Sukses

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak Ternyata Pendukung Kripto

Selama menjadi menteri keuangan, Sunak berencana jadikan Inggris sebagai pusat kripto.

Liputan6.com, Jakarta - Rishi Sunak telah dipilih untuk menjadi Perdana Menteri Inggris berikutnya setelah keluarnya kontroversial Liz Truss dari kantor minggu lalu. Sunak dikenal sebagai sosok yang menggiring ambisi kripto baru di Inggris selama menjabat sebagai menteri keuangan.

Rishi Sunak dipilih oleh sesama anggota Partai Konservatif pada Senin, 24 Oktober 2022 untuk menggantikan Truss  yang menjabat hanya selama 45 hari dan terpaksa mengundurkan diri setelah rencana stimulus ekonominya dengan cepat terurai, yang menyebabkan ketidakstabilan politik dan ekonomi.

Dilansir dari CoinDesk, Selasa (25/10/2022), selama menjabat sebagai menteri keuangan di bawah mantan Perdana Menteri Boris Johnson, Sunak mengumumkan dia ingin mengubah Inggris menjadi pusat kripto.

Dia membantu mengantarkan Undang-Undang Layanan Keuangan dan Pasar, yang, jika disahkan menjadi undang-undang, dapat memberi regulator lokal kekuasaan yang luas atas industri kripto dimulai dengan membawa kripto yang dipatok aset seperti stablecoin ke dalam lingkup peraturan pembayaran. 

Di bawah kepemimpinannya, produsen koin negara itu, Royal Mint, ditugaskan untuk membuat koleksi Non Fungible Token (NFT), yang belum membuahkan hasil. 

Pemerintah Truss telah menyatakan komitmennya terhadap rencana kripto Sunak tetapi pengunduran dirinya mengancam akan mengguncang segalanya sekali lagi. 

Industri kripto lokal, yang telah berkomunikasi dengan Sunak mengenai kebijakan kripto selama masa jabatannya sebagai menteri keuangan, siap menyambut pengangkatannya sebagai pemimpin pemerintahan.

Menyusul pengumuman penunjukan Sunak, direktur kebijakan di Innovate Finance, Adam Jackson, sebuah badan industri teknologi Inggris yang juga mengadvokasi kripto, menyebut mantan menteri keuangan itu sebagai juara fintech.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bank Sentral Inggris: Kripto Rentan terhadap Sentimen dan Berpotensi Runtuh

Sebelumnya, Wakil gubernur Bank sentral Inggris untuk stabilitas keuangan, Sir Jon Cunliffe, memperingatkan kripto sangat rentan terhadap sentimen dan berpotensi untuk runtuh. Dia mendesak regulator untuk “melanjutkan pekerjaan” dan segera mengatur kripto.

“Aset keuangan tanpa nilai intrinsik hanya sepadan dengan apa yang akan dibayar pembeli berikutnya. Oleh karena itu mereka secara inheren mudah berubah, sangat rentan terhadap sentimen dan cenderung runtuh,” kata Cunliffe dikutip dari Bitcoin.com, Selasa, 19 Juli 2022.

Dia menuturkan, beberapa aset kripto murni spekulatif, tanpa dukungan, menyatakan bitcoin, misalnya, tidak memiliki apa-apa di belakangnya. Dia juga mengulangi peringatan sebelumnya jika seseorang berinvestasi dalam aset kripto, maka harus bersiap untuk kehilangan semua uang.

Bank sentral Inggris menambahkan volatilitas baru-baru ini di pasar kripto tidak menimbulkan risiko bagi sistem keuangan secara keseluruhan, karena kripto tak cukup terintegrasi dalam sistem keuangan lainnya. 

Meskipun begitu, Cunliffe menegaskan batas antara kripto dan sistem keuangan tradisional akan “semakin menjadi kabur”. 

Menurutnya tanpa tindakan, risiko sistemik akan muncul, terutama jika aktivitas kripto dan hubungannya dengan bank dan pasar lain terus tumbuh. Dia menekankan regulator perlu “melanjutkan pekerjaan” dan membawa kripto ke dalam “perimeter peraturan.”

 

3 dari 4 halaman

Risiko Sangat Tinggi

Risiko Sangat Tinggi

"Pertanyaan menarik bagi regulator bukanlah apa yang akan terjadi selanjutnya dengan nilai aset kripto, tetapi apa yang perlu kita lakukan untuk memastikan inovasi prospektif dapat terjadi tanpa menimbulkan peningkatan dan potensi risiko sistemik," ujar Cunliffe.

Wakil Ketua Federal Reserve Lael Brainard juga mengatakan minggu lalu sistem keuangan kripto “rentan terhadap risiko yang sama” dengan keuangan tradisional. 

“Ketahanan keuangan masa depan akan sangat ditingkatkan jika kami memastikan batas peraturan mencakup sistem keuangan kripto dan mencerminkan prinsip risiko yang sama, pengungkapan yang sama, hasil peraturan yang sama,” kata Brainard waktu itu.

Pekan lalu, Gubernur Bank sentral Inggris, Andrew Bailey juga mengatakan kepada anggota parlemen Inggris, cryptocurrency tidak memiliki nilai intrinsik, memperingatkan aset kripto yang tidak didukung adalah “risiko sangat tinggi.”

4 dari 4 halaman

Gubernur Bank Sentral Inggris: Investor Harus Siap Kehilangan Uang Jika Investasi Kripto

Gubernur Bank of England (BoE), Andrew Bailey kembali membagikan kekhawatirannya tentang investasi cryptocurrency kepada para investor. Hal tersebut ia sampaikan kepada Komite Akun Publik parlemen Inggris pada Senin (13/6/2022).

Menanggapi pertanyaan tentang bagaimana tugas regulator untuk melindungi konsumen dapat berbenturan dengan rencana pemerintah untuk mempromosikan inovasi keuangan, Bailey mengatakan jika ingin investasi dalam aset ini, boleh saja, tetapi bersiaplah untuk kehilangan semua uang.

"Orang mungkin masih ingin membelinya karena memiliki nilai ekstrinsik. Orang menilai sesuatu karena alasan pribadi. Tetapi mereka tidak memiliki nilai intrinsik. Pagi ini kita telah melihat ledakan lain dalam pertukaran kripto,” ujar Bailey dikutip dari Bitcoin.com, Rabu (15/6/2022). 

Bailey mengacu pada pemberi pinjaman kripto Celsius yang tiba-tiba membekukan penarikan. Setelah aksi jual selama akhir pekan, pasar kripto berada dalam pertumpahan darah pada Senin.

Gubernur bank sentral Inggris telah memperingatkan pada beberapa kesempatan bitcoin tidak memiliki nilai intrinsik. Pada Mei, dia juga mengatakan BTC bukanlah alat pembayaran yang praktis. 

Pada April, ia mengklaim kripto menciptakan “peluang bagi penjahat sejati.” Tahun lalu, dia juga memperingatkan cryptocurrency berbahaya. Sementara itu, Bank of England mengatakan pada Maret aset kripto menghadirkan risiko stabilitas keuangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.