Sukses

Liverpool Gandeng Startup Olahraga Berbasis Blockchain, Ini Alasannya

Pihak perusahaan mengatakan memiliki kemitraan multi-tahun eksklusif dengan Liverpool.

Liputan6.com, Jakarta - Klub sepak bola Liverpool memperdalam hubungannya dengan dunia kripto dengan memperluas kemitraan dengan startup olahraga berbasis blockchain France, Sorare.

Sorare, adalah game olahraga fantasi online yang melibatkan penjualan kartu olahraga digital berlisensi yang dapat digunakan para pemain untuk membangun tim yang saling bersaing. 

Pihak perusahaan mengatakan memiliki kemitraan multi-tahun eksklusif dengan Liverpool untuk membuat konten dan pengalaman bagi para penggemar. Nantinya akan ada kartu untuk permainan yang bisa dibeli dan diperdagangkan dalam bentuk NFT.

“Dalam kesepakatan baru ini akan ada fitur tambahan seperti kunjungan stadion Liverpool, pengalaman pertandingan, barang dagangan dan konten video yang ditawarkan sebagai hadiah untuk pemenang game online,” kata Sorare, dalam pengumuman perusahaan, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat, 23 September 2022.

Koleksi Aset Digital Industri Olahraga Cukup Populer

Koleksi terkait olahraga terbukti merupakan jenis NFT yang populer saat pasar aset digital meledak menjadi industri bernilai miliaran dolar tahun lalu, meskipun hiruk-pikuk telah mendingin dalam beberapa bulan terakhir.

Harga jual rata-rata Sorare NFT pada Agustus adalah USD 86,14 atau sekitar Rp 1,2 juta turun dari puncaknya sekitar USD 280 pada Maret tahun lalu, menurut pelacak pasar CryptoSlam.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kolaborasi Industri Olahraga dan Kripto

Sorare mengatakan memiliki lebih dari 2 juta pengguna di seluruh dunia dan bermitra dengan lebih dari 280 juta organisasi olahraga, termasuk Major League Baseball di Amerika Serikat dan klub sepak bola Inggris.

Kolaborasi Industri Olahraga dan Kripto

Ini bukan kali pertamanya klub olahraga menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan kripto baik untuk mencetak token sendiri hingga menerbitkan koleksi NFT. Sejumlah klub besar olahraga dari berbagai cabang telah memulai langkah ini sejak popularitas NFT meningkat. 

Bukan cuma klub, para atlet olahraga secara individu juga menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan kripto untuk mulai meluncurkan aset digital pribadi mereka, dengan tujuan semakin dekat dengan para penggemar. 

3 dari 5 halaman

Ford Daftarkan Merek Dagang Terkait Metaverse dan NFT

Sebelumnya, perusahaan otomotif terkemuka Ford telah mengajukan 19 aplikasi merek dagang terkait dengan kemungkinan aktivitas metaverse. Dalam dokumen tersebut, perusahaan juga mengisyaratkan potensi peluncuran NFT di pasar NFT miliknya sendiri. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Rabu (21/9/2022), Ford mengajukan aplikasi merek dagang ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO). 

Sebagian dari aplikasi ini berupaya melindungi representasi digital dari beberapa model mobil Ford yang paling populer, termasuk 150 Lightning, Lincoln, Ford, Lightning, Bronco, Explorer, Raptor, Mustang Mach-E, Transit, Escape, Expedition, Maverick, Ranger, dan Mustang.

Ini menjadi salah satu langkah pertama dalam strategi digital terorganisir Ford, menurut pengacara berlisensi USPTO Mike Kondoudis, yang mengklaim perusahaan itu membuat "langkah besar" ke metaverse dengan pengajuan ini.

Ekspansi Digital Ford

Langkah Ford ini tidak mengejutkan, mengingat sebelumnya perusahaan tersebut telah menjelaskan pihaknya tengah menjajaki dunia digital untuk menciptakan cara-cara baru dalam mengembangkan bisnisnya. 

Pada awal September, direktur merchandising merek global Ford, Alexandra Ford English menyatakan Ford ingin menawarkan kepada penggemar koleksi barang dagangan dan aksesori yang menginspirasi, dan bahkan produk digital seperti NFT.

Ford menjadi perusahaan yang terbaru dari jajaran perusahaan besar yang telah merangkul dunia dan produk digital ini sebagai bagian dari strategi pertumbuhannya. 

Merek lain seperti Hyundai, sebuah perusahaan mobil Korea, telah lebih dulu masuk ke metaverse dengan menghadirkan beberapa produk otomotif masa depan mereka dalam metaverse yang dikenal sebagai Zepetto.

4 dari 5 halaman

Renault Hadirkan Pengalaman Otomotif ke Metaverse

Sebelumnya, Renault, salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia, telah menandatangani kerja sama dengan The Sandbox untuk hadir di dunia metaverse virtualnya. 

Anak perusahaan dari organisasi akan bertanggung jawab untuk hal ini, membangun kehadiran Renault di metaverse untuk memperkenalkan pelanggan virtual ke produk perusahaan.

Pengalaman otomotif ini bertujuan untuk memperkaya platform The Sandbox dan memungkinkan Renault menjangkau lebih banyak audiens, memperluas basis pelanggan potensial dari produk mereka. 

Tentang kemitraan tersebut, CEO The Sandbox Korea, Cindy Lee menyatakan kemitraan ini adalah contoh yang sangat baik dari sebuah kolaborasi.

"Sandbox dapat berkembang tanpa batasan industri. Kami dapat memperkenalkan jenis pengalaman baru yang menggabungkan mobil dan aset digital di The Sandbox,” ujar Lee dikutip dari Bitcoin.com, Rabu, 14 September 2022.

Luasnya kemitraan dan sifat pengalaman yang akan dihasilkannya tidak diungkapkan pada saat itu. Renault sekarang bergabung dengan jajaran perusahaan dan individu yang sudah hadir di platform metaverse berbasis Ethereum.

5 dari 5 halaman

Merek Otomotif dan Metaverse

Renault bukanlah pembuat mobil pertama yang bertujuan untuk menempatkan produk di metaverse. Faktanya, metaverse telah menjadi tujuan populer bagi perusahaan-perusahaan otomotif lainnya. 

Misalnya Volkswagen yang mengorganisir kampanye iklan pada April yang disebut "Game On," di mana pengguna harus berburu NFT di lingkungan metaverse. 

Nissan, produsen mobil Jepang, menggunakan metaverse untuk membantu peluncuran salah satu mobil listrik terbarunya, Sakura. Perusahaan mendirikan dunia maya di mana calon pelanggan dapat mengendarai mobil, memeriksa karakteristik dan bentuknya. 

Pengalaman ini, menurut Nissan, memberikan kesempatan untuk terhubung dengan audiens baru yang belum pernah ada sebelumnya. 

Hyundai juga telah menghadirkan pengalaman mobilitas masa depan di studio motor virtual yang terletak di dunia metaverse bernama Zepeto, yang dikelola oleh Naver Z.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)
    Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)

    NFT

  • Olahraga

  • Blockchain