Terra Classic Catat Kenaikan 20 Persen dalam Sehari, Kok Bisa?

Oleh Elga Nurmutia pada 02 Okt 2022, 20:22 WIB
Diperbarui 02 Okt 2022, 20:22 WIB
Ilustrasi Terra (Foto: tangkapan layar terra.money)
Perbesar
Ilustrasi Terra (Foto: tangkapan layar terra.money)

Liputan6.com, Jakarta - Akhir pekan Bitcoin terus beranjak karena aset telah menetap di sekitar USD 19.000 atau Rp 289,71 juta (asumsi kurs 15.248 per dolar AS).

Kebanyakan altcoin juga cukup tenang hari ini, dengan kerugian harian yang kecil. Di sisi lain, LUNC terus meningkat mengikuti kenaikan harga dua digit lainnya. Demikian mengutip cryptopotato, Minggu (2/10/2022).

Cryptocurrency utama mengalami minggu yang tenang, tidak seperti yang sebelumnya. Akhir pekan lalu melihat perdagangan aset sekitar USD 19.000 atau Rp 289,71 juta, sesuatu yang tidak benar-benar berubah sampai Selasa.

Kemudian, BTC melonjak ke level tertinggi 12 hari di USD 20.400 atau Rp 311,05 juta. Namun, itu berumur pendek karena bitcoin langsung menuju ke selatan dan turun di bawah USD 19.000 sekali lagi.

Lalu, itu memantul, kembali ke level yang sangat akrab itu dengan segera, dan tetap di sana sejak itu. Satu-satunya pengecualian datang pada Jumat ketika melonjak menjadi USD 20.000 atau Rp 304,96 juta tetapi  sekali lagi ditolak.

Sabtu cukup membosankan dan lanskapnya sekarang serupa, dengan BTC berdiri hanya beberapa inci di atas UD 19.000. Kapitalisasi pasarnya masih di USD 370 miliar atau Rp 5,641 triliun, sementara dominasinya atas altcoin tertahan di 39,5 persen.

Sebagian besar altcoin juga cukup stagnan dalam skala 24 jam, dengan kerugian yang tidak signifikan. Ethereum turun lebih dari 1 persen dalam sehari, tetapi masih tetap di atas USD 1.300 atau Rp 19,82 juta. Perlu dicatat bahwa ETH adalah salah satu pemain termiskin sejak Penggabungan berlangsung lebih dari dua minggu yang lalu.

Binance Coin, Cardano, Solana, Dogecoin, Polkadot, Shiba Inu, dan Avalanche juga melemah tipis. Ripple, MATIC, dan TRON telah melihat sedikit kenaikan harian.

LUNC adalah pemain terbaik dari alt mid-cap. Mungkin didorong oleh klaim Do Kwon baru-baru ini, Terra Classic naik 20 persen dalam sehari dan lebih dari 50 persen setiap minggu.

Namun demikian, dengan sebagian besar alt lainnya duduk diam hari ini, kapitalisasi pasar kripto secara keseluruhan masih berada di USD 935 miliar atau Rp 14.256 triliun.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Harga Kripto Minggu 2 Oktober 2022

Aset Kripto
Perbesar
Perkembangan pasar aset kripto di Indonesia. foto: istimewa

Sebelumnya, harga kripto jajaran teratas termasuk bitcoin masih melanjutkan koreksi pada perdagangan Minggu (2/10/2022). Harga bitcoin dan ethereum pun masih lesu.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Minggu pagi, 2 Oktober 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, bitcoin (BTC) lanjutkan koreksi pada perdagangan akhir pekan ini. Selama 24 jam terakhir, harga bitcoin melemah 0,45 persen.

Dalam sepekan terakhir, harga bitcoin naik 1,67 persen. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 19.314,16 atau sekitar Rp 294,24 juta (asumsi kurs Rp 15.234 per dolar AS).

Demikian juga harga ethereum (ETH) juga melanjutkan koreksi. Dalam 24 jam terakhir, harga ethereum tergelincir 1,37 persen. Selama sepekan terakhir, harga ethereum susut 1,05 persen. Harga ethereum berada di posisi USD 1.310,62 atau sekitar Rp 19,95 juta.

