Sukses

Minat Investor Kurang, Penerbitan Obligasi Bitcoin El Salvador Mundur

Penawaran obligasi ini seharusnya diluncurkan pada awal 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Penawaran obligasi yang didukung oleh Bitcoin, atau yang disebut Volcano Bond El Salvador terus menghadapi penundaan karena kurangnya minat investor dan peraturan belum selesai.

Presiden El Salvador, Najib Bukele mengumumkan rencana untuk mengumpulkan USD 1 miliar melalui obligasi yang didukung oleh bitcoin (BTC) pada November 2021, tak lama setelah El Salvador menjadi negara pertama di dunia yang mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. 

Penawaran ini seharusnya diluncurkan pada awal 2022, tetapi telah menghadapi penundaan, setidaknya sebagian penundaan karena anjloknya harga bitcoin. Di sisi lain, Kongres El Salvador juga harus meloloskan undang-undang yang diperlukan untuk penerbitan obligasi. 

Chief Technology Officer, Tether Paolo Ardoino yang telah bekerja sama dengan El Salvador dalam proyek bitcoin mengatakan pejabat pemerintah telah memberitahunya untuk mengharapkan pengesahan peraturan pada September 2022.

Jika itu terjadi, kata Ardoino, dia akan mengharapkan dua hingga tiga bulan lagi sebagai waktu yang cukup untuk meluncurkan Volcano Bond, menunjukkan penjualan bisa dilakukan sebelum akhir 2022.

Sebelumnya pada Februari 2022 Menteri Keuangan El Salvador, Alejandro Zelaya mengatakan penerbitan obligasi akan berlangsung antara 15 Maret dan 20 Maret 2022 tetapi beberapa minggu kemudian menunda karena pecahnya perang antara Ukraina dan Rusia.

“Kami memiliki alat yang hampir selesai, tetapi konteks internasional akan memberi tahu kami,” kata Zelaya saat itu, dikutip dari CoinDesk, Rabu (31/8/2022). 

Sejak September 2021 lalu hingga saat ini, El Salvador telah mengakuisisi 2.301 bitcoin dengan harga sekitar USD 103,9 juta, atau setara Rp 1,5 triliun menurut pengumuman yang dikumpulkan dari Bukele. 

Bitcoin tersebut bernilai sekitar USD 45 juta saat ini. Pembelian terbaru terjadi pada 30 Juli, ketika negara tersebut membeli 80 koin dengan harga masing-masing USD 19.000.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Presiden El Salvador Nayib Bukele Kembali Serok Bitcoin

Sebelumnya, tidak terpengaruh oleh kerugian besar yang ditimbulkan oleh strateginya menggunakan dana publik untuk berinvestasi di Bitcoin, Presiden El Salvador, Nayib Bukele mengumumkan dia menghabiskan USD 1,5 juta atau sekitar Rp 22,4 miliar lagi untuk membeli 80 BTC dengan harga USD 19.000 per koin.

“El Salvador membeli hari ini 80 BTC seharga USD 19.000 masing-masing. Bitcoin adalah masa depan, terima kasih telah menjual dengan harga murah,” kata Bukele dalam sebuah cuitan di Twitter, dikutip dari Decrypt, Selasa (5/7/2022). 

Menurut tweetnya sendiri, sebelum pengumuman terbarunya ini, Bukele telah menginvestasikan sekitar USD 104 juta untuk membeli 2.301 bitcoin dengan harga rata-rata USD 45.171.

Kemarin, ketika Bitcoin turun menjadi USD 19.000, simpanan Bitcoin El Salvador bernilai USD 43.719.000, menyiratkan kerugian bagi negara sekitar USD 60,2 juta. Dengan pembelian terbaru ini, Bukele akan menurunkan harga rata-rata yang diinvestasikan per Bitcoin dari USD 45.171 menjadi USD 44.219. 

Ini berarti Bitcoin harus meroket menjadi USD 44.219 (lebih dari 100 persen) agar Bukele dapat menutup investasi yang dilakukan atas nama negaranya bahkan tanpa mengambil keuntungan apa pun.

Strategi mengumpulkan Bitcoin setelah penurunan besar-besaran juga telah direplikasi oleh investor Bitcoin jangka panjang optimis lainnya. CEO MicroStrategy, Michael Saylor, baru-baru ini mengumumkan pembelian Bitcoin baru senilai USD 10 juta, membawa perbendaharaan perusahaannya menjadi 129.699 BTC dengan harga rata-rata USD 30.664. 

 

 

3 dari 4 halaman

Tak Peduli Fluktuasi Jangka Pendek

Ini mewakili kerugian sekitar USD 1,3 miliar, tetapi seperti Bukele, Saylor tampaknya tidak terlalu peduli dengan fluktuasi jangka pendek Bitcoin.

Selain menggandakan Bitcoin meskipun mengalami kerugian besar, pembelian terbaru Bukele terkenal karena alasan lain. Presiden, untuk pertama kalinya, membagikan detail baru mengenai proses pembelian BTC negaranya. 

Bukele menunjukkan tangkapan layar dari beberapa pesanan pembelian BTC yang dieksekusi tepat pada USD 19.000. Jika tangkapan layar yang dibagikan tersebut sesuai dengan akun yang digunakan untuk membeli Bitcoin El Salvador, itu berarti presiden menggunakan pertukaran terpusat tradisional untuk perdagangannya dan bukan over-the-counter (OTC).

Bisa juga berarti Bukele tidak melakukan pembelian harga pasar tetapi membiarkan pesanan pembelian "batas" terbuka. Dalam hal ini, pesanan sebagian dipenuhi setelah selesai karena harga Bitcoin menyentuh tepat USD 19.000.

4 dari 4 halaman

Korelasi Kripto dan Saham

Kripto kembali selaras dengan pasar ekuitas utama pada Jumat, yang turun mengikuti angka pekerjaan sebelum mendapatkan kembali kekuatan di sore hari untuk berakhir datar. 

Nasdaq yang berbasis teknologi turun 0,5 persen pada Jumat sementara S&P 500, yang memiliki komponen teknologi kuat, turun 0,2 persen. Namun demikian, kedua indeks menguat untuk minggu ketiga berturut-turut, tidak hanya didukung oleh tanda-tanda pertumbuhan yang lambat tetapi juga prakiraan optimis dari sejumlah merek teknologi dan jasa keuangan global.

Berita di Industri Kripto

Sementara itu, industri kripto mengalami campuran berita baik dan buruk. Pada Senin pekan lalu, eksploitasi protokol pesan lintas rantai Nomad alami peretasan senilai USD 200 juta. 

Di sisi lain, berita baik muncul dari inisiatif terbaru yang melibatkan investor institusi besar. Manajer aset Brevan Howard telah menyelesaikan peluncuran dana lindung nilai kripto terbesar yang pernah ada, dengan lebih dari USD 1 miliar aset yang dikelola.

Kemudian, BlackRock membentuk kemitraan dengan pertukaran kripto Coinbase untuk membuat kripto tersedia langsung bagi investor institusi. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.