Sukses

SEC dan CFTC Selidiki Perusahaan Kripto Bangkrut Three Arrows Capital

Hal ini terkait melanggar aturan dengan menyesatkan investor.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS (CFTC) dan Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) sedang memeriksa dana lindung nilai kripto yang bangkrut, Three Arrows Capital, terkait melanggar aturan dengan menyesatkan investor tentang neracanya dan tidak mendaftar di kedua agensi tersebut.

Dilansir dari Yahoo Finance, Senin (24/10/2022), Three Arrows yang berbasis di Singapura mengajukan kebangkrutan pada Juli, mengatakan bisnisnya telah "runtuh setelah fluktuasi ekstrem di pasar cryptocurrency.” 

Secara khusus, hedge fund ini menderita kerugian besar yang berasal dari runtuhnya stablecoin algoritmik terraUSD pada Mei 2022. Kemudian pada akhir Juni, Otoritas Moneter Singapura (MAS) menegur Three Arrows Capital karena menyesatkan dengan informasi yang diduga palsu.

Dengan lokasi co-founder Three Arrows Capital Su Zhu dan Kyle Davies tidak diketahui dan pengacara mereka tidak dapat melacak mereka, likuidator baru-baru ini meminta pengadilan untuk dapat melayani dua panggilan pengadilan melalui alamat email mereka.

Sejak Juli 2022, keberadaan fisik Zhu Su dan Kyle Davies yang memulai Three Arrows pada 2012, "saat ini tidak diketahui," menjelang sidang untuk membahas langkah selanjutnya dalam proses likuidasi. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ajukan Perlindungan Kebangkrutan

Three Arrows, juga dikenal sebagai 3AC, mengelola aset sekitar USD 10 miliar atau sekitar Rp 149,8 trilin. 3AC baru-baru ini mengajukan perlindungan kebangkrutan Bab 15 dari kreditur AS di Distrik Selatan New York, setelah jatuhnya cryptocurrency dan runtuhnya proyek stablecoin terra USD (UST) menghapus asetnya.

Sekarang, 3AC berada di pengadilan kebangkrutan, menghadapi pemberi pinjaman yang marah yang menginginkan uang mereka kembali. Perusahaan penasihat global Teneo dipekerjakan untuk membantu mengelola likuidasi, dimulai dengan mencoba menentukan apa yang tersisa.

Dalam pengajuan, kreditur meminta pengadilan menangguhkan hak 3AC untuk mentransfer atau membuang aset apa pun. Pengacara juga meminta pengadilan memanggil para pendiri atau orang lain yang mungkin memiliki informasi tentang aset 3AC. Itu bisa termasuk bank, pertukaran kripto dan rekan perusahaan.

3 dari 5 halaman

SEC Stablecoin Perlu Diawasi untuk Kurangi Risiko Keuangan

Sebelumnya, Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) Gary Gensler, meminta kongres untuk memberikan Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS (CFTC) lebih banyak kekuatan untuk mengawasi stablecoin cryptocurrency demi mengurangi risiko terhadap sistem keuangan.

Gensler menjelaskan, stablecoin biasanya dipatok ke dolar AS dan digunakan untuk memfasilitasi perdagangan aset digital lainnya. Dengan kapitalisasi pasar sekitar USD 150 miliar atau sekitar Rp 2.325 triliun, stablecoin memiliki banyak kesamaan dengan dana pasar uang, dan perlu diatur sesuai dengan itu.

“Meskipun CFTC memiliki otoritas mengatur anti-penipuan dan anti-manipulasi atas perusahaan yang mengeluarkan stablecoin, mereka tidak memiliki otoritas pleno yang untuk membuat aturan di ranah bursa," kata Gensler, dikutip dari Channel News Asia, Sabtu, 22 Oktober 2022.

Menurut Gensler CFTC bisa memiliki otoritas yang lebih besar. Mereka saat ini tidak memiliki otoritas pengatur langsung atas kripto non sekuritas yang mendasarinya.

