Sukses

Jangan Keliru, Ini Perbedaan Bitcoin dan Stablecoin

Berikut perbedaan antara Bitcoin dan Stablecoin.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini ada banyak token atau koin kripto yang beredar dan dapat diperdagangkan. Data dari Coinmarketcap menunjukkan ada sekitar 20 ribu kripto yang tercatat. 

Dari sekian banyak kripto di dunia ini, Bitcoin dan Stablecoin menjadi yang sering disebut dan dibahas. Bahkan saat ini banyak regulator dunia yang fokus dalam mengatur stablecoin dampak runtuhnya salah satu stablecoin terbesar yaitu Terra USD (UST). 

Lantas apa perbedaan antara kedua aset kripto tersebut? Namun, sebelum memahami perbedaan keduanya, perlu diketahui dulu sebelumnya tentan apa itu Bitcoin dan stablecoin. 

Apa Itu Bitcoin?

Dilansir dari Bitdeal, Senin (8/8/2022), Bitcoin adalah mata uang digital pertama yang dikembangkan oleh Satoshi Nakamoto pada 2008. Bitcoin dan ethereum adalah mata uang kripto yang paling populer digunakan. Pertukaran jenis mata uang virtual ini dienkripsi dan didesentralisasi. 

Dari sekitar 20 ribu kripto yang beredar, Bitcoin menempati peringkat satu berdasarkan kapitalisasi pasarnya. Semenjak Bitcoin muncul, banyak sekali kripto lain yang dikembangkan untuk menyaingi atau memperbarui fitur yang sebelumnya belum ada dalam Bitcoin. 

Apa Itu Stablecoin?

Stablecoin juga merupakan mata uang digital yang dikembangkan untuk meminimalkan volatilitas harga. Ini adalah cryptocurrency yang dipatok dengan nilai aset lain, baik itu sesama cryptocurrency, mata uang fiat, atau komoditas perdagangan atau komoditas lainnya.

Beberapa bulan lalu Stablecoin menjadi topik pembicaraan utama dalam industri kripto. Hal ini terjadi setelah salah satu Stablecoin terbesar yaitu Terra USD (UST) jatuh dari nilai pasaknya. 

UST merupakan salah satu Stablecoin yang dipatok nilainya dengan aset lainnya yaitu kripto Luna Coin dan koin kripto lainnya. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perbedaan

Perbedaan Bitcoin dan Stablecoin

Setelah mengetahui pengertian dari kedua kripto tersebut, bisa terlihat jelas perbedaan antara keduanya yaitu Perbedaan pertama yaitu Bitcoin adalah aset kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasarnya.

Sedangkan Stablecoin bukan aset kripto terbesar, tetapi nilainya dipatok dengan aset lainnya seperti mata uang fiat, emas, dan komoditas lainnya. 

Kemudian perbedaan kedua, Stablecoin adalah cryptocurrency yang memiliki harga non-volatilitas dan Bitcoin adalah cryptocurrency yang harganya fluktuatif. Konsep stablecoin diperkenalkan hanya untuk meminimalkan volatilitas harga Bitcoin. 

Ketiga, Bitcoin adalah salah satu cryptocurrency paling populer yang harganya naik dan turun secara bersamaan yang membuat para pedagang menunggu waktu yang tepat untuk menukarkan Bitcoin mereka.

Sedangkan Stablecoin yang nilainya hanya sama dengan mata uang fiat apa pun dan tidak berubah, membantu pertukarannya kapan saja oleh stablecoin.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Senin Pagi 8 Agustus 2022

Sebelumnya, mengawali pekan kedua Agustus, harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada perdagangan Senin, 8 Agustus 2022. Beberapa kripto berhasil menguat tipis dan sisanya harus kembali melemah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Senin pagi,8 Agustus 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat tipis 0,43 persen, tetapi masih melemah 0,94 persen selama sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 23.290 per koin atau setara Rp 348 juta (asumsi kurs Rp 14.946 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) turut menguat tipis pada pagi ini. Selama 24 jam terakhir, ETH naik 0,02 persen dan 1,04 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.717 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) masih melanjutkan penguatan. Dalam 24 jam terakhir BNB melesat 1,57 persen dan 13,63 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 323,66 per koin. 

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Kemudian Cardano kembali menguat. Dalam satu hari terakhir ADA melesat 3,24 persen dan 1,57 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,5339 per koin.

Adapun Solana (SOL) berhasil kembali pulih dari koreksi. Sepanjang satu hari terakhir SOL menguat 1,17 persen, tetapi masih melemah 4,09 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 41,13 per koin.

XRP turut menguat pada perdagangan pagi ini. XRP naik 0,32 persen dalam 24 jam terakhir. Namun masih melemah 2,96 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3753 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) melemah 0,1 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya turun sedikit ke level USD 0,9998.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam terakhir berhasil menguat dan menyentuh USD 1,1 triliun dari sebelumnya hanya di kisaran USD 1 triliun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.