Sukses

383 Token Terdaftar di Bappebti, 10 Buatan Lokal

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga kembali menegaskan kripto bukanlah mata uang, tetapi aset atau komoditas.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga sampaikan dukungan teknologi blockchain (rantai blok) agar dapat memberikan pengaruh yang luas dan intensif di berbagai sektor dan aspek kehidupan sehingga dapat menjadi bagian penting ekonomi digital di Indonesia.

Hal ini diungkapkan Wamendag Jerry pada sambutannya dalam Blockchain Ecosystem Conference yang digelar di ICE BSD, Tangerang, Banten pada, Rabu, 19 Oktober 2022, Konferensi bertema “Blockchain Techonology to Support Trade in Indonesia”.

Pada kesempatan itu, Jerry kembali menegaskan kripto bukanlah mata uang, tetapi aset atau komoditas yang bisa diperdagangkan. Karena itu, ekosistem kripto harus terus dikembangkan.

“Aset kripto harus diatur, dilembagakan, dan berada di bawah peraturan pemerintah. Di Indonesia, kripto diatur sebagai aset (cryptoassets) atau komoditas, bukan sebagai mata uang (cryptocurrency). Selain mengatur, pemerintah juga berkomitmen terus mensosialisaikan hal tersebut," ujar Jerry dalam siaran pers, dikutip Selasa (1/11/2022).

Wamendag mengatakan, kripto dan rantai blok akan memiliki pengaruh yang luas dan intensif di berbagai sektor. Sebab, aset kripto dapat mengubah pola regulasi ekonomi perdagangan lama dari yang didasarkan pada otoritas negara menjadi otoritas pasar dan komunitas. 

Pemerintah Indonesia melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) telah mengatur industri ini dengan sejumlah regulasi untuk menciptakan ekosistem perdagangan fisik aset kripto menjadi transparan, efisien, efektif dan juga dalam persaingan yang sehat. 

"Bappebti terus berupaya memperkuat kebijakan dan regulasi terkait perdagangan aset kripto di Indonesia. Hal ini sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk mengutamakan perlindungan konsumen dan masyarakat," jelas Jerry. 

Jerry juga menuturkan, Kementerian Perdagangan mendukung dan mendorong generasi muda untuk terjun dalam industri kripto dengan tetap mentaati regulasi pemerintah. Selain mengembangkan kreativitas, pengembangan aset kripto juga dapat berkontribusi mendorong ekspor nasional. 

“Dari 383 token yang terdaftar di Bappebti, 10 di antaranya merupakan token lokal. Hal ini sebagai bukti konkret bahwa anak muda Indonesia mampu mengembangkan token sendiri,” ungkap Jerry.

Menurut Wamendag Jerry, selama dua tahun terakhir, perkembangan perdagangan aset kripto di Indonesia cukup menarik. Pertumbuhan nilai transaksi dan jumlah pelanggan aset kripto di Indonesia sangat luar biasa. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Transaksi Kripto

Pada 2021, total nilai transaksi aset kripto mencapai Rp 859,4 triliun atau tumbuh 1.224 persen dibandingkan nilai transaksi pada 2020 sebesar Rp 64,9 triliun. 

Wamendag menuturkan, nilai transaksi pada Januari September 2022 tercatat Rp 266,9 triliun atau turun 57,8 persen dibandingkan periode yang sama pada 2021. Adapun jumlah pelanggan terdaftar hingga September 2022 mencapai 16,3 juta pelanggan dengan rata-rata peningkatan jumlah pelanggan terdaftar sekitar 692 ribu setiap bulannya. 

Harga aset kripto yang mengalami penurunan akhir-akhir ini tidak mengurangi minat masyarakat untuk berinvestasi pada instrumen ini. Menurut Jerry, fenomena penurunan harga ini juga merupakan hal yang wajar sebagai bagian dari mekanisme pasar di industri aset kripto. 

“Selanjutnya, perkembangan nilai transaksi dan nasabah aset kripto perlu dikawal bersama agar perdagangan aset kripto di Indonesia tetap berada pada koridor yang benar,” pungkas Jerry.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto 1 November 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada perdagangan Selasa (1/11/2022). Mayoritas kripto kembali menguat setelah sempat melemah beberapa hari.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Selasa, 1 November 2022 pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) masih melemah 0,42 persen dalam 24 jam, tetapi masih menguat 5,84 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 20.461 per koin atau setara Rp 319,6 juta (asumsi kurs Rp 15.623 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga masih terkoreksi. ETH turun 0,85 persen dalam 24 jam, tetapi masih meroket 16,41 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.566 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) masih menguat sejak kemarin. Dalam 24 jam terakhir BNB naik 5,45 persen dan 19,98 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 327,87 per koin. 

Kemudian Cardano, kembali menguat. Dalam satu hari terakhir ADA naik 1,06 persen, dan 12,93 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,4049 per koin.

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Adapun Solana (SOL) kembali bertengger di zona hijau. Sepanjang satu hari terakhir SOL menguat 1,35 persen dan 14,89 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 32,55 per koin.

Sedangkan XRP juga kembali naik pagi ini. XRP melesat 0,98 persen dalam 24 jam terakhir dan 1,09 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,4612 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) berhasil menguat cukup besar. Dalam satu hari terakhir DOGE meroket 7,98 persen dan 109,50 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level USD 0,1245 per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam alami penguatan dan kembali ke level USD 1 triliun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.