Kenalan Lebih Dekat dengan Token Kripto ICP Coin

Oleh Gagas Yoga Pratomo pada 28 Sep 2022, 13:34 WIB
Diperbarui 28 Sep 2022, 13:34 WIB
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay
Perbesar
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Internet Computer (ICP) adalah jaringan blockchain terdesentralisasi yang secara resmi diluncurkan pada Mei 2021 oleh DFINITY Foundation dengan tujuan global untuk mendorong batas fungsionalitas Internet dan mendukung pengembangan kontrak pintar dalam skala yang lebih besar. 

Dilansir dari Coinmarketcap, di antara keuntungan dari proyek ini termasuk tim penggemar kripto yang terampil dan kemampuan untuk kontrak pintar, yang memungkinkan pengembang untuk membuat dApps. 

Selain itu, ICP mendukung skalabilitas yang hampir tak ada habisnya dan tingkat keamanan yang tinggi dipertahankan melalui sistem pemeriksaan.

Misi komprehensif Komputer Internet adalah untuk mengubah Internet publik menjadi platform komputasi kelas dunia. Pengembang memposisikan Komputer Internet sebagai jaringan revolusioner, karena fakta blockchain tersedia untuk umum dan dilengkapi dengan fungsionalitas yang mengesankan. 

Selain itu, proyek ini menyediakan lingkungan tanpa batas untuk kontrak cerdas, berjalan pada kecepatan web dengan pengurangan biaya komputasi.

Dengan bantuan Komputer Internet, pengembang dapat membuat DApps dan menginstal kodenya di Internet. Selanjutnya, dengan ICP, transaksi dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari satu detik, dan dengan biaya rendah. 

Menurut pembuatnya, proyek ini memungkinkan pengguna untuk memilih keluar dari layanan terpusat dan layanan cloud komersial.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Pendiri

Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)
Perbesar
Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)

Siapa Pendiri Komputer Internet?

Dominic Williams adalah Pendiri dan Kepala Ilmuwan DFINITY. Dia adalah seorang ahli teori kripto, yang bertanggung jawab untuk menciptakan Threshold Relay, Probabilistic Slot Consensus, dan teknik kripto baru lainnya, pengusaha serial, dan anggota awal komunitas teknis Bitcoin dan Ethereum. 

Sebelumnya, dia adalah Presiden dan CTO String Labs, inkubator untuk proyek kripto yang didukung ventura, pelopor awal DeFi di Mirror Labs, dan Pendiri dan CEO Fight My Monster, game MMO untuk anak-anak yang berskala hingga jutaan pengguna. 

Ia juga mendirikan beberapa startup seperti System7, Airdocs dan Smartdrivez. Lulus King's College London 1 di Kelas Ilmu Komputer.


Kenalan dengan BTT Coin, Kripto Milik Platform BitTorrent

Aset Kripto
Perbesar
Perkembangan pasar aset kripto di Indonesia. foto: istimewa

Sebelumnya, BitTorrent adalah platform berbagi file dan peer-to-peer (P2P) populer yang telah menjadi semakin terdesentralisasi dalam beberapa tahun terakhir. Awalnya dirilis pada Juli 2001, BitTorrent dibeli oleh platform blockchain TRON pada Juli 2018.

Sejak diakuisisi, BitTorrent telah menambahkan berbagai alat baru, dengan token cryptocurrency asli khusus yaitu BTT Coin, yang dirilis pada Februari 2019. BTT diluncurkan di blockchain TRON sendiri, menggunakan standar TRC-10.

Menurut literatur resminya, BitTorrent saat ini merupakan protokol komunikasi P2P terdesentralisasi terbesar di dunia.

Siapa Pendiri BitTorrent?

BitTorrent asli adalah gagasan Bram Cohen, seorang pengembang dan pengusaha yang sejak saat itu menjadi terkenal di arena cryptocurrency.

Cohen telah menjelaskan dia merancang BitTorrent untuk merebut industri hiburan yang ketinggalan zaman, yang membuat perolehan materi menjadi lambat dan mahal.

Platform ini telah mengalami beberapa pertempuran hukum, dengan Cohen mempertahankan itu tidak melanggar undang-undang hak cipta dalam memungkinkan pengguna untuk berbagi file seperti musik dan film di antara mereka sendiri.

Pada 2018, TRON menyelesaikan akuisisi BitTorrent, membawa BitTorrent di bawah kendali Justin Sun. Sun terkenal karena memasukkan TRON sebagai cryptocurrency dan teknologi blockchain-nya, 

TRON juga berada di balik penambahan cryptocurrency ke BitTorrent, karena token BTT dirilis di blockchain TRON. Langkah ini merupakan bagian dari upaya TRON untuk menambahkan fitur terdesentralisasi lebih lanjut ke platform.


Keunikan

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital.
Perbesar
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Apa yang Membuat BitTorrent Unik?

Tujuan awal BitTorrent adalah untuk mengganggu industri hiburan lama dan bagaimana konsumen mendapatkan konten.

Jaringan distribusi yang mahal dan tidak efisien adalah target utama, dengan pengembang asli Bram Cohen melihat manfaat dalam memungkinkan pengguna internet untuk mendistribusikan konten di antara mereka sendiri secara langsung.

Pada awal 2000-an, BitTorrent menjadi platform berbagi file P2P masuk, dengan TRON melangkah pada 2018.

Di bawah TRON, BitTorrent telah memperluas daya tarik penggunanya kepada mereka yang tertarik dengan solusi terdesentralisasi dan cryptocurrency, serta basis penggunanya sendiri.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya