Sukses

Warga California Didakwa Akibat Kasus Pencucian Uang Pakai Kripto

Khuu juga diduga menggunakan jaringan lembaga keuangan untuk mencuci dana.

Liputan6.com, Jakarta - Pejabat Amerika Serikat (AS) mendakwa penduduk California John Khuu dengan konspirasi melakukan pencucian uang dan impor narkoba pada Jumat, 7 Oktober 2022 waktu setempat.  Pejabat AS juga menuduh dia menjual obat palsu untuk bitcoin.

Dilansir dari CoinDesk, Rabu (12/10/2022), dalam sebuah siaran pers pejabat AS, Khuu ditangkap pada Agustus 2022, setelah dewan juri di Texas dan California mengembalikan dakwaan masing-masing pada Mei dan Agustus.

Menurut salah satu dakwaan, Khuu diduga membuat akun vendor di pasar web gelap yang berbeda untuk menjual pil palsu dan narkoba lainnya sejak Januari 2020. 

Pelanggan "biasanya" menggunakan Bitcoin (BTC) untuk membeli obat-obatan ini, meskipun dakwaan menyebut cryptocurrency yang lainnya mungkin telah digunakan. 

Khuu juga diduga menggunakan jaringan lembaga keuangan untuk mencuci dana, termasuk Bank of America, Citibank, JPMorgan Chase dan Wells Fargo. Surat dakwaan itu menuduh dia membuat sejumlah rekening palsu di bank-bank tersebut.

Dakwaan selanjutnya menggambarkan beberapa transaksi yang diduga dilakukan Khuu sebagai bagian dari upayanya untuk mengubah bitcoin menjadi uang tunai. Semua mengatakan, dia diduga melakukan kurang dari 500 transaksi terkait dengan penjualan sekitar 620 Bitcoin.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

China Tangkap 93 Orang Terkait Pencucian Uang Kripto

Sebelumnya, berwenang di provinsi Hunan, China menangkap 93 orang karena diduga melakukan pencucian hingga USD 5,6 miliar atau setara Rp 85,1 triliun (asumsi kurs Rp 15.201 per dolar AS) menggunakan cryptocurrency.

DIlansir dari Yahoo Finance, Senin (10/10/2022), China menjadi salah satu negara dengan aturan ketat yang melarang aset digital. China tidak hanya menindak penggunaan kripto untuk kegiatan ilegal, tetapi juga pada industri itu sendiri. 

Negara tersebut melarang perdagangan kripto, penambangan, serta penggunaan aset digital untuk pembayaran.

Sejak 2018, dipimpin oleh seorang individu bermarga Hong, para tersangka telah mencuci dana yang diperoleh dari penipuan dan perjudian di seluruh negeri, menurut sebuah postingan di akun resmi WeChat dari departemen kepolisian daerah Hengyang, yang melakukan penangkapan. Mereka menggunakan kripto untuk mengonversi dana ke dolar AS.

Polisi menyita lebih dari 100 ponsel dan komputer, dana senilai USD 41,9 juta dan kerugian lainnya bagi para korban. Menurut laporan, kelompok kriminal itu terlibat dalam lebih dari 300 kasus penipuan dan telah beroperasi sejak 2018. 

Pihak berwenang memulai penyelidikan setelah direktur Biro Keamanan Umum Kabupaten, Liu Xialong, ditipu sebesar 7,8 juta yuan. Penyelidikan mendalam menunjukkan bahwa kelompok kriminal memiliki jaringan operasi pengumpulan yang luas di tempat-tempat seperti Guangdong.

Laporan lokal lainnya mengungkapkan pihak berwenang China juga menghentikan operasi pencucian uang di Fujian di mana para penjahat menggunakan yuan digital untuk mencuci 200 juta yuan.

Menurut laporan itu, operasi kriminal dipimpin oleh Zhang Moumou dan Lai Moumou. Mereka menggunakan mata uang digital nasional untuk berbagai kegiatan ilegal seperti menyediakan dana untuk perjudian dan penipuan. 

3 dari 4 halaman

Akui Diri Syeikh Kripto, Warga di Brasil Tipu Investor Rp 11,7 Triliun

Sebelumnya, 100 petugas polisi turun ke jalan di enam kota Brasil untuk melayani surat perintah penggeledahan dan penyitaan terhadap Francisley Valdevino da Silva pada Kamis, 6 Oktober 2022.

Dilansir dari CoinDesk, Senin (10/10/2022), Da Silva dituduh menjalankan skema piramida cryptocurrency yang mengumpulkan USD 767 juta atau setara Rp 11,7 triliun dari para investor

Sampai saat ini belum diketahui apakah Silva ditangkap atau tidak. Pihak pengadilan Brasil  hanya mengungkapkan untuk menyita dan memblokir aset da Silva. 

Menurut laporan Polisi Brasil, da Silva, yang dikenal sebagai “syekh cryptocurrency” dan mantan penduduk AS, mengumpulkan lebih dari empat miliar real (USD 767 juta) dengan menjanjikan pengembalian tinggi melalui dugaan operasi kripto sejak 2016.

Adapun dalam siaran pers Imigrasi dan Bea Cukai AS, Polisi Federal Brasil mengeksekusi 20 surat perintah penggeledahan dan penyitaan di empat negara bagian Brasil dalam kasus kejahatan termasuk pencucian uang dan penipuan.

Agensi AS. mengatakan organisasi tersebut diduga menipu investor di lebih dari selusin negara dengan mengklaim secara salah bahwa mereka telah mengembangkan produk keuangan terkait cryptocurrency yang berfungsi penuh.

Sedangkan laporan dari Polisi Brasil, pengacara da Silva mengatakan kliennya bekerja sama dengan polisi dan telah menyerahkan diri.

Skema Ponzi dalam Kripto

Dalam industri kripto, skema ponzi sering banyak memakan banyak korban dengan kerugian hingga jutaan rupiah. Umumnya skema ponzi menawarkan investasi kripto yang nyatanya hanya mengumpulkan dana dari investor baru dan memberikan kepada investor lama, seolah-olah hasil dari investasi kripto. 

4 dari 4 halaman

Skema Ponzi Kripto

Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) telah menindak berbagai entitas individu maupun institusi yang menjalankan skema piramida dalam aset digital. 

Salah satunya pada Agustus 2022 lalu, SEC mengajukan keluhan perdata yang menuntut 11 orang dalam pembuatan dan promosi skema piramida yang berfokus pada kripto yang diduga telah mengumpulkan lebih dari USD 300 juta (Rp 4,4 triliun) dari investor.

Skema, yang disebut Forsage, diklaim sebagai platform kontrak pintar terdesentralisasi, yang memungkinkan jutaan investor ritel untuk melakukan transaksi melalui kontrak pintar yang beroperasi di blockchain ethereum, tron dan binance. 

SEC menuduh selama lebih dari dua tahun, pengaturan berfungsi seperti skema piramida standar, di mana investor memperoleh keuntungan dengan merekrut orang lain ke dalam skema.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.