Sukses

Perusahaan Kripto Bangkrut, Voyager Digital Bakal Lelang Aset pada September 2022

Lelang awalnya dijadwalkan pada 29 Agustus 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan pemberi pinjaman kripto yang bangkrut, Voyager Digital mengajukan pemberitahuan pada Selasa (6/9/2022) dengan Pengadilan Kepailitan Amerika Serikat yang memberi tahu tentang niatnya untuk mengadakan lelang aset yang tersisa. 

Lelang diusulkan untuk berlangsung pada 13 September 2022 di kantor Manhattan dari bankir investasi Voyager Digital, Moelis & Company, dengan audiensi untuk menyetujui hasilnya pada 29 September. 

Dilansir dari Cointelegraph, Kamis (8/9/2022), lelang awalnya dijadwalkan pada 29 Agustus 2022. Agar lelang dapat diadakan, banyak pihak harus menunjukkan minat dalam akuisisi aset Voyager Digital. 

Pada 22 Juli, FTX mengajukan penawaran untuk membeli semua aset Voyager Digital dan pinjaman aset digital, kecuali pinjaman ke Three Arrows Capital (3AC). Tawaran itu diberi label "lowball" oleh pemberi pinjaman dan ditolak dalam beberapa hari.

Voyager menangguhkan perdagangan, penyetoran, penarikan, dan penghargaan loyalitas pada 1 Juli dan mengumumkan pada 5 Juli mereka akan memasuki reorganisasi Bab 11, suatu bentuk kebangkrutan, dengan utang lebih dari USD 1 miliar. 

Perusahaan mengatakan pelanggan dengan cryptocurrency di akun mereka akan menerima “kombinasi kripto di akun mereka, hasil dari pemulihan 3AC, saham biasa di Perusahaan yang baru direorganisasi, dan token Voyager.

Kebangkrutan Voyager Digital terjadi beberapa hari setelah perusahaan mengeluarkan pemberitahuan default dan sedang menjajaki upaya hukum terhadap Three Arrows Capital, yang berutang 15.250 Bitcoin (BTC) dan 350 juta USD Coin (USDC). Voyager Digital meyakinkan pelanggan mereka akan terus melayani akun mereka. 

Pada Agustus, pengadilan mengizinkan Voyager Digital untuk membayar karyawan "kunci" yang menurut perusahaan sangat penting untuk melanjutkan operasinya meskipun ada keberatan dari investor. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Voyager Digital Bakal Pulihkan Akses ke Setoran Tunai Mulai 11 Agustus 2022

Sebelumnya, pemberi pinjaman Crypto Voyager Digital mengatakan pada Jumat, 5 Agustus 2022 berencana untuk memulihkan akses ke setoran tunai pada 11 Agustus 2022.

Langkah pertama perusahaan dalam mengembalikan hingga USD 270 juta atau Rp 4,02 triliun dalam mata uang fiat kepada pelanggannya. Rencana tersebut muncul setelah Voyager Digital, yang sedang melalui proses kebangkrutan, memperoleh persetujuan pengadilan Kamis untuk menghormati permintaan penarikan dolar pelanggan dari Metropolitan Commercial Bank, di mana Voyager memiliki rekening deposito. 

Dalam sebuah unggahan blog, Voyager mengatakan butuh 5 hingga 10 hari untuk memproses permintaan pengembalian.

Voyager, yang dipimpin oleh CEO Steve Ehrlich, mengajukan pada Juli untuk perlindungan kebangkrutan setelah menderita kerugian besar yang berasal dari meledaknya dana lindung nilai crypto Three Arrows Capital dan penurunan pasar crypto yang lebih luas. 

Sementara itu, pelanggannya telah meminjamkannya miliaran dolar dalam aset kripto. Token itu tetap terkunci untuk saat ini.

Dalam unggahan blog, Voyager mengatakan sedang mengejar proses restrukturisasi mandiri dalam upaya untuk memaksimalkan nilai kripto pada platform. 

3 dari 4 halaman

Regulator AS Ancam Voyager Digital, Ada Apa?

Sebelumnya, regulator perbankan AS telah memerintahkan perusahaan kripto yang bangkrut, Voyager Digital untuk berhenti membuat klaim "palsu dan menyesatkan" soal dana pelanggannya dilindungi oleh pemerintah.

Dalam surat yang dikirim ke eksekutif perusahaan, regulator memerintahkan perusahaan untuk menghapus semua pernyataan menyesatkan dalam waktu dua hari kerja setelah menerima surat itu. 

Regulator menambahkan tindakan seperti itu tidak akan menghalangi agensi untuk mengambil tindakan lebih lanjut terhadap perusahaan di masa depan.  Federal Reserve dan Federal Deposit Insurance Corp (FDIC) mengirim surat kepada perusahaan pada Kamis, 28 Juli 2022 menyatakan mereka percaya Voyager Digital telah menyesatkan pelanggan dengan mengklaim dana mereka dan perusahaan akan dilindungi pemerintah.

Regulator mengatakan perusahaan, yang menyatakan kebangkrutan awal bulan ini, dan eksekutifnya telah membuat berbagai pernyataan yang menunjukkan Voyager diasuransikan oleh FDIC. 

 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Pelanggan yang berinvestasi dalam platform cryptocurrency akan memiliki dana yang diasuransikan, dan FDIC akan mengasuransikan dana pelanggan, jika terjadi kegagalan Voyager.

“Pada kenyataannya, perusahaan hanya memiliki rekening deposito di Metropolitan Commercial Bank, dan pelanggan yang berinvestasi melalui platform perusahaan tidak memiliki asuransi FDIC,” kata regulator, dikutip dari Channel News Asia, Jumat (29/7/2022). 

"Berdasarkan informasi yang dikumpulkan hingga saat ini, tampaknya representasi ini kemungkinan menyesatkan dan diandalkan oleh pelanggan yang menempatkan dana mereka dengan Voyager dan tidak memiliki akses langsung ke dana mereka," lanjut regulator dalam pernyataan bersama.

Voyager adalah salah satu dari beberapa perusahaan kripto yang berjuang di tengah gejolak pasar kripto yang luas. Dalam pengajuan kebangkrutan Bab 11 awal bulan ini, Voyager memperkirakan ia memiliki lebih dari 100.000 kreditur dan aset antara USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,8 triliun dan USD 10 miliar (Rp 148,5 triliun).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.