“Sebagian besar cryptocurrency, termasuk yang disebut stablecoin algoritmik, adalah sekuritas, dan berada di bawah otoritas SEC, sementara beberapa tidak,” jelas Gensler.

Pada Maret 2022, TerraUSD (UST), stablecoin berbasis algoritme, runtuh  secara spektakuler, mendorong stablecoin utama lainnya, seperti Tether sempat turun di bawah pasak dolarnya dan mengirimkan riak melalui pasar cryptocurrency global.

Dewan Pengawas Stabilitas Keuangan, panel pengatur AS yang terdiri dari regulator keuangan teratas, awal bulan ini juga merekomendasikan agar Kongres mengesahkan undang-undang yang menangani risiko aset digital terhadap sistem keuangan, termasuk tagihan untuk meningkatkan pengawasan pasar spot kripto dan stablecoin.

Masih belum jelas kapan Kongres akan meloloskan undang-undang terkait kripto , meskipun beberapa telah diperkenalkan untuk mengatasi stablecoin dan regulasi komoditas digital.

 

4 dari 5 halaman

Ketua SEC Sebut Sebagian Besar Industri Kripto Beroperasi Ilegal, Ada Apa?

Sebelumnya, ada sebuah tes hukum yang digunakan regulator Amerika Serikat (AS) untuk menentukan aset yang memenuhi syarat sebagai kontrak investasi, oleh karena itu aset tersebut harus diatur oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS. Menanggapi hal itu,  kepala SEC, Gary Gensler mengatakan sebagian besar cryptocurrency melewati proses itu. 

Gary menyoroti hal ini karena beberapa aset kripto dinilai sebagai sekuritas bukan komoditas karena mereka melakukan proses Initial Coin Offering (ICO). Penawaran ini semuanya tercantum dalam undang-undang sekuritas AS. 

"Dari hampir 10.000 token di pasar kripto, saya yakin sebagian besar adalah sekuritas. Penawaran dan penjualan ribuan token kripto ini tercakup dalam undang-undang sekuritas,” ujar Gary, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (7/10/2022). 

Dengan kata lain, Gensler melihat sebagian besar industri kripto beroperasi secara ilegal karena tak patuh terhadap undang-undang sekuritas. Mereka tidak mengaku dirinya sebagai sekuritas.

Tidak Semua Kripto Diciptakan Sama

Meskipun begitu, tak semua kripto dianggap sebagai sekuritas, misalnya Bitcoin yang mungkin harus diperlakukan lebih seperti komoditas daripada sekuritas. 

“Bitcoin, token kripto pertama, disebut oleh beberapa orang sebagai emas digital, diperdagangkan seperti logam mulia, penyimpan nilai yang spekulatif. Langka, namun digital," ujar Gary, dengan tegas menyiratkan bitcoin secara khusus harus diperlakukan di bawah hukum komoditas daripada sekuritas.

5 dari 5 halaman

Pemerintah AS Menindak Kripto

Di sisi lain, para pendukung kripto termasuk beberapa anggota Kongres telah mendorong peraturan apa pun untuk datang dari Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS (CFTC) daripada SEC. 

Gensler, yang menjalankan CFTC dari 2009 hingga 2014, mengakui sebagian kecil koin, termasuk bitcoin, mungkin tidak sepenuhnya memenuhi syarat sebagai sekuritas, tetapi lebih memenuhi sebagai komoditas. 

SEC lambat dalam menuntut cryptocurrency dalam beberapa tahun terakhir. SEC menindak penawaran koin awal (ICO) pada 2018, menggugat operator stablecoin Ripple karena melakukan penawaran sekuritas ilegal pada 2020. 

SEC juga menuduh pemberi pinjaman kripto BlockFi karena gagal mendaftarkan program pinjaman hasil tinggi, dan sedang menyelidiki pertukaran populer Coinbase yang diduga menjual surat berharga yang tidak terdaftar. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.