Sukses

Binance Kini Terdaftar di Regulasi Kripto Prancis

Binance juga sedang menunggu perizinan untuk membuka kantor pusat di Prancis.

Liputan6.com, Jakarta - Pertukaran Cryptocurrency Binance telah terdaftar di regulator pasar Prancis, Chief Executive Officer Changpeng Zhao mengatakan dalam sebuah cuitan media sosial. Langkah ini sebagai rencana perusahaan untuk menjadikan Paris sebagai basis kripto Eropa.

Dilansir dari Channel News Asia, Sabtu, 22 Oktober 2022, General Manager Binance Prancis, David Princay mengatakan, ini adalah cap kualitas yang nyata mengacu pada pendaftaran dengan regulator otoritas pasar keuangan Prancis (AMF). 

"Persepsi berubah. Ini memungkinkan kita untuk pindah ke fase baru, yaitu mendidik (publik Prancis) ke blockchain,” ujar Princay dikutip dari Channel News Asia. 

Blockchain adalah teknologi layaknya buku besar informasi bersama yang dipelihara dan diperbarui oleh jaringan komputer daripada otoritas pusat. Cryptocurrency utama seperti Bitcoin bergantung pada teknologi tersebut.

Princay mengatakan Binance France sekarang sedang mencari lisensi resmi dari regulator pasar Prancis untuk membuka kantor pusat regional di Prancis. Binance mengklaim itu adalah pertukaran kripto teratas negara itu bahkan sebelum pendaftaran.

“Prancis adalah negara Uni Eropa pertama yang mendaftarkan Binance, yang juga mencari pendaftaran di Swiss, Swedia, Spanyol, Belanda, Portugal dan Austria,” kata Princay.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peroleh Lisensi di Dubai dan Bahrain

Sebelumnya, pada Maret, Binance berhasil memperoleh lisensi dari Dubai dan Bahrain. Tahun lalu Binance menerima peringatan dari lebih dari selusin regulator nasional, termasuk di Jerman, Italia dan Inggris. Beberapa mengatakan Binance beroperasi tanpa lisensi di yurisdiksi mereka.

CEO Binance, yang dikenal luas dengan inisialnya "CZ", bulan lalu berjanji untuk menginvestasikan USD 105,51 juta atau sekitar Rp 1,5 triliun di Prancis dan mengatakan dia akan memberikan 2 juta euro untuk pemulihan sebuah kamar di Chateau de Versailles. 

Dia juga menulis cuitan untuk mendukung upaya pemilihan kembali Presiden Prancis Emmanuel Macron. 

Sejak peluncurannya tahun 2017 di Shanghai, Binance telah berkembang secara agresif di seluruh dunia. Investigasi Reuters yang diterbitkan bulan lalu menunjukkan di Rusia, di mana Binance mendominasi pasar kripto, pertukaran kripto itu memperluas bisnisnya sambil membangun hubungan dengan lembaga pemerintah Rusia.

3 dari 4 halaman

Tawarkan Pinjaman Rp 7,7 Triliun kepada Penambangan Kripto

Sebelumnya, pertukaran kripto terkemuka di dunia berdasarkan volume perdagangan harian, Binance telah mengumumkan rencana untuk memperluas dukungan keuangan kepada perusahaan yang terlibat dalam penambangan cryptocurrency. 

Hal ini ditandai dengan proyek pinjaman baru-baru ini diluncurkan oleh kumpulan penambangan platform. Mengingat kondisi pasar saat ini, Binance Pool meluncurkan proyek pinjaman USD 500 juta atau sekitar Rp 7,7 triliun untuk mendukung penambang kripto dan penyedia infrastruktur digital.

Program ini akan membantu pertambangan bitcoin dan penyedia infrastruktur sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan industri pertambangan. 

“Sebagai salah satu kumpulan penambangan kripto terkemuka di dunia, Binance Pool memiliki tanggung jawab untuk membantu menjaga ekosistem aset digital yang sehat,” kata pihak perusahaan, dikutip dari Bitcoin.com, Senin (17/10/2022).

 

4 dari 4 halaman

Inisiatif

Ini adalah inisiatif pertama Binance Pool. Dengan proyek tersebut, perusahaan kripto global bertujuan untuk menawarkan layanan pembiayaan utang yang aman kepada perusahaan pertambangan bitcoin (BTC) publik dan swasta dan infrastruktur aset digital di seluruh dunia.

Untuk mendapatkan akses ke pinjaman, peminjam harus menerima serangkaian syarat dan ketentuan seperti jangka waktu 18 hingga 24 bulan dan suku bunga berkisar antara 5 persen dan 10 persen. Penambang juga akan diminta untuk memberikan keamanan yang memuaskan bagi Binance, baik fisik maupun dalam bentuk aset digital.

Binance Pool adalah salah satu entitas terkemuka di sektor pertambangan berdasarkan hashrate, bersama dengan Foundry USA, Antpool, F2pool, dan Viabtc. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.