Kripto Shiba Inu Sempat Meroket, Ternyata Ini Faktor Pendorongnya

Oleh Gagas Yoga Pratomo pada 18 Agu 2022, 14:51 WIB
Diperbarui 18 Agu 2022, 14:51 WIB
Shiba Inu
Perbesar
Shiba Inu (coinpedia.org)

Liputan6.com, Jakarta - Meme coin kripto utama seperti Dogecoin dan Shiba Inu tengah mengalami peningkatan beberapa hari terakhir. Shiba Inu (SHIB) misalnya berhasil naik 23 persen dalam tiga hari terakhir. Bahkan SHIB sempat meroket 34 persen dalam sehari. Meskipun begitu, saat ini SHIB kembali melemah mengikuti jejak kripto teratas lainnya. 

Menurut data dari Coinmarketcap, Kamis (18/8/2022) Shiba Inu merosot 8,40 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih meroket 19,36 persen sepekan. Saat ini SHIB diperdagangkan di kisaran USD 0,00001479 atau sekitar Rp 0,22. 

Banyak investor dan pelaku pasar yang bertanya-tanya mengapa Shiba Inu dapat meroket cukup tinggi pada beberapa hari lalu. 

Dilansir dari Inside Bitcoin, Kamis (18/8/2022) penguatan yang terjadi pada Shiba Inu salah satunya didukung dari harga kripto lainnya yang sempat menguat. 

Selama tiga hari terakhir, nilai Shiba Inu telah meningkat sebesar 25 persen. Dari grafik harga, bisa terlihat SHIB mencapai titik puncak di atas USD 0,000017 sesaat sebelum kembali memantul dan cenderung datar.

Beredar Cuplikan Permainan Shiba Eternity

Penyebab penguatan yang terjadi pada koin SHIB adalah beredarnya cuplikan dari game Play2Earn dari pengembang Shiba Inu yaitu Shiba Eternity. Shiba Eternity adalah permainan pertempuran kartu perdagangan, permainan blockchain umum di mana para pemain mengumpulkan kartu perdagangan dan bertarung satu sama lain.

Meskipun belum ada cuplikan gameplay yang tersedia, mengingat game ini masih dalam pengembangan. 

Gameplaynya sederhana, pemain mulai dengan tiga kartu, dan ketika permainan berakhir mereka tidak bisa mengambil kartu lagi. Sejauh ini hanya itu informasi yang dimiliki dari game tersebut saat ini, mengingat game ini belum lebih dari sebuah pengumuman.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Harga Kripto Kamis Pagi 18 Agustus 2022

Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)
Perbesar
Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada perdagangan Kamis, 18 Agustus 2022. Mayoritas kripto kembali melemah, setelah sempat alami reli kecil pada satu hari terakhir.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Kamis (18/8/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah 2,49 persen dalam 24 jam terakhir dan 2,62 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 23.339 per koin atau setara Rp 344,7 juta (asumsi kurs Rp 14.770 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga masih melemah pagi ini. Selama 24 jam terakhir, ETH ambles 2,06 persen dan 0,92 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.840 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) turut melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB turun 3,35 persen dan 6,91 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 306,12 per koin. 

 

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Harga Kripto Lainnya

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital.
Perbesar
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Kemudian Cardano harus kembali melemah setelah kemarin sempat perkasa. Dalam satu hari terakhir ADA merosot 4,56, tetapi masih menguat tipis 0,11 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,5371 per koin.

Adapun Solana (SOL) masih melemah pagi ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL jatuh 6,17 persen dan 4,20 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 40,55 per koin.

Sedangkan XRP pada pagi ini berhasil menguat tipis. XRP naik tipis 0,15 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi melemah 0,80 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3768 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama melemah 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya kembali ke level USD1,00. Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam masih bertahan di level USD 1,1 triliun.


Miliarder Ini Sebut Dogecoin Lebih Berpotensi Ketimbang Cardano

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay
Perbesar
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Sebelumnya, miliarder sekaligus pendukung kripto, Mark Cuban, belum lama ini membandingkan dua kripto populer yaitu Cardano (ADA) dan Dogecoin (DOGE). Mark Cuban percaya, sebagai platform kontrak pintar ada kesempatan untuk Cardano (ADA) lebih unggul. Namun, Dogecoin (DOGE) masih memiliki lebih banyak aplikasi potensial untuk saat ini.

Dalam wawancara baru-baru ini dengan Altcoin Daily, Mark Cuban menjelaskan mengapa dia tidak melihat kapitalisasi pasar sebagai indikator akurat dari nilai yang melekat pada proyek cryptocurrency.

"Jika Anda cukup mempertaruhkan, dan Anda memiliki inflasi yang cukup, dan Anda dapat mempertaruhkan cukup banyak sehingga orang tidak menjual terlalu banyak, Anda akan memiliki kapitalisasi pasar yang cukup besar,” katanya, berbicara tentang tempat Cardano di 10 besar. Cryptocurrency, dikutip dari Benzynga, Kamis (18/8/2022). 

Cardano saat ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar USD 17,8 miliar atau sekitar Rp 261,3 triliun sementara DOGE memiliki USD 9,2 miliar (Rp 135 triliun) menurut data Coinmarketcap.

Walaupun kapitalisasi pasar Dogecoin lebih kecil dibandingkan Cardano, Cuban berpikir DOGE memiliki lebih banyak aplikasi yang berpotensi tersedia daripada Cardano. 

Proyek cryptocurrency berbasis Blockchain masih merupakan bisnis, kata Cuban, tidak peduli bagaimana posisi mereka atau seberapa tinggi kapitalisasi pasar mereka. Setelah menilai jumlah transaksi di blockchain Cardano, Cuban mengatakan dia gagal melihat dampak besar dari cryptocurrency.

Namun, dia mengatakan akan ada peluang besar untuk itu jika aplikasi besar berikutnya yang ingin digunakan semua orang dibangun di Cardano.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya