Sukses

IMF Sebut Koreksi Kripto Jadi Momen Perlunya Aturan

IMF telah menyerukan tanggapan global terhadap regulasi kripto yang terkoordinasi, konsisten, dan komprehensif.

Liputan6.com, Jakarta - Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) menerbitkan sebuah laporan yang menyatakan aset kripto menjadi lebih utama sebagai investasi spekulatif, lindung nilai terhadap mata uang yang lemah, dan instrumen pembayaran potensial.

Mengutip Bitcoin, IMF telah menyerukan tanggapan global terhadap regulasi kripto yang terkoordinasi, konsisten, dan komprehensif.

IMF menerbitkan sebuah laporan berjudul "Mengatur Kripto: Aturan yang tepat dapat memberikan ruang yang aman untuk inovasi" dalam edisi September di majalah Finance & Development.Laporan tersebut ditulis oleh Wakil Direktur Departemen Moneter dan Pasar Modal IMF Aditya Narain dan Asisten Direktur Marina Moretti.

"Aset kripto telah ada selama lebih dari satu dekade, tetapi baru sekarang upaya untuk mengaturnya telah menjadi agenda utama kebijakan. Hanya dalam beberapa tahun terakhir aset kripto telah beralih dari produk khusus untuk mencari tujuan menjadi memiliki kehadiran yang lebih utama sebagai investasi spekulatif, lindung nilai terhadap mata uang yang lemah, dan instrumen pembayaran potensial,” tulis laporan tersebut, dikutip Selasa (6/9/2022).

Menurut penulisnya, kegagalan penerbit kripto, pertukaran, dan dana lindung nilai serta penurunan baru-baru ini dalam penilaian kripto telah menambah dorongan dalam mendorong regulasi. Laporan tersebut membuat secara rinci mengenai tantangan dalam mengatur kripto.

"Menerapkan kerangka peraturan yang ada pada aset kripto, atau mengembangkan yang baru merupakan tantangan karena beberapa alasan,” tulis Narain dan Moretti.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

IMF Sebut Perlunya Koordinasi

“Sebagai permulaan, dunia kripto berkembang pesat. Regulator berjuang untuk mendapatkan bakat dan mempelajari keterampilan untuk mengimbangi sumber daya yang terbentang dan banyak prioritas lainnya. Memantau pasar kripto sulit karena datanya tidak merata, dan regulator merasa sulit untuk mengawasi ribuan aktor yang mungkin tidak tunduk pada pengungkapan atau persyaratan pelaporan yang khas, ” jelas mereka.

Sementara itu, memperhatikan upaya di tingkat nasional dan internasional untuk mengembangkan peraturan kripto, pejabat IMF mengatakan, rangkaian peraturan sedang dijalin, dan sebuah pola diharapkan akan muncul.

"Tetapi kekhawatirannya adalah semakin lama waktu yang dibutuhkan, semakin banyak otoritas nasional akan terkunci dalam kerangka peraturan yang berbeda,” katanya.

Menurut dia, inilah sebabnya IMF menyerukan tanggapan global yang terkoordinasi, konsisten, dan komprehensif.

"Kerangka peraturan global akan menertibkan pasar, membantu menanamkan kepercayaan konsumen, menetapkan batas-batas apa yang diizinkan, dan menyediakan ruang yang aman bagi inovasi yang berguna untuk melanjutkan,” ujar dia.

 

3 dari 4 halaman

IMF: Korelasi Kripto dan Pasar Saham Asia Melonjak

Sebelumnya, pejabat di Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan korelasi antara kinerja pasar saham Asia dan aset kripto seperti bitcoin dan ethereum telah meningkat secara signifikan.

Hal itu disampaikan IMF dalam postingan blog pada Senin, 22 Agustus 2022 tentang regulasi cryptocurrency dan bagaimana kripto sekarang lebih sejalan dengan ekuitas Asia. 

Postingan tersebut ditulis oleh wakil direktur Departemen Asia dan Pasifik IMF, Anne-Marie Gulde-Wolf, kepala misi untuk India, Nada Choueiri, dan seorang ekonom di divisi analisis stabilitas keuangan global dari Departemen Pasar Moneter dan Keuangan IMF, Tara Iyer. 

"Sementara korelasi pengembalian dan volatilitas antara bitcoin dan pasar saham Asia rendah sebelum pandemi, ini telah meningkat secara signifikan sejak 2020," tulis mereka dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (26/8/2022). 

Postingan tersebut menjelaskan perdagangan kripto, bagaimanapun, melonjak karena jutaan orang tinggal di rumah dan menerima bantuan pemerintah, sementara suku bunga rendah dan kondisi pembiayaan yang mudah juga berperan.

“Ketika investor Asia masuk ke kripto, korelasi antara kinerja pasar ekuitas kawasan dan aset kripto seperti bitcoin dan ethereum telah meningkat,” jelas postingan tersebut. 

 

4 dari 4 halaman

Korelasi

Pejabat IMF mencatat misalnya, korelasi pengembalian bitcoin dan pasar saham India telah meningkat 10 kali lipat selama pandemi, menunjukkan manfaat diversifikasi risiko kripto yang terbatas. 

Pejabat IMF lebih lanjut mencatat kenaikan korelasi crypto-equity di Asia telah disertai dengan peningkatan tajam dalam limpahan volatilitas crypto-equity di beberapa negara Asia.

"Hal ini menunjukkan semakin meningkatnya keterkaitan antara dua kelas aset yang memungkinkan transmisi guncangan yang dapat berdampak pada pasar keuangan," jelas mereka. 

Para penulis menambahkan, mereka harus menetapkan pedoman yang jelas tentang lembaga keuangan yang diatur dan berusaha untuk menginformasikan dan melindungi investor ritel. Hingga akhirnya, sepenuhnya efektif, regulasi kripto harus dikoordinasikan secara erat di seluruh yurisdiksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.