Sukses

Bitcoin Berhasil Tembus Rp 356,3 Juta, Investor Tunggu Inflasi AS

Bitcoin berhasil menembus USD 24.000 atau sekitar Rp 356,3 pada satu titik sebelum kembali melemah tipis.

Liputan6.com, Jakarta - Pada Selasa (9/8/2022), Bitcoin berhasil menembus USD 24.000 atau sekitar Rp 356,3 pada satu titik sebelum kembali menetap tepat di bawah ambang batas ini karena investor mulai menunggu untuk angka inflasi AS terbaru.

Cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar itu baru-baru ini diperdagangkan sekitar USD 23.800, naik lebih dari 2 persen selama 24 jam sebelumnya. Bitcoin telah reli selama empat hari terakhir di tengah tanda-tanda harapan inflasi akan segera terkendali tanpa memicu resesi yang curam.

Analis Pasar Senior Oanda Americas, Edward Moya mengatakan Bitcoin tetap mendekati level tertinggi baru-baru ini karena trader kripto masih mencari tahu apakah musim dingin kripto telah berakhir.

"Tekanan jual telah mereda secara signifikan dan pedagang momentum dapat menerkam menembus level USd 25.000," ujar Moya.

Ethereum mengikuti pola yang sama, mencapai tertinggi dua bulan di atas USD 1.800 pada hari sebelumnya sebelum mengambil pijakan sedikit di bawah level ini. 

Kepala investasi perusahaan jasa keuangan Arca, Jeff Dorman menyebut pekan ini adalah pekan inflasi karena pasar tertuju pada laporan CPI AS. 

"Pasar mencari inflasi utama yang diperkirakan melambat. Tanda-tanda inflasi puncak berlimpah, dengan harga komoditas turun drastis dari level tertingginya secara historis merupakan tanda kuat dari perlambatan inflasi yang akan datang," ujar Dorman.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berita Industri Kripto

Kantor Pengawasan Aset Asing (OFAC), sebuah badan pengawas yang bertugas mencegah pelanggaran sanksi, pada Senin menambahkan Tornado Cash ke daftar hitam.

Tornado Cash telah menjadi alat utama untuk Lazarus Group, kelompok peretasan Korea Utara yang terkait dengan peretasan Jaringan Ronin Axie Infinity senilai USD 625 juta pada Maret, menurut Departemen Keuangan AS.

Di sisi lain, pendukung game Web3 berbasis Polygon, Dragoma tampaknya telah menjadi korban Rug Pull senilai USD 3,5 juta, menurut perusahaan analitik blockchain PeckShield. 

Dragoma, yang diluncurkan beberapa hari yang lalu, telah mengatakan mereka berencana untuk menjadi game petualangan Web3 yang menggabungkan token non-fungible (NFT) dan elemen media sosial di samping token aslinya, DMA.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Selasa Pagi 9 Agustus 2022

Sebelumnya, harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada perdagangan Selasa, 9 Agustus 2022. Mayoritas kripto berhasil mengalami reli yang cukup signifikan.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Selasa (9/8/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat 2,41 persen dan 3,49 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 23.829 per koin atau setara Rp 353,4 juta (asumsi kurs Rp 14.831 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga kembali menguat pagi ini. Selama 24 jam terakhir, ETH naik 3,26 persen dan 9,30 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.771 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) masih melanjutkan penguatan. Dalam 24 jam terakhir BNB menguat tipis 0,30 persen dan 15,23 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 323,95 per koin. 

Kemudian Cardano masih menguat sejak kemarin. Dalam satu hari terakhir ADA naik tipis 0,10 persen dan 5,16 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,5345 per koin.

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Adapun Solana (SOL) juga meroket pagi ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL terbang 2,95 persen dan 3 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 42,29 per koin.

XRP turut menguat pada perdagangan pagi ini. XRP naik 1,38 persen dalam 24 jam terakhir dan 0,93 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3803 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama melemah 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) melemah 0,03 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya turun sedikit ke level USD 0,9998.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam terakhir masih bertahan di level USD 1,1 triliun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.