Saluran Youtube Pemerintah Korea Selatan Kena Retas, Diputar Video Kripto Elon Musk

Oleh Elga Nurmutia pada 04 Sep 2022, 20:47 WIB
Diperbarui 06 Sep 2022, 09:39 WIB
Ilustrasi Aplikasi YouTube
Perbesar
Ilustrasi Aplikasi YouTube (Szabó Viktor on Pexels)

Liputan6.com, Jakarta - Saluran Youtube resmi pemerintah Korea Selatan telah diretas pada Sabtu dan mereka yang melakukannya, menyiarkan klip terkait cryptocurrency. Video itu juga menampilkan miliarder dan penggemar kripto Elon Musk, hal itu diungkapkan media lokal di Seoul.

Mengutip Bitcoin, saluran Youtube resmi pemerintah Korea Selatan menjadi sasaran serangan peretasan pada Sabtu, 3 September 2022. Pelaku berhasil menyiarkan video bertema kripto, ungkap kantor berita Korea Yonhap dalam laporan berdasarkan pernyataan pejabat dari kekuasaan eksekutif di Seoul dan Google.

Pada Sabtu dini hari, saluran di platform berbagi video itu tampaknya telah diretas karena namanya diubah menjadi "Spacex Invest."

Itu juga menunjukkan siaran langsung yang didedikasikan untuk cryptocurrency yang mencakup wawancara dengan raja bisnis AS dan pendiri dan CEO Spacex Elon Musk.

Seorang perwakilan dari Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Republik Korea, yang bertanggung jawab untuk mengelola akun Youtube, mengatakan karyawan departemen mengetahui situasi sekitar pukul 6 pagi. Mereka segera mengambil tindakan keamanan dan dapat memulihkan kendali atas saluran pada 07:20.

Kecurigaan utama adalah ID dan kata sandi akun telah dicuri. Google, perusahaan induk Youtube, memberikan konfirmasi bahwa saluran tersebut telah diretas.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Penyelidikan

Ilustrasi Youtube
Perbesar
Ilustrasi Youtube (Photo by Sara Kurfeß on Unsplash)

Yonhap menambahkan, sementara juga mengutip seorang pejabat di Google Korea yang mengatakan unit tersebut sedang menyelidiki insiden peretasan tersebut.

Awal pekan ini, akun Youtube yang dikelola oleh Korea Tourism Organization (KTO) juga diretas. Saluran, dengan lebih dari setengah juta pelanggan, pertama kali ditargetkan pada Kamis, kemudian lagi pada hari berikutnya, dan masih belum tersedia.

Sementara itu, seorang perwakilan KTO mengatakan kepada kantor berita, Google secara otomatis memblokir akses ke akun jika mendeteksi aktivitas abnormal.

Dalam serangan peretasan lain baru-baru ini, sebuah kelompok anti-pemerintah yang disebut 'Partisan Cyber Belarusia' mencoba menjual paspor Presiden Belarusia Alexander Lukashenko sebagai NFT.

Kolektif hacktivist telah meningkatkan cryptocurrency untuk mendanai kegiatannya menentang keterlibatan Minsk dalam invasi Rusia ke negara tetangga Ukraina.


El Salvador Siap Kucurkan Rp 3 Triliun demi Benahi Sektor Pariwisata Bitcoin

Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Perbesar
Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Sebelumnya, Bitcoin Beach, sebuah pantai di El Zonte, El Salvador, mendapatkan serangkaian peningkatan infrastruktur dari pemerintah negara tersebut. Mengenai rencana ini, disampaikan langsung oleh Presiden El Salvador, Nayib Bukele.

Pantai ini menjadi ikon karena adopsi bitcoin untuk membangun ekonomi sirkular di daerah tersebut. Investasi ini akan diarahkan untuk membangun serangkaian fasilitas baru bagi wisatawan untuk lebih menikmati lokasi.

“El Zonte bagi banyak orang dikenal sebagai Pantai Bitcoin, kita akan membenahi area seluas 15.000 meter persegi, di mana akan ada pusat perbelanjaan, parkir, klub pantai, pabrik pengolahan, untuk merevitalisasi area tersebut,” ujar Bukele dikutip dari Bitcoin.com, Jumat, 2 September 2022.

Surf City, pantai yang juga dikenal sebagai El Tunco, juga akan diuntungkan dari investasi ini yang akan meluas di sepanjang wilayah La Libertad. Ini adalah bagian dari fase kedua proyek Surf City, yang bertujuan untuk membawa perkembangan strategis ke daerah tersebut untuk membantu pariwisata berkembang.

Secara total, pemerintah El Salvador akan menghabiskan lebih dari USD 203 juta atau sekitar Rp 3 triliun untuk infrastruktur, termasuk sistem drainase baru, jembatan, dan jalan sepeda, di antara fasilitas lainnya.

 


Bitcoin dan Surf Sangat Penting untuk Pariwisata

Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Perbesar
Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Serangkaian investasi ini sejalan dengan apa yang telah dinyatakan pemerintah sebelumnya tentang pengaruh surfing dan bitcoin terhadap pertumbuhan pariwisata nasional. 

Sebuah laporan baru-baru ini yang dikeluarkan mengkonfirmasi El Salvador berada di daftar negara-negara yang telah memulihkan pendapatan mereka yang berasal dari pariwisata ke tingkat sebelum pandemi.

Bukele mengaitkan ini dengan tiga elemen penting dalam pemulihan ini yaitu, perang melawan geng, selancar, dan bitcoin. Pejabat pemerintah El Salvador lainnya juga memuji bitcoin sebagai katalis pertumbuhan pariwisata tahun ini. 

Pada April, Morena Valdez, menteri pariwisata di El Salvador, menyatakan bahwa adopsi bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah telah membantu sektor ini tumbuh sebesar 30 persen.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya