Analis Sebut Bitcoin Masih Pertahankan Tren Naik

Oleh Gagas Yoga Pratomo pada 17 Agu 2022, 11:24 WIB
Diperbarui 17 Agu 2022, 11:24 WIB
Bitcoin - Image by mohamed Hassan from Pixabay
Perbesar
Bitcoin - Image by mohamed Hassan from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar kripto utama berada dalam posisi bertahan untuk hari kedua berturut-turut pada perdagangan Rabu, 17 Agustus 2022. Bitcoin dan Ethereum keduanya diperdagangkan sedikit lebih rendah dari hari sebelumnya. 

BTC baru-baru ini diperdagangkan di bawah USD 24.000 atau sekitar Rp 354,1 juta setelah sempat menembus USD 25.000 pada Minggu dan turun sekitar persentase poin selama 24 jam terakhir. 

Ether diperdagangkan di bawah USD 1.900 kurang dari dua hari setelah menembus USD 2.000 untuk pertama kalinya sejak akhir Mei. Kripto lainnya beragam, dengan koin meme populer DOGE dan SHIB melanjutkan lonjakan baru-baru ini dan masing-masing naik lebih dari 13 persen dan 3 persen.

Analis pasar senior untuk valuta asing Oanda, Edward Moya mengatakan rebound kripto telah berakhir.

“Bitcoin belum dapat menembus di atas level USD 25.000, tetapi tampaknya mempertahankan lintasan tren bullish di sini,” kata Moya dikutip dari CoinDesk, Rabu (17/8/2022). 

Selama tujuh hari terakhir, ETH telah mengungguli BTC di tengah meningkatnya antusias penggabungan, yang akan mengubah protokol Ethereum dari proof-of-work ke protokol proof-of-stake yang lebih cepat dan lebih hemat energi. Total kapitalisasi pasar ETH sekarang 50 persen dari BTC, mendekati level yang terakhir terlihat pada Januari.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Berita Industri Kripto

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital.
Perbesar
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Dampak dari runtuhnya stablecoin terraUSD (UST) dan penurunan harga yang meluas telah melambat bulan ini tetapi masih jauh dari selesai.

Dalam sebuah pengumuman di situsnya, platform pinjaman cryptocurrency Hodlnaut mengatakan telah mengajukan aplikasi ke Pengadilan Tinggi Singapura untuk ditempatkan di bawah manajemen peradilan, yang merupakan bentuk perlindungan dari kreditur. 

Permohonan itu diajukan pada 13 Agustus, lima hari setelah perusahaan membekukan penarikan, dan untuk sementara akan melindungi pemberi pinjaman dari segala tuntutan hukum.

Hodlnaut adalah yang terbaru dalam barisan panjang perusahaan kripto yang telah tersengat oleh penurunan pasar baru-baru ini, bursa Zipmex yang berbasis di Singapura juga menerima perlindungan kreditur, sementara perusahaan perdagangan Three Arrows Capital berutang miliaran dolar kepada kreditur setelah runtuh sejak Juni.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Harga Kripto Rabu Pagi 17 Agustus 2022

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay
Perbesar
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Sebelumnya, harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada perdagangan Rabu, 17 Agustus 2022. Mayoritas kripto masih betah bertengger di zona merah dalam beberapa hari terakhir.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Rabu (17/8/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah tipis 0,65 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih menguat 3,28 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 23.940 per koin atau setara Rp 353,1 juta (asumsi kurs Rp 14.749 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) masih melemah pagi ini. Selama 24 jam terakhir, ETH ambles 1,58 persen, tetapi masih menguat 10,07 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.877 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) turut melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB turun tipis 0,78 persen dan 2,45 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 316,68 per koin. 

 


Harga Kripto Lainnya

Aset Kripto
Perbesar
Perkembangan pasar aset kripto di Indonesia. foto: istimewa

Kemudian Cardano berhasil menguat di tengah kripto lain yang melemah. Dalam satu hari terakhir ADA naik 1,42 persen dan 9,23 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,5623 per koin.

Adapun Solana (SOL) juga melemah pagi ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL merosot 1,69 persen. Namun masih menguat 6,67 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 43,22 per koin.

Sedangkan XRP pada pagi ini berhasil menguat. XRP naik tipis 0,36 persen dalam 24 jam terakhir dan 2,03 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3761 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama melemah 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,02 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya kembali ke level USD1,00. Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam masih bertahan di level USD 1,1 triliun.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya