CEO Terraform, Do Kwon Bantah Aset Kriptonya Dibekukan Pemerintah Korea Selatan

Oleh Gagas Yoga Pratomo pada 07 Okt 2022, 09:31 WIB
Diperbarui 07 Okt 2022, 09:31 WIB
Ilustrasi Terra (Foto: tangkapan layar terra.money)
Perbesar
Ilustrasi Terra (Foto: tangkapan layar terra.money)

Liputan6.com, Jakarta - CEO Terraform, Do Kwon yang proyek stablecoinnya gagal mengguncang pasar awal tahun ini. membantah laporan media terkait jaksa Korea Selatan telah membekukan USD 39,6 juta atau sekitar Rp 602,9 miliar aset cryptocurrency nya.

"Saya tidak mendapatkan motivasi di balik penyebaran kebohongan ini, tapi untuk apa? Saya tidak tahu dana siapa yang mereka bekukan, tapi bagus untuk mereka, semoga mereka menggunakannya untuk kebaikan,” tulis Kwon dalam sebuah cuitan, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (7/10/2022).

Sebelumnya, pihak berwenang Korea Selatan mengatakan pada Rabu, 28 September 2022 mereka telah meminta dua pertukaran cryptocurrency untuk membekukan bitcoin senilai lebih dari USD 60 juta atau setara Rp 910,8 miliar yang terkait dengan Do Kwon.

Adapun, dilansir dari CNBC, pada akhir September 2022, kantor kejaksaan Distrik Selatan Seoul mengatakan mereka telah mengajukan permintaan ke bursa kripto OKX dan KuCoin untuk membekukan sekitar 3.313 bitcoin yang terkait dengan kepemilikan CEO Terraform Labs itu.

Kantor kejaksaan Distrik Selatan Seoul menolak berkomentar tentang bagaimana mereka mengidentifikasi bitcoin terkait dengan Kwon. Namun, penelitian dari platform analitik CryptoQuant menunjukkan Luna Foundation Guard (LFG) menyiapkan dompet digital pada 15 September dan mengirim 3.310 bitcoin ke KuCoin dan OKX. 

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Tak Membuat Dompet Baru

Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)
Perbesar
Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)

Luna Foundation Guard adalah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk mempromosikan blockchain Terra, yang dibuat oleh perusahaan Kwon, Terraform Labs.

LFG menanggapi pada Selasa dengan mengatakan mereka tidak membuat dompet baru, atau memindahkan bitcoin atau mata uang digital lainnya sejak Mei 2022. LFG juga memposting alamat dompetnya di Twitter.

Namun, CryptoQuant menjawab “Itu milik publik,” menunjukkan Luna Foundation Guard memiliki alamat dompet lain yang tidak secara eksplisit terkait dengan organisasi nirlaba.

Pada September, Bloomberg juga melaporkan Interpol, sebuah organisasi internasional yang mengoordinasikan pencarian global untuk tersangka, mengeluarkan "pemberitahuan merah" untuk Kwon. 

Pemberitahuan merah adalah perintah kepada penegak hukum di seluruh dunia untuk menemukan dan menangkap orang yang dicari. Kwon belum ditemukan.


Pemerintah Korsel Bakal Bekukan Bitcoin Milik Do Kwon Senilai Rp 910,8 Miliar

Aset Kripto
Perbesar
Perkembangan pasar aset kripto di Indonesia. foto: istimewa

Sebelumnya, pihak berwenang Korea Selatan mengatakan pada Rabu (28/9/2022) mereka telah meminta dua pertukaran cryptocurrency untuk membekukan bitcoin senilai lebih dari USD 60 juta atau setara Rp 910,8 miliar yang terkait dengan Do Kwon.

Dilansir dari CNBC, Kamis (29/9/2022), kantor kejaksaan Distrik Selatan Seoul mengatakan mereka telah mengajukan permintaan ke bursa kripto OKX dan KuCoin untuk membekukan sekitar 3.313 bitcoin yang terkait dengan kepemilikan CEO Terraform Labs itu.

Pihak berwenang Korea Selatan tengah dalam proses penangkapan Do Kwon bulan ini dan mengklaim dia dalam pelarian. Jaksa mengatakan Interpol, organisasi kepolisian global, telah mengeluarkan "Pemberitahuan Merah" untuk Kwon. 

Pemberitahuan tersebut dikeluarkan untuk buronan yang dicari baik untuk penuntutan atau untuk menjalani hukuman.

Kwon, bagaimanapun, menegaskan dia tidak dalam pelarian dan mengatakan di Twitter dia tidak berusaha untuk bersembunyi. Pendiri kripto itu mengklaim dia berjalan-jalan dan sedang mengkode ruang tamunya.

 

 


Alamat Dompet Bitcoin Kwon

Ilustrasi bitcoin (Foto: Vadim Artyukhin/Unsplash)
Perbesar
Ilustrasi bitcoin (Foto: Vadim Artyukhin/Unsplash)

Alamat Dompet Bitcoin Kwon

Kantor kejaksaan Distrik Selatan Seoul menolak berkomentar tentang bagaimana mereka mengidentifikasi bitcoin terkait dengan Kwon. Tetapi penelitian dari platform analitik CryptoQuant menunjukkan Luna Foundation Guard (LFG) menyiapkan dompet digital pada 15 September dan mengirim 3.310 bitcoin ke KuCoin dan OKX. 

Luna Foundation Guard adalah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk mempromosikan blockchain Terra, yang dibuat oleh perusahaan Kwon, Terraform Labs.

LFG menanggapi pada Selasa dengan mengatakan mereka tidak membuat dompet baru, atau memindahkan bitcoin atau mata uang digital lainnya sejak Mei 2022. LFG juga memposting alamat dompetnya di Twitter.

Namun, CryptoQuant menjawab “Itu milik publik,” menunjukkan Luna Foundation Guard memiliki alamat dompet lain yang tidak secara eksplisit terkait dengan organisasi nirlaba.

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya