Sukses

Pasar Kripto Menguat Setelah Laporan Inflasi AS

Bitcoin (BTC) melonjak 2 persen dan Ethereum (ETH) 7 persen setelah laporan.

Liputan6.com, Jakarta - Inflasi AS pada Juli melambat memberikan sedikit angin segar pada pasar kripto. Bitcoin (BTC) melonjak 2 persen dan Ethereum (ETH) 7 persen dalam beberapa menit setelah laporan tersebut. 

Hal ini menandakan kelegaan dari pihak pedagang kripto karena Federal Reserve mungkin dapat melonggarkan pendekatan agresifnya untuk pengetatan kondisi moneter.

Sebagian besar cryptocurrency yang diperdagangkan menurun pada Rabu (10/8/2022) sebelum pengumuman untuk mengantisipasi laporan tersebut, dengan bitcoin turun sekitar 4 persen menjadi USD 23.100 atau sekitar Rp 341,1 juta setelah sempat naik di atas USD 24.000 pada Senin. 

Pendidik cryptocurrency di Prosper Trading Academy, Howard Greenberg mengatakan pasar akan terus menemukan kepercayaan the Fed yang tetap berada di jalurnya dalam kondisi moneter saat ini. 

"Dengan usulan kenaikan suku bunga pada pertemuan September, kami akan terus melihat reli bantuan meningkat di pasar kripto,” ujar Greenberg dikutip dari CoinDesk, Kamis (11/8/2022). 

Indeks harga konsumen (CPI) melonjak 8,5 persen pada Juli dalam basis tahun-ke-tahun, meskipun tidak berubah dari bulan sebelumnya. Hal ini sebagian berkat harga energi yang lebih rendah, sebuah laporan oleh Biro Statistik Tenaga Kerja menunjukkan. 

Trader saat ini bertaruh pada peluang 65 persen, The Fed akan menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin pada September 2022. Baru-baru ini, para pedagang telah melihat kenaikan 75 basis poin sebagai skenario yang lebih mungkin setelah laporan pekerjaan minggu lalu menunjukkan ekonomi masih dalam kondisi yang sangat baik untuk mempertahankan lebih banyak kenaikan suku bunga. 

Beberapa gubernur bank sentral telah mengisyaratkan mereka akan terus melakukan pengetatan sampai mereka melihat inflasi turun secara signifikan.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Kripto Kamis Pagi 11 Agustus 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada perdagangan Kamis, 11 Agustus 2022. Mayoritas kripto kembali menguat setelah sempat melemah 1 hari terakhir.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Kamis (11/8/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat 3,32 persen dalam 24 jam terakhir dan 3,07 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 23.970 per koin atau setara Rp 353,9 juta (asumsi kurs Rp 14.766 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga kembali menguat pagi ini. Selama 24 jam terakhir, ETH melesat 8,85 persen dan 13,66 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.860 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) turut naik. Dalam 24 jam terakhir BNB naik tipis 0,93 persen dan 9,07 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 328,48 per koin. 

Kemudian Cardano mengikuti jejak kripto lainnya yang menguat. Dalam satu hari terakhir ADA menguat 3,68 persen dan 5,76 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,5363 per koin.

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Adapun Solana (SOL) juga meroket pagi ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL terbang 3,72 persen dan 7,62 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 42,17 per koin.

XRP kembali pulih pada perdagangan pagi ini. XRP menguat 3,03 persen dalam 24 jam terakhir dan 2,00 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3807 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama melemah 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya kembali ke level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam kembali menguat ke level USD 1,1 triliun, dari sebelumnya berada di kisaran USD 1 triliun. 

4 dari 4 halaman

Mantan Pejabat AS: Kripto Lebih Mirip Saham Internet Ketimbang Mata Uang

Mantan Pejabat Pengawas Mata Uang AS selama Pemerintahan Trump, Brian Brooks mengungkapkan pandangannya tentang cryptocurrency. Ia menilai, kripto harus dilihat lebih seperti saham internet daripada mata uang. 

Kesalahpahaman terbesar seputar cryptocurrency adalah jika mereka tidak melakukan pekerjaan yang baik untuk menggantikan dolar AS,kripto gagal dalam misinya,” kata Brooks, dikutip dari CNBC, Senin (8/8/2022). 

Sekarang Brooks adalah CEO penambangan bitcoin dan perusahaan teknologi kripto Bitfury Group. 

“Sebagian besar kripto adalah tentang mengganti sistem perbankan terpusat dengan jaringan yang memungkinkan kontrol pengguna versus kontrol bank. Namun, aset kripto yang memiliki harga lebih seperti saham internet,” ujar Brooks. 

Brooks memaparkan, investasi kripto lebih seperti bertaruh di saham Google. Eethereum atau Ripple atau apa pun yang mencoba menggantikan dolar AS, itu sama saja mencoba mengganti sistem transmisi nilai.

Seperti diketahui, seluruh pasar kripto telah merosot pada 2022, yang menyebabkan kekhawatiran akan “musim dingin kripto” lainnya. 

Beberapa perusahaan kripto dan teknologi dengan cepat membalikkan rencana perekrutan, sementara banyak, termasuk pertukaran terkemuka Coinbase, telah memberhentikan pekerja di tengah penurunan harga dan perdagangan kripto.

Hal Ini juga membuat banyak orang di industri memperkirakan akan ada ribuan token digital berpotensi runtuh, kekhawatiran yang hanya tumbuh setelah keruntuhan baru-baru ini dari apa yang disebut terra USD algoritmik stablecoin dan token digital Luna. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.