Harga binance coin (BNB) turun 0,38 persen dalam 24 jam terakhir. Akan tetapi, harga BNB menguat 2,37 persen selama sepekan terakhir. Harga BNB berada di posisi USD 282,64.

Sementara itu, harga XRP melemah tipis 0,10 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan selama sepekan terakhir, harga XRP turun 1,75 persen. Saat ini, harga XRP berada di posisi USD 0,4759.

Harga cardano (ADA) berada di posisi USD 0,4317. Selama 24 jam terakhir, harga cardano turun terbatas 0,55 persen. Namun, selama sepekan terakhir, harga cardano anjlok 5,27 persen.

 


Harga Kripto Lainnya

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital.
Perbesar
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Harga solana (SOL) susut 0,57 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga solana tergelincir 2,22 persen.

Demikian juga harga dogecoin yang berbalik arah menguat. Harga dogecoin turun 1,57 persen dalam 24 jam terakhir. Harga dogecoin tersungkur 3,74 persen dalam sepekan terakhir. Kini, harga dogecoin berada di posisi USD 0,06077.\

Stablecoin seperti tether (USDT) berada di zona merah dalam 24 jam dan sepekan terakhir. Harga tether berada di posisi USD 1,00.

Harga USD Coin (USDC) melemah tipis 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga USDC susut 0,02 persen. Saat ini, harga USDC di USD 1.

Selain itu, harga binance USD (BUSD) menguat 0,05 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga BUSD melemah tipis 0,02 persen. Kini, harga BUSD berada di posisi USD 1,00.


CEO JPMorgan Sebut Kripto Seperti Bitcoin Adalah Skema Ponzi Terdesentralisasi

Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)
Perbesar
Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)

Sebelumnya, CEO JPMorgan, Chase Jamie Dimon mengatakan dalam sidang kongres AS token kripto, seperti bitcoin, adalah skema Ponzi terdesentralisasi. Dia mengatakan kepada anggota parlemen sangat skeptis pada token kripto. 

"Saya sangat skeptis pada token kripto yang Anda sebut mata uang, seperti bitcoin. Mereka adalah skema Ponzi yang terdesentralisasi,” ujar Dimon dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (23/9/2022). 

Bos JPMorgan melanjutkan dengan referensi miliaran dolar hilang setiap tahun melalui kripto, menghubungkan cryptocurrency dengan kejahatan seperti pembayaran ransomware, pencucian uang, perdagangan seks, dan pencurian. Dia menekankan kripto itu "berbahaya".

Eksekutif JPMorgan juga berbicara tentang stablecoin, yang menurutnya tidak akan bermasalah dengan regulasi yang tepat. 

“Tidak ada yang salah dengan stablecoin , yang seperti dana pasar uang, diatur dengan benar,” kata Dimon. 

Mengenai blockchain, dia menegaskan JPMorgan adalah pengguna besar blockchain. Seorang skeptis bitcoin lama, Dimon telah memperingatkan investor pada beberapa kesempatan untuk berhati-hati dalam berinvestasi dalam cryptocurrency. 

Dia selalu memperingatkan mereka tidak memiliki nilai intrinsik. Dia sebelumnya mengatakan bitcoin tidak berharga dan mempertanyakan persediaan BTC yang terbatas. 

Kepala JPMorgan, bagaimanapun, telah berulang kali mengatakan jika inovasi seperti blockchain dan defi adalah nyata. Pada Mei, bank investasi global mengatakan mereka mengharapkan peningkatan penggunaan blockchain di bidang keuangan.

Di sisi lain, JPMorgan menawarkan beberapa investasi terkait kripto, memiliki JPM Coin sendiri, dan memiliki lounge di metaverse. Analis JPMorgan juga lebih optimis tentang bitcoin dan cryptocurrency daripada CEO bank. 

Pada Mei, analis JPMorgan Nikolaos Panigirtzoglou menerbitkan sebuah laporan yang menyatakan bank telah menggantikan real estat dengan aset digital sebagai kelas aset alternatif pilihan bersama dengan dana lindung nilai.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya