Klub Sepak Bola Dunia Ucapkan Belasungkawa Terkait Tragedi Kanjuruhan

Oleh Gagas Yoga Pratomo pada 03 Okt 2022, 11:39 WIB
Diperbarui 03 Okt 2022, 11:39 WIB
Ilustrasi - Duka Cita Sepak Bola Warna Hitam - Stadion Kanjuruhan 1 Oktober 2022
Perbesar
Ilustrasi - Duka Cita Sepak Bola Warna Hitam - Stadion Kanjuruhan 1 Oktober 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah klub sepak bola besar dunia turut merasakan keprihatinan yang mendalam atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang Jawa Timur, Sabtu, 1 Oktober 2022. Klub-klub tersebut mengucapkan turut berduka cita kepada masyarakat Indonesia atas tragedi Kanjuruhan. 

Tak hanya itu, beberapa pertandingan liga sepak bola dunia yang digelar setelah terjadinya insiden tersebut, melakukan penghormatan sebelum pertandingan dimulai dengan mengheningkan cipta dalam beberapa menit.

Adapun, berikut beberapa ucapan dari berbagai klub besar dunia atas terjadinya  tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang Jawa Timur yang memakan banyak korban. 

Manchester United

Salah satu klub besar Liga Inggris, Manchester United (MU) turut berduka atas insiden tersebut. Melalui akun Twitter resmi Klub berbahasa Indonesia, @ManUtd_ID, MU mengutarakan rasa bela sungkawa kepada Indonesia. 

“Manchester United sangat berduka atas tragedi yang terjadi di Malang dan kami berduka cita yang sedalam-dalamnya untuk para korban dan keluarganya. Tidak ada sepak bola seharga nyawa manusia,” tulis klub, dikutip Senin (3/10/2022). 

Arsenal

Ucapan berbela sungkawa juga datang dari klub Liga Inggris lainnya yaitu Arsenal. Dalam sebuah unggahan di akun Instagram resmi klub, Arsenal menuliskan rasa kesedihannya atas insiden yang terjadi. 

“Kami sangat sedih mengetahui peristiwa di Malang di Stadion Kanjuruhan Indonesia hari ini. Bersama dengan semua orang yang menemukan koneksi melalui sepak bola, pikiran kami bersama semua orang yang terkena dampak tragedi ini,” tulis pihak dalam keterangan pada postingan di Instagram.

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Tottenham Hotspur

Kondisi Stadion Kanjuruhan Malang Usai Tragedi Kerusuhan
Perbesar
Kondisi Stadion Kanjuruhan pada pagi hari setelah tragedi kerusuhan pada pertandingan sepak bola antara Arema dan Persebaya di Malang, Jawa Timur, Minggu (2/10/2022). Pendukung yang tak terima Arema kalah dari Persebaya langsung menyerbu ke lapangan setelah wasit meniupkan peluit panjang. (PUTRI/AFP)

Real Madrid

Raksasa Liga Spanyol, Real Madrid juga turut mengungkapkan rasa dukanya soal tragedi yang terjadi di Malang. Klub tersebut juga melakukan momen mengheningkan cipta di stadion Santiago Bernabeu sebelum pertandingan dimulai.

“Santiago Bernabeu mengheningkan cipta selama satu menit sebelum kick-off untuk mengenang mereka yang tewas dalam tragedi di stadion Kanjuruhan, di pulau Jawa (Indonesia),” tulis Real Madrid dalam postingan di Instagram.

Tottenham Hotspur

Ucapan duka juga datang dari klub Liga Inggris lainnya yaitu, Tottenham Hotspur, dikutip dari akun Twitter resmi klub berbahasa Indonesia, @Spurs_ID, mereka mengungkapkan rasa duka cita tragedi di stadion Kanjuruhan.

“Tottenham Hotspur ingin menyampaikan belasungkawa kepada semua korban dan keluarga atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan,” tulis klub.

 


Barcelona

Aksi Seribu Lilin untuk Korban Kerusuhan Kanjuruhan di GBK
Perbesar
Massa yang tergabung dalam Ultras Garuda Jakarta mengikuti aksi menyalakan lilin dan tabur bunga untuk korban kerusuhan Stadion Kanjuruhan Malang di depan Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (2/10/2022). Aksi tersebut sebagai aksi solidaritas antar suporter dan bentuk keprihatinan atas tragedi kerusuhan suporter sepak bola di Stadion Kanjuruhan Malang. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Ajax Amsterdam

Lalu klub sepakbola ternama dari Belanda juga turut mencuitkan keprihatinannya dan menolak kekerasan di dalam pertandingan sepakbola.

“Kami sangat berduka atas tragedi di Malang, Indonesia. Seharusnya tidak pernah ada kekerasan di pertandingan sepak bola. Pikiran semua orang di Ajax bersama semua yang terkena dampak,” tulis akun Twitter @AFCAjax, Minggu (2/10/2022).

Barcelona

Kemudian, klub sepakbola ternama Barcelona dari Liga Spanyol juga menuturkan keprihatinannya dengan menolak kekerasan di dalam dan luar stadion.

"FC Barcelona turut  berduka atas tragedi yang terjadi di  #kanjuruhan dan kami menolak segala tindakan kekerasan di dalam dan di luar stadion. Belasungkawa sedalamnya  bagi para korban dan keluarga mereka. #Indobarça," tulis akun Twitter @fcbarcelona_id.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya