NFT Milik Legenda Pop David Bowie Terjual Rp 1,9 Miliar

Oleh Gagas Yoga Pratomo pada 05 Okt 2022, 11:13 WIB
Diperbarui 05 Okt 2022, 11:13 WIB
Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)
Perbesar
Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)

Liputan6.com, Jakarta - Koleksi eksklusif Non Fungible Token (NFT) milik penyanyi pop David Bowie berhasil terjual pada Senin  malam, 3 Oktober 2022 seharga 96,5 ETH, atau sekitar USD 127.000 (Rp 1,9 miliar). 

David Bowie Estate bermitra dengan pasar NFT teratas OpenSea untuk menjual "Bowie on the Blockchain," koleksi NFT 15 potong untuk memperingati legenda pop Inggris sepanjang karirnya.

Koleksi tersebut, awalnya terdaftar di pasar NFT pada 30 September, menampilkan karya seni dari sembilan seniman di seluruh lanskap NFT. 

Salah satu yang menjadi sorotan adalah karya yang dibuat oleh seniman NFT berusia 19 tahun FEWOCiOUS, menampilkan klip video animasi yang dipasangkan dengan patung fisik setinggi tujuh kaki yang mengenakan salah satu setelan kustom Bowie dari arsipnya.

“Saya pikir itu sangat keren sehingga dia selalu menjadi apa yang dia inginkan. Dan menciptakan dunia yang dia ingin tinggali. Itu benar-benar perasaan yang coba saya tangkap dalam karya seni saya,” kata FEWOCiOUS dalam deskripsi koleksi, dikutip CoinDesk, Rabu (5/10/2022).

Menurut OpenSea, koleksi tersebut akan membawa warisan Bowie dalam membentuk kembali sifat pertunjukan musik, memberdayakan komunitas digital dan menjadi pendukung teknologi baru dalam rentang karirnya. 

NFT lain dalam koleksi sejauh ini telah terjual antara 3 ETH (USD 4.000) hingga 7,5 ETH (USD 9.800). 

NFT yang terjual dengan jumlah tertinggi kedua berjudul "It Became A Myth Land" oleh artis NFT Defaced. Karya digital unik ini berjalan dalam waktu 12 jam yang melintasi enam segmen berbeda dari kehidupan dan karier Bowie. Setelah pembelian, ia dilengkapi dengan bingkai digital Bentuk Atom untuk menampilkan karya.

Penawaran untuk beberapa NFT dimulai pada 30 September dan NFT akhir dalam koleksi akan dijual pada 3 November. Setelah semua penjualan koleksi berakhir, 100 persen keuntungan akan disumbangkan ke CARE, sebuah organisasi yang bertujuan untuk mengakhiri kemiskinan dan kelaparan global. Istri Bowie, Iman, adalah advokat global untuk CARE.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Resor di Slovenia Promosi Pakai NFT demi Tarik Pengunjung

Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash/Andrey Metelev)
Perbesar
Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash/Andrey Metelev)

Sebelumnya, organisasi pariwisata di Portoroz, sebuah resor musim panas di pantai Adriatik Slovenia, telah memutuskan untuk mempromosikan destinasi tersebut menggunakan Non Fungible Token (NFT). Proyek ini mewakili komponen digital dari kampanye tahun ini untuk menarik pengunjung ke wilayah tersebut.

Tak lama setelah Dewan Pariwisata Slovenia (STB) mengeluarkan "sLOVEnia NFT" bulan lalu, Portoroz, di kotamadya Piran, kini telah menjadi resor pertama di negara itu yang memiliki koleksi NFT sendiri. 

Menurut laporan media lokal, tujuan utama dari inisiatif ini adalah untuk menampilkan dua kota pesisir sebagai tujuan yang progresif, digital, dan berkelanjutan. 

"Pintu ke metaverse terbuka, yang akan menjadi pasar baru untuk generasi mendatang,” kata Direktur Asosiasi Turis Portoroz, Alexander Valentin, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (27/9/2022). 

NFT ini dimaksudkan untuk memenangkan loyalitas pengunjung. Wisatawan akan dapat mengumpulkan tiga token dari tiga koleksi berbeda, ketika mereka melakukan tiga aktivitas yaitu berpartisipasi dalam permainan berhadiah, berlangganan buletin, dan membagikan stiker di Instagram dengan akun @portorozpiran resor. 

Akan ada sebanyak 100 NFT tersedia di setiap koleksi. Selain memasuki dunia kripto melalui inisiatif NFT, Portoroz dan Piran juga meningkatkan aktivitas promosi mereka di media sosial. Kota-kota tersebut baru-baru ini bergabung dengan platform video pendek Tiktok, ungkap publikasi tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, negara kecil yang ramah Bitcoin di Slovenia memantapkan dirinya sebagai pemimpin dalam adopsi kripto di Eropa Tenggara. 

Ribuan kafe, restoran, hotel, salon rambut, dan fasilitas olahraga di seluruh negeri menerima berbagai cryptocurrency. Musim gugur yang lalu, pihak berwenang di Ljubljana membuka konsultasi publik tentang rancangan undang-undang yang mengatur perpajakan kripto.


Kolaborasi LINE dan Naver Luncurkan Layanan Hiburan Berbasis NFT

Ilustrasi NFT
Perbesar
Ilustrasi NFT. Dok: unsplash

Sebelumnya, LINE NEXT Inc, anak usaha LINE yang didedikasikan untuk mengembangkan dan memperluas ekosistem NFT, dan Naver Co Ltd telah resmi meluncurkan "NOW Drops," sebuah layanan NFT yang memanfaatkan layanan streaming Naver melalui konten NOW.

NOW Drops adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk menerbitkan NFT dan menyimpan momen spesial artis dalam konten yang disediakan oleh NOW secara langsung. 

NOW Drops tersedia pada layanan hiburan NFT yang disebut 'AVA' di dalam platform NFT global LINE NEXT, DOSI. 

Pengguna dapat menyaksikan video pertunjukan dan video di balik layar yang telah disiapkan oleh para artis secara eksklusif di NOW serta mengumpulkan video favorit mereka di dalam crystal, yaitu sebuah sarana untuk membeli NFT dan tempat di mana gambar yang diterbitkan oleh NFT disimpan. 

 


Selanjutnya

Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)
Perbesar
Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)

NOW Drops juga akan mengadakan acara di mana pengguna yang telah membeli crystal dapat melakukan voting melalui banners yang berisi dukungan dan penyemangat kegiatan comeback artis secara langsung.

Selain itu, hambatan masuk NFT pun jauh lebih rendah karena pengguna dapat dengan mudah masuk ke NFT wallet yaitu “DOSI Wallet" melalui akun sosial media, serta melakukan pembayaran secara mudah dengan Naver Pay (di Korea) dan menggunakan kartu kredit. 

Lead of Naver NOW service, Jinhwan Kong mengatakan NOW Drops adalah layanan yang membuka peluang baru di pasar NFT berbasis produksi konten original NOW dan teknologi LINE NEXT.

“NOW akan menyediakan berbagai konsep dan bentuk konten yang lebih beragam sebagai mitra konten NFT, serta turut memberikan pengalaman baru kepada pengguna,” ujar Kong dalam siaran pers, dikutip Senin (26/9/2022). 

Kong  berharap dapat memperkenalkan ekosistem NFT kepada semua orang dengan menyediakan konten-konten menarik dan NFT yang diinginkan oleh para pengguna.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya