Sukses

Pasar Kripto Ambles Seret Bitcoin ke Level Terendah 3 Minggu

Pasar kripto anjlok lagi mayoritas kripto teratas ambruk.

Liputan6.com, Jakarta - Harga Bitcoin dan kripto lainnya kembali jatuh ke level terendah dalam lebih dari tiga minggu, pada Sabtu, 20 Agustus 2022. Bitcoin turun di bawah USD 22.000 atau sekitar Rp 326,4 juta di tengah aksi jual kripto yang tiba-tiba di awal perdagangan Eropa.

Itu terjadi tak lama setelah koin digital terbesar di dunia melampaui level USD 25.000 untuk pertama kalinya sejak Juni menyusul kenaikan saham AS. Penyebab spesifik penurunan pada saat itu, yang juga membuat Binance Coin, Cardano dan Solana jatuh.

Analis investasi dan pasar senior di Hargreaves Lansdown, Susannah Streeter mengatakan penurunan itu tidak menunjukkan pola crash karena aset tidak segera rebound tajam tetapi tenggelam lebih rendah pada jam-jam berikutnya.

“Sepertinya hal itu terjadi sebagai akibat dari transaksi penjualan yang besar, tanpa adanya faktor eksternal lainnya,” kata Streeter dikutip dari CNBC, Senin (22/8/2022). 

Streeter mengatakan tampaknya Cardano membuat penurunan pertama, diikuti oleh Bitcoin dan Ether dan kemudian koin yang lebih kecil seperti Dogecoin.

“Meskipun berada pada USD 21.800 Bitcoin masih jauh dari posisi terendah Juni di bawah USD 19.000, volatilitas sekali lagi menghancurkan pasar," tutur Streeter.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ikuti Bursa Saham yang Lesu

Kripto Mengikuti Ekuitas yang Lebih Rendah

Analis pasar kripto di eToro, Simon Peters memaparkan pasar ekuitas AS telah melemah sejak rilis risalah rapat Fed Juli pada Rabu lalu, kesimpulan utamanya adalah The Fed kemungkinan tidak akan selesai dengan kenaikan suku bunga sampai inflasi dijinakkan secara keseluruhan.

“Dengan korelasi yang erat antara ekuitas AS dan kripto dalam beberapa bulan terakhir, saya menduga ini telah disaring ke pasar kripto dan itulah sebabnya kami melihat aksi jual. Tren ini mungkin juga diperburuk oleh likuidasi posisi buy di pasar berjangka bitcoin,” ujar Peters.

Mengutip data Coinglass, Peters mengatakan pada Jumat telah menjadi likuidasi terbesar dari posisi beli berjangka sejak 18 Juni, juga tanggal bitcoin mencapai harga terendah tahun ini sekitar USD 17.500.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Senin Pagi 22 Agustus 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada perdagangan Senin, 22 Agustus 2022. Mayoritas kripto menguat tipis dalam satu hari terakhir, namun masih melanjutkan pelemahan dalam sepekan terakhir.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Senin (22/8/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat tipis 0,70 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih melemah 11,98 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 21.327 per koin atau setara Rp 317,2 juta (asumsi kurs Rp 14.875 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) turut menguat tipis pagi ini. Selama 24 jam terakhir, ETH naik 0,69 persen, tetapi masih melemah 17,55 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.589 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) berhasil menguat pagi ini. Dalam 24 jam terakhir BNB naik 4,99 persen, tetapi masih melemah 6,28 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 397.70 per koin. 

Kemudian Cardano mulai merangkak ke zona hijau. Dalam satu hari terakhir ADA naik 2,31 persen. Namun masih anjlok 18,61 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,4605 per koin.

 

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Adapun Solana (SOL) berhasil menguat tipis pagi ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL melesat 2,40 persen. Namun masih melemah 19,59 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 41,01 per koin.

Sedangkan XRP pada pagi ini berhasil menguat tipis. XRP naik tipis 0,63 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi melemah 0,42 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3612 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00.

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya kembali ke level USD1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam turun ke kisaran USD 1 triliun dari sebelumnya di level USD 1,1 triliun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.