Sukses

Ritel Grosir Terbesar di Afrika Selatan Kini Terima Pembayaran Kripto

Perusahaan menjalankan fase pertama uji coba di 10 toko provinsi.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu ritel grosir terbesar di Afrika Selatan, Pick n Pay, sedang memperluas untuk menambahkan cryptocurrency sebagai opsi pembayaran ke lebih banyak toko setelah berhasil menyelesaikan fase pertama.

Pengumuman itu muncul beberapa minggu setelah Otoritas Perilaku Sektor Keuangan secara resmi menyatakan aset kripto sebagai produk keuangan di Afrika Selatan, memungkinkan mereka untuk diatur dan membuka jalan bagi cryptocurrency untuk menjadi metode pembayaran utama.

Cryptocurrency semakin banyak digunakan oleh mereka yang kurang terlayani oleh sistem perbankan tradisional, atau oleh mereka yang ingin membayar dan menukar uang dengan cara yang lebih murah dan sangat nyaman,” kata Pick n Pay, dikutip dari Channel News Asia, Kamis (3/11/2022).

Perusahaan menjalankan fase pertama uji coba di 10 toko provinsi Western Cape selama lima bulan terakhir dengan penguji yang telah dipilih sebelumnya. 

Sekarang telah diperluas ke 29 toko lebih lanjut untuk pengujian dengan pelanggan, dengan maksud untuk meluncurkannya ke semua toko dalam beberapa bulan mendatang, kata Pick n Pay.

Pick n Pay bermitra dengan Electrum dan CryptoConvert pada uji coba terbarunya. Platform pembayaran Electrum menghubungkan Cryptoconvert dan Pick n Pay, memungkinkan pelanggan membayar dengan teknologi Bitcoin Lightning.

Pendiri CryptoConvert, Carel van Wyk mengatakan saat ini pembayaran kripto masih dalam masa pertumbuhan di Afrika Selatan.

“Meskipun masih dalam masa pertumbuhan di Afrika Selatan, tetapi kami sudah melihat adopsi di bagian masyarakat kami yang sebelumnya tidak memiliki akses ke sistem keuangan tradisional," kata Wyk.

Adopsi kripto sebagai alat pembayaran saat ini semakin berkembang. Beberapa merek besar mulai menjajaki pembayaran kripto. Belum lama ini, raksasa teknologi Google akan mengandalkan Coinbase untuk pelanggan membayar layanan cloud dengan cryptocurrency di awal 2023, sementara Coinbase juga mengatakan akan memanfaatkan infrastruktur cloud Google.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertukaran Kripto Deribit Diretas, Kerugian Sentuh Rp 438,9 Miliar

Sebelumnya, pertukaran kripto, Deribit mengalami peretasan keamanan pada Selasa (1/11/2022) sekitar tengah malam waktu setempat, dengan peretas menghasilkan hampir USD 28 juta atau sekitar Rp 438,9 miliar dari dompet perusahaan.

Dilansir dari Yahoo Finance, Kamis (3/11/2022), Deribit sering menggunakan dengan apa yang disebut dompet panas untuk memproses penarikan secara instan. Namun, jenis dompet ini memiliki risiko tinggi, karena kunci pribadinya disimpan di server perusahaan untuk menandatangani transaksi penarikan.

Dalam sebuah pernyataan di Twitter, pertukaran kripto yang berbasis di Panama menyatakan dompet panas mereka diretas senilai USD 28 juta, tetapi aset klien dan alamat penyimpanan lain tidak terpengaruh.

Sementara hampir USD 28 juta telah dicuri oleh peretas, Deribit mencatat peretasan diisolasi ke dompet panas BTC, ETH, dan USDC mereka. 

Peretas menghasilkan 691 Bitcoin dan 9.111,59 ETH dari peretasan, dengan USDC yang ditangkap dengan cepat dikonversi ke Ethereum. Dana tersebut sekarang disimpan di dua dompet di Bitcoin dan Ethereum. 

Perusahaan telah meyakinkan pengguna mereka masih dalam posisi yang sehat secara finansial dan cadangannya menutupi kerugian tanpa mempengaruhi dana asuransi.

Deribit Jeda Penarikan

Deribit menyatakan mereka sedang melakukan pemeriksaan keamanan berkelanjutan dan telah menghentikan penarikan dari bursa. Perusahaan juga telah menyarankan untuk tidak menyetorkan dana baru. 

Deribit mengatakan setoran yang sudah dikirim akan tetap diproses, dan setelah jumlah konfirmasi yang diperlukan, mereka akan dikreditkan ke akun. Deribit juga menjadi korban kebangkrutan perusahaan investasi Three Arrows Capital (3AC).

3 dari 4 halaman

8.000 Dompet Kripto Solana Diretas, Kerugian Ditaksi hingga Rp 74,4 Miliar

Sebelumnya, proyek kontrak pintar Solana mengalami masalah setelah ditemukan hampir 8.000 dompet berbasis Solana telah disusupi oleh peretas. Solana meminta pemilik dompet yang menjadi korban untuk menyelesaikan survei dan tim menekankan sedang menyelidiki akar masalahnya.

Pengembang dan korban Solana menemukan eksploitasi pada Selasa malam waktu setempat dan metode serangan peretas saat ini tidak diketahui. Perusahaan keamanan blockchain Peckshield mencatat kemungkinan eksploitasi berasal dari serangan rantai pasokan. 

Pendiri dan CEO Solana Labs, Anatoly Yakovenko juga menyatakan eksploitasi kemungkinan berasal dari serangan rantai pasokan.

"Sepertinya serangan rantai pasokan iOS. Beberapa dompet masuk akal yang hanya menerima sol dan tidak memiliki interaksi di luar penerimaan telah terpengaruh. Android tampaknya juga terpengaruh,” jelas Yakovenko, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (4/8/2022).

Semua cerita korban yang dikonfirmasi sejauh ini memiliki kunci yang diimpor atau dibuat di ponsel. Sebagian besar laporan adalah dompet Slope, tetapi beberapa pengguna dompet Phantom juga.

Saat ini, jumlah dana yang dicuri dari peretasan juga tidak diketahui, karena perusahaan keamanan Anchain memperkirakan peretasan itu berhasil mencuri USD 5 juta (Rp 74,4 miliar) dan perkiraan Peckshield sekitar USD 8 juta. 

 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Akun Twitter Solana menjelaskan apa yang ditemukan tim Solana selama ini dan kelanjutan penyelidikan kasus ini. 

“Insinyur dari berbagai ekosistem, dengan bantuan beberapa perusahaan keamanan, sedang menyelidiki dompet yang terkuras di Solana,” tulis tim Solana. 

Tim Solana juga meninggalkan survei untuk para korban yang menanyakan sejumlah pertanyaan spesifik seperti alamat mana yang terpengaruh oleh eksploitasi dan jenis dompet apa yang dimanfaatkan pengguna. 

Korban juga perlu merinci kapan tepatnya mereka mengunduh dompet dan apakah dompet itu versi iOS, versi Android, atau Windows, Mac, atau versi browser.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.