Sukses

Studi: Pasar Real Estate di Metaverse Bakal Tumbuh hingga Rp 80 Triliun

Dalam laporan itu memperkirakan nilai real estate virtual akan tumbuh sebesar USD 5,36 miliar atau sekitar Rp 80,2 triliun pada 2026.

Liputan6.com, Jakarta - Semakin berkembanganya metaverse di dunia dan banyak pihak ingin bergabung dalam ekosistem ini, mendorong pertumbuhan pasar real estate di metaverse

Sebuah studi terbaru yang dihasilkan oleh Technavio, sebuah perusahaan riset pasar global, memprediksi pertumbuhan eksponensial dalam nilai pasar ini. 

Laporan tersebut, mempelajari faktor-faktor yang terkait dengan pasar baru ini, memperkirakan nilai real estate virtual akan tumbuh sebesar USD 5,36 miliar atau sekitar Rp 80,2 triliun pada 2026. 

Ekspansi ini akan didorong oleh dua faktor. Pertama, metaverse secara bertahap akan bergerak menuju pengalaman realitas yang lebih beragam, memberikan nilai lebih pada platform ini di mana pengunjung dapat menghuni, mengambil anotasi dan tag decoding untuk tujuan khusus aplikasi yang berbeda.

Alasan kedua berkaitan dengan popularitas cryptocurrency, yang akan membuat properti semacam ini lebih mudah didekati dan mudah dibeli untuk dijual atau disewa, memungkinkan pemiliknya memperoleh penghasilan pasif.

Tantangan Pasar dan Pemimpin Regional

Namun, tidak semuanya cerah untuk pasar real estat virtual. Ini masih merupakan sektor pemberontak yang masih harus menemukan tempatnya, karena sangat berbeda dari pasar real estate dunia nyata. 

Setiap tanah virtual akan memiliki harga sendiri tergantung pada beberapa faktor yang berbeda dari kasus ke kasus. 

“Harga tanah virtual tidak mengikuti pola harga dunia fisik. Oleh karena itu, nilai aset digital, termasuk real estate metaverse, pada dasarnya akan bergantung pada bagaimana pembeli memandang harga mereka, sehingga menyebabkan fluktuasi,” jelas isi laporan tersebut dikutip dari Bitcoin.com, Selasa, 9 Agustus 2022.

Fluktuasi ini dapat berdampak negatif terhadap investasi perusahaan dan pengguna yang tertarik untuk masuk ke instrumen yang baru lahir ini. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bank Syariah di Kuwait Jajaki Metaverse

Sebelumnya, Warba Bank, bank syariah yang berbasis di Kuwait, baru-baru ini menjadi perusahaan perbankan terbaru dari Timur Tengah dan Afrika Utara (MENA) yang memasuki metaverse.

Bank tersebut saat ini memiliki tanah di dua dunia metaverse, satu di Decentraland dan satu lagi di Sandbox. Kehadiran bank di metaverse diharapkan dapat meningkatkan komunikasi dengan generasi muda. 

Dalam sambutannya setelah konfirmasi Warba Bank telah memasuki metaverse, VP lembaga keuangan untuk Support Services and Treasury, Anwar Bader Al-Ghaith mengatakan, ketertarikan Warba Bank untuk memasuki virtual reality ini hadir dalam kerangka tren digital untuk bertransformasi menjadi (Web3). 

"Dunia virtual reality digunakan dalam beberapa bidang lanjutan, antara lain jasa, pendidikan, kesehatan dan lain-lain dan Warba Bank bertujuan untuk dekat dengan kliennya dalam realitas virtual untuk memperkenalkan produk dan layanannya," ujar Al-Ghaith dikutip dari Bitcoin.com, Jumat, 29 Juli 2022.

"Selain itu berkomunikasi dengan mereka secara inovatif yang mencerminkan citra Warba Bank sebagai pelopor dalam transformasi digital,” lanjut dia.

Al-Ghaith juga menjelaskan Warba Bank sangat ingin mendukung klien-kliennya yang lebih muda sehingga masuk ke metaverse. Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh bank, Warba sekarang bekerja untuk mencapai tujuan ambisiusnya serta untuk meningkatkan manfaat layanan digital.

Bank juga akan fokus menyerap teknologi yang muncul dan kecerdasan buatan, kata pernyataan itu.

 

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Pemerintah Dubai Akan Migrasi Kantor ke Metaverse

Sebelumnya, Pemerintah Dubai sedang mempersiapkan untuk membuat sebagian dari kantornya tersedia di metaverse. Negara tersebut saat ini sedang mencari pihak ketiga untuk membantunya mengatur transisi beberapa departemennya ke dunia metaverse. 

Chief metaverse officer Cybergear sebuah perusahaan metaverse yang berbasis di Dubai, Sharad Agarwal menjelaskan tentang proses ini di acara bertema metaverse lokal.

“Kami telah mulai mendapatkan banyak pertanyaan dari departemen dan kementerian pemerintah untuk menjadikannya berkemampuan Metaverse. Hanya masalah waktu sebelum Dubai menjadi pusat kripto dan Metaverse dunia,” jelas Agarwal dikutip dari Bitcoin.com, ditulis Senin, 25 Juli 2022.

Namun, menurut Agarwal, pembangunan kawasan-kawasan tersebut dan penetapan fungsinya akan memakan waktu. 

“Ada kerja keras yang terlibat, jadi Anda perlu memutuskan layanan apa yang ingin Anda tawarkan dan model bisnis dan kemudian komunitas onboard seperti yang ada di dunia fisik,” kata Agarwal. 

Dubai telah menjadi salah satu negara yang telah menerapkan rencana global untuk menjadikan metaverse sebagai industri yang menguntungkan pada masa depan. Strategi Metaverse Dubai, sekelompok arahan yang bertujuan untuk membuat metaverse berkontribusi 1 persen terhadap PDB negara untuk 2030.

4 dari 4 halaman

Rencana Masa Depan Dubai

Selain itu, proyek ini juga bertujuan untuk menyediakan 42.000 pekerjaan virtual pada tahun yang sama. Negara-negara lain seperti Korea Selatan juga berinvestasi besar-besaran untuk mengembangkan industri metaverse mereka sendiri, mengalokasikan USD 177 juta atau sekitar Rp 2,6 triliun untuk upaya ini.

Sementara beberapa orang gagal melihat daya tarik metaverse untuk Dubai. Menanggapi hal itu, Agarwal menjelaskan salah satu aplikasi yang dapat dimiliki teknologi metaverse di masa depan adalah  pasar real estat. 

“Dubai memiliki pasar real estat yang besar. Di masa depan, orang akan dapat terbang seperti superman ke komunitas, melihat villa dan melihat vila dan juga mengkonfigurasi dekorasi interior sesuai keinginan mereka. Setelah puas, mereka dapat membayar secara digital,” ujar Agarwal. 

Regulator aset virtual Dubai baru-baru ini juga mendirikan operasinya di metaverse, menjadi salah satu pelopor di ruang ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.