Sukses

62 Persen Investor Dogecoin Raih Untung Selama Akuisisi Twitter Elon Musk

Dogecoin berhasil mengalahkan dua kripto teratas Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH) dari sisi pemberi keuntungan.

Liputan6.com, Jakarta - Akuisisi Twitter oleh CEO Tesla dan miliarder Elon Musk telah memberi keuntungan bagi 62 persen investor Dogecoin (DOGE) di tengah spekulasi pembelian Twitter Musk akan positif untuk token meme tersebut.

Dilansir dari Cointelegraph, Jumat (4/11/2022), harga DOGE naik pada 26 Oktober ketika pengusaha miliarder Elon Musk mengubah bio Twitter-nya menjadi "Chief of Twit”.

Pada hari yang sama, dia mengunjungi kantor pusat Twitter yang berbasis di San Francisco sebelum secara resmi menutup kesepakatan sebagai pemilik baru pada 28 Oktober.

Menurut data dari platform intelijen blockchain IntoTheBlock, kenaikan harga Dogecoin yang disebabkan akuisisi Twitter telah membuat sebanyak 62 persen pemegang DOGE mendapat keuntungan dengan harga saat ini.

IntoTheBlock juga menunjukkan Dogecoin berhasil mengalahkan dua kripto teratas Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH) yang hanya memberi keuntungan untuk 50 persen pemegangnya.

Akuisisi Twitter juga telah memicu kapitalisasi pasar DOGE untuk melampaui token asli platform kontrak pintar Cardano dan Solana menjadi cryptocurrency terbesar ke-8 di dunia dengan kapitalisasi pasar USD 16,3 miliar atau sekitar Rp 255,6 triliun.

Hubungan antara pembelian Twitter Musk dan lonjakan harga DOGE yang besar seharusnya tidak mengejutkan karena banyak investor Dogecoin memiliki harapan besar untuk Musk. Musk sendiri dijuluki The Dogefather oleh para pendukung DOGE.

Pada Januari 2022, Tesla mulai menerima DOGE sebagai metode pembayaran untuk pembelian barang dagangan, dengan Musk juga mengisyaratkan untuk melakukan hal yang sama di SpaceX pada Mei 2022.

Perusahaan kendaraan listrik juga mulai menerima pembayaran berbasis Bitcoin untuk mobilnya pada Januari 2021, meskipun CEO berpandangan Dogecoin lebih cocok untuk transaksi pada Desember 2021.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Harga Kripto Jumat 4 November 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada perdagangan Jumat (4/11/2022). Mayoritas kripto kembali menguat setelah sempat melemah tersengat sentimen The Fed.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Jumat, 4 November 2022 pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali menguat 0,38 persen dalam 24 jam, tetapi masih melemah 0,71 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 20.203 per koin atau setara Rp 318,3 juta (asumsi kurs Rp 15.756 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga kembali menguat pagi ini. ETH naik 1,16 persen dalam 24 jam dan 0,86 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.531 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) turut naik. Dalam 24 jam terakhir BNB menguat 4,19 persen dan 0,98 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 333,43 per koin. 

Kemudian Cardano, berhasil menghijau. Dalam satu hari terakhir ADA melesar 1,46 persen dan 0,55 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,3905 per koin.

 

 

3 dari 5 halaman

Harga Kripto Lainnya

Adapun Solana (SOL) kembali bertengger di zona hijau dengan penguatan satu hari terakhir SOL sebesar 1,24 persen dan 1,31 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 31,06 per koin.

Sedangkan XRP juga berhasil pulih. XRP tumbuh 0,79 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih ambles 1,26 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,4561 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) pada pagi ini harus rela mengakhiri reli Dalam satu hari terakhir DOGE terkoreksi 0,30 persen, tetapi masih meroket 64,88 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level USD 0,1277 per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam alami penguatan dan kembali ke level USD 1 triliun dari sebelumnya di level USD 992,7 miliar.

4 dari 5 halaman

Trader Ini Sebut Tren Pasar Pelemahan Dogecoin Telah Berakhir

Sebelumnya, trader ternama, Peter Brandt mengatakan pasar bearish atau menurun kripto Dogecoin yang dimulai pada Mei tahun lalu telah berakhir. Komentarnya muncul ketika harga dogecoin melonjak setelah CEO Tesla Elon Musk mengakuisisi platform media sosial Twitter.

Brandt telah menjadi pedagang berjangka dan karir FX sejak 1975. Dia memperdagangkan berbagai pasar, termasuk Dow futures, obligasi, jagung, minyak mentah, gandum Eropa, Osaka Dow, dolar AS, dan gula.

Brandt membuat sebuah cuitan yang berisi grafik untuk Dogecoin. Grafik itu menunjukkan tanda dimana pasar beruang untuk Dogecoin sudah berakhir. 

“Ini disebut saluran beruang, pelanggaran sisi atas yang telah mengakhiri pasar beruang yang dimulai pada tertinggi Mei 2021,” cuit Brandt dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (3/11/2022).

Namun, Brandt menindak lanjuti dengan tweet lain, memperingatkan para trader untuk tidak jatuh pada kesalahan umum dengan mengasumsikan akhir pasar beruang secara otomatis berarti pasar banteng telah dimulai. 

"Kesalahan umum yang dilakukan oleh pemula dan calon trader adalah mengasumsikan akhir dari fase bearish dari pasar secara otomatis merupakan sinyal pasar bull telah dimulai. Asumsi ini paling sering salah," ujar Brandt.

5 dari 5 halaman

Lonjakan Harga Dogecoin

Beberapa orang membalas tweetnya, menunjukkan pola itu bisa menjadi palsu dan periode konsolidasi berikutnya dapat menentukan ke mana arah harga dogecoin sebenarnya. Banyak yang percaya pompa DOGE baru-baru ini adalah "efek Elon", yang berasal dari CEO Tesla yang membeli Twitter.

Harga dogecoin mulai melonjak setelah Elon Musk mengakuisisi Twitter. Miliarder, yang dikenal di komunitas dogecoin sebagai Dogefather, menyelesaikan akuisisi raksasa media sosial itu pada Kamis. Di masa lalu, dukungannya terhadap meme cryptocurrency sering mendorong harga DOGE.

Musk sebelumnya mengungkapkan ia memiliki tiga cryptocurrency yaitu bitcoin, ether, dan dogecoin. CEO Tesla mengkonfirmasi pada Juni ia akan terus membeli dan mendukung DOGE, menyatakan pada beberapa kesempatan koin meme memiliki potensi sebagai mata uang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.