat mengungkapkan detailnya, tetapi ada riwayat percakapan di mana Kwon secara khusus memerintahkan manipulasi harga.

Do Kwon Jadi Imigran Ilegal

Berita tersebut mengikuti laporan aset kripto senilai USD 40 juta atau sekitar Rp 629,6 miliar yang diduga dibekukan oleh otoritas Korea Selatan. Aset dilaporkan berasal dari pertukaran kripto Kucoin dan Okex. 

Kwon, bagaimanapun, membantah penyitaan itu adalah dananya dan dia mengatakan dia tidak menggunakan platform perdagangan itu. Kwon juga telah berulang kali mengatakan kepada publik dia tidak berusaha untuk bersembunyi.

Artikel KBS News yang ditulis oleh Lee Do-Yoon mengatakan Kwon mungkin bersembunyi di Dubai, tetapi reporter itu juga menambahkan dia tinggal di wilayah itu secara ilegal.

“Do Kwon sekarang adalah imigran ilegal, di mana pun dia berada, di negara mana pun, dan dia tidak dapat melakukan perjalanan secara legal antar negara,” terjemahan editorial KBS News Lee Do-Yoon menjelaskan.

Selain laporan dari KBS News, yang mengklaim jaksa Korea Selatan memiliki bukti terhadap Kwon, salah satu pendiri Terra dan rekanan seperti anggota Luna Foundation Guard (LFG) dan Nikolaos Alexandros Platias telah disebutkan dalam gugatan class action.

Gugatan tersebut berasal dari Singapura dan penggugat berusaha untuk menuntut ganti rugi sebesar USD 57 juta. Kasus pengadilan berasal dari 359 investor multinasional yang mengklaim mereka menderita kesulitan keuangan akibat runtuhnya ekosistem kripto Terra.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Buronan, Interpol Keluarkan Red Notice untuk Pendiri Terra Do Kwon

Sebelumnya, pihak berwenang Korea Selatan mengatakan organisasi polisi internasional (Interpol) telah mengeluarkan red notice atau peringatan merah untuk salah satu pendiri Terraform Labs, Do Kwon.

Kwon telah didakwa melanggar aturan pasar modal di Korea Selatan dan menghadapi tantangan hukum di berbagai yurisdiksi. Menurut pesan teks jaksa Korea Selatan, pemberitahuan merah untuk co-founder Terraform Labs kini telah dikeluarkan, yang berarti lembaga penegak hukum di seluruh dunia sekarang akan bekerja sama untuk menemukan dan menangkap pendiri kripto.

Pemberitahuan merah Interpol dikeluarkan untuk buronan yang dicari baik untuk penuntutan atau untuk menjalani hukuman, bertindak sebagai permintaan kepada penegak hukum di seluruh dunia untuk menemukan dan untuk sementara menangkap seseorang yang menunggu ekstradisi, penyerahan, atau tindakan hukum serupa.

Meskipun begitu, pada saat penulisan, Kwon belum muncul di daftar red notice Interpol, yang menampilkan total 7. 512 nama. Dilansir dari Decrypt, Interpol mengatakan tidak mengomentari kasus dan individu tertentu. 

“Harap dicatat secara terpisah sebagian besar Red Notice tidak dipublikasikan dan dibatasi untuk penggunaan penegakan hukum saja,” ujar pihak Interpol, dikutip dari Decrypt, Selasa (27/9/2022). 

Pihak Berwenang Memburu Kwon

Kwon, bersama dengan salah satu pendiri Terraform Labs Daniel Shin, adalah orang kunci di balik stablecoin algoritma TerraUSD, yang pernah menjadi aset terbesar kesembilan di industri berdasarkan kapitalisasi pasar, dan token saudaranya LUNA.

3 dari 4 halaman

Memburu Do Kwon

Ekosistem Terra hancur pada Mei tahun ini, mengakibatkan kerugian besar di pasar kripto, dengan lebih dari USD 40 miliar atau setara Rp 609,2 triliun kekayaan investor musnah dalam hitungan beberapa minggu.

Sebelumnya, Jaksa Korea Selatan mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Kwon pada 14 September. Mereka juga meminta kementerian keuangan untuk membatalkan paspornya. Ini diikuti oleh permintaan Interpol untuk mengeluarkan red notice terhadap Do Kwon

Menurut jaksa Korea Selatan, Kwon berangkat ke Singapura pada akhir April, tetapi keberadaannya masih belum jelas. Polisi Singapura mengatakan awal bulan ini dia tidak berada di negara kota itu.

Terakhir kali Kwon muncul di media sosial adalah pada 17 September, ketika dia muncul ke Twitter untuk mengatakan dia tidak dalam pelarian atau hal serupa. 

Dia juga sempat mengatakan untuk setiap lembaga pemerintah yang telah menunjukkan minat untuk berkomunikasi dan tidak menyembunyikan apapun.

4 dari 4 halaman

Kementerian Luar Negeri Korsel Bakal Cabut Paspor Pendiri Terra Do Kwon

Menurut sebuah laporan lokal yang berasal dari Korea Selatan, kementerian luar negeri negara itu berusaha untuk membatalkan paspor salah satu pendiri Terraform Labs Do Kwon. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Rabu (21/9/2022), laporan itu diterbitkan sehari setelah dilaporkan Kantor Kejaksaan Distrik Selatan Seoul mengeluarkan surat perintah penangkapan Kwon. 

Pada Rabu, 14 September 2022, ada laporan tentang Do Kwon yang diterbitkan oleh Forkast News yang mengatakan pejabat Korea Selatan mengeluarkan surat perintah penangkapan Kwon. 

Kwon diyakini tinggal di Singapura saat ini dan dalam beberapa wawancara baru-baru ini, salah satu pendiri Terraform Labs mengatakan dia “hancur” ketika proyek kripto-nya runtuh.

Namun, Kwon telah dituduh melakukan tindakan curang seperti diduga menguangkan USD 2,7 miliar atau sekitar Rp 40,3 triliun sebelum kedua koin proyeknya UST dan Luna runtuh. 

Kwon, Terraform Labs, dan rekan-rekannya juga menghadapi gugatan class action karena diduga menjual sekuritas yang tidak terdaftar. Menyusul surat perintah penangkapan yang dilaporkan untuk Kwon, hari berikutnya surat kabar Korea Selatan Munhwa menerbitkan berita yang mengatakan paspor Kwon mungkin bermasalah.

Menurut laporan Munhwa, Kementerian Luar Negeri Korea Selatan dilaporkan akan mencabut paspor Do Kwon. Reporter lokal mencatat dalam laporan proses pembatalan paspor bisa memakan waktu hingga 30 hari.

Editorial Munhwa juga mencatat pejabat penegak hukum Korea Selatan ingin Kwon kembali ke Korea Selatan untuk diinterogasi.

Selama wawancara selama satu jam dengan coinage.media yang diterbitkan pada pertengahan Agustus, Kwon mengatakan pejabat Korea Selatan belum menghubunginya tentang penyelidikan apa pun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.