Sukses

Maskapai di Argentina Keluarkan Tiket dalam Bentuk NFT

Solusi yang dikembangkan oleh Travelx, sebuah perusahaan pengembangan teknologi blockchain.

Liputan6.com, Jakarta - Flybondi, maskapai Argentina berbiaya rendah, memperkenalkan teknologi blockchain dalam operasinya. Perusahaan mengumumkan baru-baru ini akan mulai mengeluarkan tiket dalam bentuk NFT. 

Solusi yang dikembangkan oleh Travelx, sebuah perusahaan pengembangan teknologi blockchain, akan memungkinkan pelanggan untuk berdagang, mentransfer, dan menjual tiket, mengubah nama pengguna hingga tiga hari sebelum penerbangan.

Aliansi juga memperkenalkan kemungkinan pembelian tiket ini menggunakan Binance Pay dengan stablecoin, termasuk USDC di awal. Namun, Travelx mengumumkan stablecoin lainnya akan disertakan untuk memberikan lebih banyak kemungkinan kepada pelanggan.

“Inovasi dalam industri ini akan memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi para pelancong yang akan dapat mengantisipasi rencana perjalanan mereka dengan mengakses tarif yang lebih baik tanpa risiko yang terkait dengan pembelian tiket jauh-jauh hari sebelumnya,” ujar pihak Travelx, dikutip dari Bitcoin, Jumat (23/9/2022). 

Dimasukkannya teknologi Web3 dan NFT dalam operasi semacam itu akan membuka pasar sekunder bagi pelanggan. 

Tentang penggunaan teknologi baru ini, Travelx menyatakan langkah itu membawa fase baru di mana industri perjalanan dan dunia web3 baru bersatu untuk memberikan pengalaman yang jauh lebih fleksibel bagi para wisatawan.

Selain itu, hal ini menghasilkan sumber pendapatan baru dan pengurangan yang kuat dalam biaya transaksi untuk maskapai penerbangan.

Menurut pernyataan Flybondi, perusahaan adalah salah satu organisasi perintis yang menerapkan fungsi semacam ini dan mengharapkan orang lain untuk mengikuti jika eksperimen ini terbukti berhasil.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ford Daftarkan Merek Dagang Terkait Metaverse dan NFT

Sebelumnya, perusahaan otomotif terkemuka Ford telah mengajukan 19 aplikasi merek dagang terkait dengan kemungkinan aktivitas metaverse. Dalam dokumen tersebut, perusahaan juga mengisyaratkan potensi peluncuran NFT di pasar NFT miliknya sendiri. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Rabu (21/9/2022), Ford mengajukan aplikasi merek dagang ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO). 

Sebagian dari aplikasi ini berupaya melindungi representasi digital dari beberapa model mobil Ford yang paling populer, termasuk 150 Lightning, Lincoln, Ford, Lightning, Bronco, Explorer, Raptor, Mustang Mach-E, Transit, Escape, Expedition, Maverick, Ranger, dan Mustang.

Ini menjadi salah satu langkah pertama dalam strategi digital terorganisir Ford, menurut pengacara berlisensi USPTO Mike Kondoudis, yang mengklaim perusahaan itu membuat "langkah besar" ke metaverse dengan pengajuan ini.

Ekspansi Digital Ford

Langkah Ford ini tidak mengejutkan, mengingat sebelumnya perusahaan tersebut telah menjelaskan pihaknya tengah menjajaki dunia digital untuk menciptakan cara-cara baru dalam mengembangkan bisnisnya. 

Pada awal September, direktur merchandising merek global Ford, Alexandra Ford English menyatakan Ford ingin menawarkan kepada penggemar koleksi barang dagangan dan aksesori yang menginspirasi, dan bahkan produk digital seperti NFT.

Ford menjadi perusahaan yang terbaru dari jajaran perusahaan besar yang telah merangkul dunia dan produk digital ini sebagai bagian dari strategi pertumbuhannya. 

Merek lain seperti Hyundai, sebuah perusahaan mobil Korea, telah lebih dulu masuk ke metaverse dengan menghadirkan beberapa produk otomotif masa depan mereka dalam metaverse yang dikenal sebagai Zepetto.

3 dari 4 halaman

Renault Hadirkan Pengalaman Otomotif ke Metaverse

Sebelumnya, Renault, salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia, telah menandatangani kerja sama dengan The Sandbox untuk hadir di dunia metaverse virtualnya. 

Anak perusahaan dari organisasi akan bertanggung jawab untuk hal ini, membangun kehadiran Renault di metaverse untuk memperkenalkan pelanggan virtual ke produk perusahaan.

Pengalaman otomotif ini bertujuan untuk memperkaya platform The Sandbox dan memungkinkan Renault menjangkau lebih banyak audiens, memperluas basis pelanggan potensial dari produk mereka. 

Tentang kemitraan tersebut, CEO The Sandbox Korea, Cindy Lee menyatakan kemitraan ini adalah contoh yang sangat baik dari sebuah kolaborasi.

"Sandbox dapat berkembang tanpa batasan industri. Kami dapat memperkenalkan jenis pengalaman baru yang menggabungkan mobil dan aset digital di The Sandbox,” ujar Lee dikutip dari Bitcoin.com, Rabu, 14 September 2022.

Luasnya kemitraan dan sifat pengalaman yang akan dihasilkannya tidak diungkapkan pada saat itu. Renault sekarang bergabung dengan jajaran perusahaan dan individu yang sudah hadir di platform metaverse berbasis Ethereum.

 

4 dari 4 halaman

Merek Otomotif dan Metaverse

Renault bukanlah pembuat mobil pertama yang bertujuan untuk menempatkan produk di metaverse. Faktanya, metaverse telah menjadi tujuan populer bagi perusahaan-perusahaan otomotif lainnya. 

Misalnya Volkswagen yang mengorganisir kampanye iklan pada April yang disebut "Game On," di mana pengguna harus berburu NFT di lingkungan metaverse. 

Nissan, produsen mobil Jepang, menggunakan metaverse untuk membantu peluncuran salah satu mobil listrik terbarunya, Sakura. Perusahaan mendirikan dunia maya di mana calon pelanggan dapat mengendarai mobil, memeriksa karakteristik dan bentuknya. 

Pengalaman ini, menurut Nissan, memberikan kesempatan untuk terhubung dengan audiens baru yang belum pernah ada sebelumnya. 

Hyundai juga telah menghadirkan pengalaman mobilitas masa depan di studio motor virtual yang terletak di dunia metaverse bernama Zepeto, yang dikelola oleh Naver Z.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.