Sukses

Intip Tips Transaksi Kripto Aman dari Indodax

Indodax menetapkan sistem MFA (Multi Factor Authentication).

Liputan6.com, Jakarta - Indodax, sebagai salah satu platform trading aset kripto di Indonesia ungkap memiliki sistem keamanan yang protektif dan mumpuni. Indodax berfokus kepada pelanggan, sehingga selalu berbenah untuk memberikan keamanan ekstra, terlebih setelah melihat tingginya minat investasi kripto beberapa waktu kebelakang.

Tingginya investasi kripto, dibuktikan berdasarkan data Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang mencatat, hingga Juni 2022 jumlah investor kripto di Tanah Air mencapai 15,1 juta investor. 

Hal Ini tentu membawa pengaruh besar terhadap jumlah investor dan volume transaksi di Indodax yang kini sudah mencapai 5,5 juta member terdaftar, 

CTO Indodax, William Sutanto mengatakan, Indodax menetapkan sistem MFA (Multi Factor Authentication) dan memiliki banyak persyaratan demi proteksi penuh.

“Fokus kami adalah kepada customer. Kami selalu mengawasi sistem kami agar bisa meminimalisir problem terutama terkait peretasan, salah satunya yaitu dengan mengimplementasi fitur MFA untuk mencegah account takeover,” ujar William dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (9/9/2022). 

MFA merupakan singkatan dari Multi Factor Authentication, yaitu sebuah konsep melindungi akun digital dengan menerapkan 2 atau lebih teknik autentikasi. Akun Indodax, selain diproteksi dengan password juga ditambahkan dengan konfirmasi email, SMS OTP dan Google Authenticator untuk keamanan ekstra.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Aman

Tidak hanya itu, William pun menambahkan inventory kripto investor diamankan menggunakan teknologi MPC (multi-party computation) dan TAP (Transaction Authorization Policy) yang kompleks untuk memastikan tidak ada satu orang pun baik internal maupun eksternal yang bisa mengakses.

Sistem dengan teknologi keamanan canggih tersebut kemudian diaudit oleh berbagai lembaga independen hingga Indodax saat ini memegang tiga sertifikasi ISO sekaligus yaitu ISO 9001, ISO 27001, dan ISO 27017.

Melihat tingginya minat investasi kripto, William pun memberikan tips agar dapat bertransaksi kripto dengan aman dan nyaman dan bisa meminimalisir data dan aset agar tidak rentan dibobol.

"Terlebih dahulu, investor perlu memastikan bahwa mereka bertransaksi di platform crypto exchange yang terpercaya dan sudah terdaftar di Bappebti,” ujar William.

William pun meminta agar pengguna bisa berhati-hati ketika melakukan login, dan selalu memastikan website yang dibuka merupakan alamat yang benar. 

"Jika Anda menemui website dengan nama dan tampilan yang mirip, hampir pasti halaman tersebut merupakan website phishing yang bertujuan untuk mencuri password Anda. Jangan pernah berikan password kepada siapapun,” pungkas William.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Jumat Pagi 9 September 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada perdagangan Jumat, 9 September 2022. Mayoritas kripto berhasil bertengger di zona hijau setelah sempat anjlok pada hari sebelumnya.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Jumat (9/9/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) sayangnya harus melemah tipis yaitu 0,15 persen dalam 24 jam terakhir dan 3,88 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 19.314 per koin atau setara Rp 287,6 juta (asumsi kurs Rp 14.894 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga turut melemah tipis pagi ini. Selama 24 jam terakhir, ETH turun 0,36 persen, tetapi masih melemah 2,81 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.631 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) masih bertengger di zona hijau. Dalam 24 jam terakhir BNB menguat 1,07 persen dan 1,08 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 280,93 per koin. 

 

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Kemudian Cardano masih menguat pagi ini. Dalam satu hari terakhir ADA menguat 0,27 persen dan 4,78 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,4784 per koin.

Adapun Solana (SOL) masih bertahan di zona hijau sejak kemarin. Sepanjang satu hari terakhir SOL melesat 2,52 persen dan 6,49 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 33,52 per koin.

Begitupun XRP yang masih perkasa pagi ini. XRP menguat 1,12 persen dalam 24 jam terakhir dan 2,70 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3414 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,04 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi harganya masih bertahan di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam naik dari kisaran USD 979  miliar menjadi USD 981,1 miliar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.