Sukses

Harga Kripto Hari Ini 14 September 2022: Bitcoin dkk Kembali Melemah

Pasar kripto kembali melemah pada perdagangan Rabu (14/9/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada perdagangan Rabu, 14 September 2022. Mayoritas kripto kembali melemah setelah sempat menguat pada hari sebelumnya.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Rabu (14/9/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) anjlok 9,82 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih menguat 6,20 persen sepekan..

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 20.145 per koin atau setara Rp 301,5 juta (asumsi kurs Rp 14.967 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) masih melanjutkan terkoreksi pagi ini. Selama 24 jam terakhir, ETH ambles 7,23 persen, tetapi masih menguat tipis 0,53 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.589 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) masih bertengger di zona merah. Dalam 24 jam terakhir BNB turun 5,00 persen. Namun masih naik 4,86 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 277,89 per koin. 

Kemudian Cardano kembali melemah pagi ini. Dalam satu hari terakhir ADA ambles 7,77 persen, tetapi masih menguat tipis 0,79 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,4679 per koin.

Adapun Solana (SOL) kembali bertahan turun ke zona merah. Sepanjang satu hari terakhir SOL melemah 10,17 persen, tetapi masih menguat 8,31 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 33,66 per koin.

Begitupun XRP yang turut melemah pagi ini. XRP merosot 6,81 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih naik 2,85 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3336 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) melemah 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya turun sedikit ke level USD 0,9999.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam kembali turun di bawah USD 1 triliun yaitu di kisaran USD 991,3 miliar.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dana Kripto Hasil Lelang NFT Dicuri, Kerugian Sentuh Rp 2,7 Miliar

Sebelumnya, Bill Murray adalah selebritas terbaru yang menjadi sasaran pencuri kripto. Penjahat mengambil 119,2 ETH senilai USD 185.000 atau sekitar Rp 2,7 miliar yang telah dikumpulkan selama lelang amal NFT-nya. 

Dilansir dari CNBC, Senin (12/9/2022), peretas yang tidak dikenal juga berusaha mencuri NFT dari koleksi pribadi Murray, yang mencakup dua NFT CryptoPunk. CryptoPunks adalah salah satu NFT yang paling dicari dan harganya berkisar dari USD 77.600 hingga USD 1,2 juta dalam ether.

Tim keamanan dompet virtual Bill Murray, perusahaan konsultan NFT Project Venkman, mampu melindungi NFT-nya. Namun, mereka tidak dapat melindungi dana yang dikumpulkan untuk amal. Mungkin sulit untuk mengambilnya karena transaksi cryptocurrency biasanya tidak dapat diubah.

Tim Murray mengatakan mereka telah mengajukan laporan polisi dan bekerja dengan perusahaan analitik kripto Chainalysis untuk mengidentifikasi pencuri tersebut. Meskipun dana amal Murray tampaknya hilang, pengguna Coinbase telah menyumbangkan ethereum senilai sekitar USD 187.500 ke Chive Charities, organisasi nirlaba Murray mengumpulkan dana, untuk menggantikan uang yang dicuri.

Scammers Mengincar Siapapun

Murray bukan satu-satunya selebritas yang menjadi sasaran koleksi digital mereka yang mahal. Pada Mei,, aktor dan produser Seth Green kehilangan empat NFT Bored Ape karena penipuan phishing, yaitu ketika pencuri dunia maya mencuri informasi pribadi pengguna dengan menipu mereka dengan tautan palsu.

CryptoPunks dan Bored Ape adalah salah satu NFT yang paling terkenal dan target pencurian yang populer. 

3 dari 5 halaman

Koleksi Bored Ape yang Dicuri

Sejak koleksi Bored Ape Yacht Club diluncurkan pada Juni 2021, total 143 NFT Bored Ape senilai hampir USD 13,6 juta telah dilaporkan dicuri pada Agustus 2022, menurut Immunefi, sebuah perusahaan keamanan Web3.

Meskipun penipuan kripto yang melibatkan selebritas cenderung menjadi yang paling terkenal, mereka tentu saja bukan yang paling umum.

Chief operating officer Solidus Labs, sebuah perusahaan yang menyediakan layanan pengawasan perdagangan, Chen Arad mengatakan penjahat dunia maya cenderung mengejar selebriti khususnya karena menarik lebih banyak perhatian.

“Selebriti juga dianggap kaya dan seringkali, menjadikan mereka target yang bagus,” ujar Arad. 

Dia menambahkan, penipu tidak mendiskriminasi dan menargetkan siapa pun yang mereka pikir bisa mendapatkan uang, dari selebritas hingga bangsawan hingga orang biasa.

4 dari 5 halaman

IMF Rilis Laporan Baru, Ungkap Rintangan Atur Kripto

Sebelumnya, Dana Moneter Internasional (IMF) menerbitkan sebuah laporan berjudul "Mengatur Kripto: Aturan yang tepat dapat memberikan ruang yang aman untuk inovasi" dalam edisi September majalah Finance & Development andalannya. 

Laporan tersebut ditulis oleh wakil direktur Departemen Moneter dan Pasar Modal IMF Aditya Narain dan asisten direktur Marina Moretti.  Dalam laporan itu disebutkan aset kripto telah ada selama lebih dari satu dekade, tetapi baru sekarang banyak upaya untuk mengaturnya menjadi agenda utama para regulator. 

"Hanya dalam beberapa tahun terakhir aset kripto telah beralih dari produk khusus untuk mencari tujuan menjadi memiliki kehadiran yang lebih utama sebagai investasi spekulatif, lindung nilai terhadap mata uang yang lemah, dan instrumen pembayaran potensial,” isi laporan IMF, dikutip dari Bitcoin.com, Senin (12/9/2022). 

Selain itu, banyaknya kegagalan pengembang koin, pertukaran kripto, dan dana lindung nilai, serta penurunan baru-baru ini dalam penilaian kripto telah menambah dorongan untuk para regulator untuk mengatur kripto. 

Laporan tersebut juga merinci tantangan dalam mengatur kripto. Terutama dalam menerapkan kerangka peraturan yang ada pada aset kripto, atau mengembangkan yang baru, merupakan tantangan karena beberapa alasan.

5 dari 5 halaman

Tantangan Mengatur Kripto

Regulator berjuang untuk mendapatkan bakat dan mempelajari keterampilan untuk mengimbangi sumber daya yang terbentang dan banyak prioritas lainnya. 

"Memantau pasar kripto sulit karena datanya tidak merata, dan regulator merasa sulit untuk mengawasi ribuan aktor yang mungkin tidak tunduk pada pengungkapan atau persyaratan pelaporan,” jelas laporan IMF. 

Memperhatikan upaya di tingkat nasional dan internasional untuk mengembangkan peraturan kripto, pejabat IMF mengatakan rangkaian peraturan sedang dijalin, dan sebuah pola diharapkan akan muncul. 

“Tetapi kekhawatirannya adalah semakin lama waktu yang dibutuhkan, semakin banyak otoritas nasional akan terkunci dalam kerangka peraturan yang berbeda,” tulis laporan itu. 

Kerangka peraturan global akan menertibkan pasar, membantu menanamkan kepercayaan konsumen, menetapkan batas-batas apa yang diizinkan, dan menyediakan ruang yang aman bagi inovasi yang berguna untuk dilanjutkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.